Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Siap-siap! Smartphone OPPO Bakal Mencicipi Android Q Beta

Ada sejumlah fitur baru yang menarik di Android Q Beta 3 seperti Dark Theme, naivgasi gesture, dan project mainline.

Di perhelatan konferensi tahunan Google I / O 2019, Google mengumumkan bahwa versi platfrom Android yang akan datang, Android Q, tersedia sebagai versi Beta mulai awal tahun ini. Salah satu produsen smartphone yang bergabung dalam program Android Q Beta ini adalah OPPO.

Sebagai pengadopsi awal sistem operasi anyar ini, OPPO menampilkan smartphone terbarunya ‘Reno’ dalam demo Android Q Beta di I/O. Pada saat konferensi yang diadakan 7-9 Mei di Shoreline Amphitheatre di Mountain View, California, Google juga mengumumkan bahwa Android Q Beta akan tersedia di smartphone OPPO Reno mulai 8 Mei.

Andy Wu, Wakil Presiden OPPO sekaligus Presiden OPPO Software Engineering, mengatakan bahwa OPPO sangat menekankan pada penyempurnaan pengalaman pengguna melalui integrasi perangkat keras dan perangkat lunak. “Kami senang Google menjadi oartner utama dari ekosistem mitra kami, dengan keharian Google kami bisa memberikan pengalaman luar biasa melalui perangkat lunak terkini dan teknologi OPPO yang inovatif,” ujar Andy.

Masuknya OPPO Reno di jajaran Android Q Beta untuk pengujian, menunjukkan kemampuan OPPO dalam sisi  penelitian dan pengembangan perangkat lunak. Produsen ponsel pintar asal Tiongkok ini akan terus memperbarui sistem ColorOS berbasis Android dengan versi Android terbaru untuk memberikan pengalaman terbaik bagi pengguna.
Baca juga: Dapur Pacu Snapdragon 855 Bikin Performa OPPO Reno 10x Zoom Ngebut!

Hal Baru di Android Q Beta

Hingga saat ini Google masih belum memberikan nama resmi untuk Android Q. Total, ada 21 smartphone yang tergabung dalah program pengembangan Android Q Beta ini. Setidaknya, ada sejumlah fitur baru yang diusung di Android Q Beta 3 untuk smartphone.

Fitur yang paling menarik perhatian adalah Dark theme karena dapat mengubah tampilan antarmuka Android menjadi gelap. Fitur ini dapat diakses melalui satu ketukan dari quick settings di bagian atas dengan tap ikon Dark Theme.

Fitur berikutnya adalah navigasi gesture yang mendapat pembaruan untuk tombol back dan multitasking. Saat diusap ke atas dan di-drag ke kiri atau ke kanan, pengguna bisa berpindah ke satu aplikasi ke lainnya dengan cepat. Sementara untuk tombol back kini terletak di tengah layar bagian kiri dan kanan dengan mengusapnya saat ingin mengaksesnya.

Related Posts
1 daripada 268

Selanjutnya, fitur Project Mainline yang memungkinkan pembaruan digulirkan melalui update Play Store, salah satunya untuk security patch. Pengguna nantinya tak perlu menunggu pembaruan melalui systems update dari produsen perangkatnya.

Android Q Beta juga memungkinkan penggunanya untuk lebih leluasa melindungi privasinya, misalnya membatasi aplikasi tertentu yang dapat berbagi lokasinya. Nantinya akan muncul notifikasi bila ada aplikasi yang mengakses lokasi pengguna di latar belakang.

Selain itu, terdapat Live caption yang memungkinkan video di perangkat Android Q mendukung subtitle. Google menjelaskan bahwa fitur ini dihadirkan untuk pengguna yang memiliki masalah pendengaran serta bagi mereka yang ingin mengecilkan volume audio saat di tempat ramai.

OPPO Reno Pamer 5G

Bukan hanya memasukkan Reno ke dalam program Android Q Beta, OPPO juga memamerkan produknya yang menggunkan teknologi 5G di area Android Sandbox di Google I/O. Di sini, peserta dapat mencoba demo ponsel Reno 5G dan melihat fitur video visi OPPO untuk era 5G.

“Berdasarkan keunggulan konektivitas 5G, OPPO telah mendorong menuju penyimpanan cloud, cloud gaming, pemprosesan gambar & video cloud dan layanan lainnya. Kami akan memberikan layanan yang lebih cerdas dan lebih aman bagi pengguna kami, ”kata Henry Tang, Direktur Pusat Penelitian Standar, OPPO Research Institute.

Secara resmi OPPO Reno 5G memasuki pasar melalui Swiss pada 1 Mei yang lalu. OPPO Reno 5G adalah smartphone 5G komersial pertama yang mulai dijual di Eropa. Reno 5G saat ini sudah tersedia di gerai Swisscom dan di situs web resmi Swisscom. OPPO akan meluncurkan perangkat  Reno 5G ke beberapa pasar di seluruh dunia selama beberapa bulan mendatang.

 

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More