Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

TCL Kembangkan Teknologi QD-OLED Hybrid Baru

Pengembangan teknologi display hybrid yang baru sedang dilakukan oleh TCL. Teknologi tersebut menggunakan emitter OLED biru yang digandengkan dengan emitter QD merah dan hijau. Ketiga bahan emitter akan digabungkan dan dicetak menggunakan teknologi pencetakan ink-jet. TCL menyebut teknologi QD-OLED Hybrid ini sebagai H-QLED. Kemungkinan TCL akan memilih teknologi ini untuk diterapkan pada layar TV high-end masa depan mereka.

Tampaknya TCL yakin bahwa emitter QD merah dan hijau level komersial tersebut dapat dicapai di masa depan. Tetapi pemancaran QD biru tentunya akan lebih susah dikembangkan, dan akan mengandalkan emitter OLED. Ketika mengemukakan pengembangan teknologi yang sedang dilakukan oleh mereka, TCL tidak memaparkan lebih rinci lagi.

Pengembangan Teknologi QD-QLED Hybrid TCL
Pengembangan Teknologi QD-QLED Hybrid TCL

Kendati demikian usaha penelitian dan pengembangan ini telah dilakukan pada platform Juhua Printing perusahaan. Juhua Printing adalah platform inovasi terbuka yang dipandu oleh pemerintah Tiongkok berkolaborasi dengan industri dan universitas. Platform tersebut bertujuan untuk memicu pengembangan industri display di Tiongkok dan khususnya di provinsi Guangdong.

Penerapan Teknologi QD-OLED Hybrid untuk TV Flagship

Related Posts
1 daripada 283

Sejak lama TCL menaruh keyakinan pada teknologi pencetakan ink-jet untuk produksi TV OLED. Perusahaan juga telah mengungkap beberapa purwarupa display QD-LED dan displey OLED yang dicetak ink-jet. Pada ajang CES 2019, perusahaan mendemonstrasikan display H-QLED 31 inci 4K (3840×2160) yang berbasis pada backplane Oxide-TFT.

TCL telah membangun reputasi dalam pembuatan begitu banyak TV dengan harga yang terjangkau selama bertahun-tahun. Pada tahun 2017, perusahaan ini telah menjadi brand terbesar ketiga di Amerika Utara. Teknologi ini kemungkinan menandakan perusahaan akan menjejakkan kaki lebih kokoh pada pasar televisi flagship di seluruh dunia dalam waktu dekat.

Pengembangan Teknologi QD-QLED Hybrid TCL
Pengembangan Teknologi QD-QLED Hybrid TCL

 

Di acara CES pada awal tahun 2019, tampak model 8K 75 inci dari jajaran TV TC, yaitu X10 ke atas. Model tersebut merupakan TV Quantum Dot pertama yang telah diluncurkan TCL secara global sejak bekerja sama dengan teknologi di Tiongkok sejak tahun 2014. Berarti TV tersebut akan hadir pada paasa-pasar tertentu. Kabarnya model tersebut akan tiba pada pasar-pasar tertentu di paruh kedua tahun ini.

Jika kamu sedang mencari seperangkat hiburan di ruang tamu, mungkin bisa mencoba serangkaian produk TCL. Kendati demikian, telusuri dahulu barang dan harganya, apakah cukup pantas untuk merogoh kocek cukup dalam demi hiburan di ruang keluarga.