Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Qlue Sabet Penghargaan Best Mobile Government Service Tingkat Internasional

Award dianugerahkan oleh The 7th World Government Summit di Dubai

Menginjak usia ke-3 tahun, Qlue meraih penghargaan di ajang The 7th World Government Summit di Dubai, Uni Emirat Arab. Pada acara yang diselenggarakan 10-12 Februari 2019 tersebut, Qlue mendapat gelar Best Mobile Government Service untuk kategori Public Empowerment.

“Prestasi ini adalah kebanggaan dan juga tantangan bagi kami untuk terus berinovasi dengan mengembangkan teknologi Smart City. Dengan demikian aplikasi ini bisa membantu masyarakat sesuai dengan misi Qlue,”ucap Rama Raditya, pendiri dan CEO Qlue.

Sementara itu Kepala Unit Pengelola Jakarta Smart City, Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Setiaji Irono pun turut merasa bangga atas prestasi Qlue. “Ke depan, kami ingin aplikasi Qlue Smart City dapat terintegrasi dengan aplikasi dari pemerintah pusat. Dengan demikian pengaduan karena masala pemerintah pusat dapat tertangani,” ujar Setiaji di Dubai.

Penghargaan Best Mobile Government Service

Kriteria pemenang pada best mobile government service adalah pengembang aplikasi inovasi kreatif berbasis telepon seluler yang membantu pemerintah mewujudkan perubahan positif di negaranya atau dunia. Kemenangan Qlue menggugurkan lima nominator lain, dua diantaranya aplikasi NYC 311 dari Amerika Serikat dan Pakistan Citizen Portal dari Pakistan.

Sebagai aplikasi pengaduan warga Jakarta, Qlue dinilai mampu mendorong partisipasi aktif masyarakat demi perbaikan lingkungan sekitar dengan melapor ke pemerintah. Pengaduan layanan public dapat disampaikan dengan menyertakan gambar dan lokasi berbasis geotag. Dengan demikian Qlue berperan pada akuntabilitas pemerintah dalam menangani masalah yang dilaporkan.

Baca juga: Peroleh Kucuran Dana dari Djarum dan Telkom, Qlue Kembangkan Smart City Berbasis AI & IoT

Best Mobile Government Service, Qlue
Rama Raditya, CEO & Founder, QLUE bersama dengan Andre Hutagalung, CTO & Co-Founder, QLUE memamerkan Piala Best Mobile Government Service

Ajang The World Government Summit

The World Government Summit merupakan acara tahunan tingkat internasional yang bertujuan mendorong pemerintah memanfaatkan perkembangan inovasi teknologi bagi masyarakat. Ajang ini mempertemukan lebih dari 130 negara dan terdiri dari pemimpin di sektor pemerintahan dan swasta. Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani pun dianugerahi gelar Best Minister in the World Award pada tahun 2018 di ajang tersebut.

Berbagai penghargaan atau apresiasi juga diberikan melalui GovTech Prize oleh The World Government Summit. Wadah tersebut juga memotivasi lembaga pemerintah, mempromosikan inisiatif dan kemitraan mereka demi memberikan solusi inovatif pada tantangan global. Tokoh-tokoh inspirasi dunia pun telah menghadiri The World Government Summit sebagai narasumber. Mereka antara lain adalah Elon Musk, Barack Obama, Narendra Modi, H.E. Antonio Gutteres, H. E. Christine Lagarde, dan Prof. Klaus Schwab.

Tema yang diangkat The World Government Summit pada penyelenggaraan ke-y ini adalah “Shaping Future Government”. Empat agenda utamanya mencakup future and progress, governance and nation building, net positive and trade, dan environment wellbeing and society.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.