Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Dukung Industri 4.0, Pabrik Printer 3D Segera Dibangun di Indonesia

Industri 4.0 merupakan arus industri baru yang sedang digenjot pemerintah, industri ini ditopang lima teknologi utama. Kelima teknologi tersebut adalah Internet of Things (IoT), Artificial Intelligence (AI), Human-Machine Interface, robotik dan sensor, serta printer 3D.

Demi mendukung program pemerintah tersebut, Inspira Academy akan mendirikan pabrik printer 3D pertama di Indonesia. Inspira Academy memang merupakan lembaga pendidikan yang fokus di bidang IoT, robotik, desain dan cetak 3D.

“Teknologi printer 3D bisa mempermudah dan mempercepat proses produksi di segala bidang,” ucap Sugianto Kolim, pendiri Inspira Academy.

Keunggulan printer 3D adalah dapat memproduksi karya desain 3 dimensi seperti patung, figurin bahkan kue mangkok. Sayangnya harga printer 3D ini masih tergolong mahal, baik untuk skala bisnis atau pun perorangan.
Baca juga: IoT Akan Menjadi Salah Satu Backbone Revolusi Industri 4.0 di Indonesia

Printer 3D di era industri 4.0

Ilustrasi industri 4.0 (Foto: Pixabay)
Related Posts
1 daripada 20

Nah, demi mempercepat terwujudnya industri 4.0 di Indonesia, Inspira Academy berencana membangun pabrik 3D di salah satu kawasan industri Jakarta. Pembangunan tersebut rencananya akan dimulai pada pertengahan tahun 2019. Investasi pbarik tersebut menelan biaya sekitar Rp100 miliar.

Harapannya pabrik tersebut dapat membuat harga printer 3D lebih terjangkau. Indonesia pun bisa menjadi kiblat pertumbuhan industri 4.0 di Asia Tenggara.

Kendati demikian dalam mendukung mewujudkan Industri 4.0 di Indonesia tak bisa hanya mengandalkan peralatan saja. Komponen penting lain dalam mewujudkan hal tersebut adalah pengelolaan Sumber Daya Manusia.

Maka dari itulah Inspira Academy juga menggagas program #100inovatorIndonesia yang bertujuan mencari 100 inovator Indonesia. Para inovator tersebut akan diberi edukasi desain dan cetak 3D gratis. Dengan berbekal pengetahuan cetak 3D tersebut, inovator dapat menerapkannya ke dunia robotik dan STEAM di masa mendatang.

Inovator juga mendapat kesempatan untuk mendapatkan printer 3D dengan harga spesial yang sangat murah atau malah gratis. Syaratnya adalah Inovator ingin mengembangkan hasil cetak 3D untuk penelitian, pendidikan dan aplikasi untuk membantu kehidupan seharai-hari. Tentu saja Inspira Academy akan menyeleksi inovator tersebut agar tepat sasaran.

Jika Anda berminat menjadi inovator, bisa juga lho ikut mendaftar melalui tautan ini. Siapa tahu Anda terpilih menjadi inovator yang bisa mendapatkan printer 3D demi kepentingan banyak orang.