Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Kemenkes Gandeng XL Biar Program GERMAS Go Digital

Program GERMAS atau Gerakan Masyarakat Sehat bukan kampanye yang asing lagi. Kementerian Kesehatan atau Kemenkes sudah lama mendengungkan program ini dimana mengajak masyarakat menjalani hidup sehat mulai dari hal sederhana. Untuk lebih mendengungkan program ini di kalangan milenial, Kemenkes menggandeng PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) untuk mengemasnya agar mudah diakses generasi digital.

Secara demografi, masyarakat Indonesia mengalami pergeseran di mana masyarakat usia produktif kini semakin banyak diisi oleh mereka yang tergolong sebagai generasi digital. Disebut generasi ini sebab mereka lebih banyak mengakses informasi dengan menggunakan sarana digital, seperti media sosial, media online, dan portal-portal informasi melalui internet lainnya. Hal ini tidak hanya terjadi di perkotaan, namun juga di pelosok daerah seiring dengan semakin meluas dan meningkatnya ketersediaan serta kualitas jaringan layanan data.

Peresmian kerjasama Kemenkes dan XL Axiata
Peresmian kerjasama Kemenkes dan XL Axiata

Menyadari hal ini, Kemenkes dan XL belum lama ini menandantangani kerjasama dalam mendigitalisasi informasi kesehatan, termasuk di dalamnya mendukung program GERMAS atau tepatnya kampanye “Peningkatan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat”.  Penandatanganan kerjasama ini berlangsung di Jakartapada 27 November 2018 oleh Sekjen Kemenkes, drg. Oscar Primadi, MPH dan Group Head Corporate Communication XL Axiata, Tri Wahyuningsih.

Related Posts
1 daripada 15

Group Head Corporate Communication XL Axiata, Tri Wahyuningsih mengatakan pihaknya melihat Kemenkes memiliki banyak program yang perlu segera disampaikan kepada masyarakat luas.

“Untuk itu digitalisasi sistem informasi menjadi satu jawaban, mengingat perilaku masyarakat dalam mengakses informasi juga semakin terdigitalisasi,” kata Tri.

XL Axiata akan melaksanakan sejumlah program dukungan, yaitu penyebaran informasi kesehatan terkait program GERMAS melalui digital channels yang ia miliki. Selain itu, XL akan memberikan informasi kesehatan terkait dengan program GERMAS secara langsung atau offline di bawah program tanggung jawab sosial perusahaan tersebut, yang mencakup digitalisasi informasi ke dalam platform aplikasi digital.

XL akan memasukkan sosialisasi program GERMAS ke dalam modul pembelajaran Sisternet. Melalui Sisternet ini XL secara berkesinambungan membina kalangan perempuan dari berbagai komunitas, baik di perkotaan maupun pedesaan, hingga pelosok daerah, dalam memanfaatkan sarana digital demi meningkatkan produktivitas dan kualitas hidup. Sisternet memiliki dua modul pembelajaran, yaitu secara digital melalui channel www.sisternet.co.id dan secara tatap muka melalui Kelas Kesehatan. XL Axiata akan memanfaatkan kedua saluran tersebut guna menyebarkan informasi terkait program GERMAS.

Baca juga: XL Axiata Pastikan Warga Sulawesi Tengah Bisa Berkomunikasi Usai Dihantam Tsunami