Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Ramadan 2018, ShopBack Panen Transaksi Belanja Hingga 3 Kali Lipat

Tren gila-gilaan dalam berbelanja mendatangkan berkah bagi banyak peritel offline dan online. Tercatat ada kenaikan transaksi belanja Ramadan ShopBack hingga tiga kali lipat sepanjang bulan puasa yang baru saja berakhir.

Bulan puasa selalu menjadi momen spesial bagi e-commerce mendulang banyak rezeki setiap tahunnya berkat konsumsi yang sangat besar di bulan suci tersebut, tak terkecuali bagi ShopBack, salah satu platform gaya hidup yang mendukung masyarakat belanja hemat dan cermat. Belanja Ramadan ShopBack mencapai hampir tiga kali lipat dengan rata-rata belanja hingga Rp1,2 juta.

Sementara itu, berdasarkan data historis ShopBack, jumlah pemesanan dan transaksi meningkat tajam di minggu kedua Ramadan berkat banyaknya warga yang sudah menerima gaji plus Tunjangan Hari Raya atau THR.

Indra Yonathan, Country Head of ShopBack Indonesia, mengatakan Ramadan merupakan momen panen raya, tidak hanya bagi para pelaku e-commerce tetapi juga bagi pengusaha ritel offline di Indonesia. “

“Walaupun kondisi rupiah yang menguat terhadap dolar, tidak berpengaruh terhadap daya beli masyarakat selama Ramadan. Sepanjang Ramadan tahun ini, daya beli konsumen ShopBack meningkat hingga 74% dibandingkan dengan tahun lalu,” ungkap Yonathan.

Yonathan pun berharap kondisi ini tidak hanya terjadi sepanjang Ramadan dan Lebaran saya, namun juga berkelanjutan hingga penghujung 2018.

Related Posts
1 daripada 24
Cashback jadi faktor nomor 1 yang mempengaruhi pola belanja konsumen

Adapun peningkatan jumlah transaksi dan pemesanan di situs e-commerce tidak lepas dari beragam program promo dan diskon besar-besaran dari masing-masing pelaku e-commerce dan marketplace. Sebut saja Shopee dengan Big Ramadhan Sale atau Lazada dengan program PuaSale.

Baca juga: Inilah 5 Fakta Menarik Tren Belanja Online Selama Ramadan di Indonesia

Menurut Yonathan, promo dan diskon memang selalu menjadi faktor yang mempengaruhi pola belanja masyarakat. “Berdasarkan mini-survey yang Shopback lakukan baru-baru ini terhadap lebih dari 500 responden yang senang berbelanja online di Jabodetabek, program diskon/voucher  serta cashback menjadi dua faktor utama yang mempengaruhi keputusan mereka berbelanja sepanjang bulan Ramadan.”

Masih menurut survei yang sama, ada tiga kategori produk yang menurut responden paling banyak menguras pemasukan mereka selama bulan Ramadan, yakni fesyen dan aksesori, pulsa dan bahan makanan.

Peningkatan nilai transaksi belanja Ramadan ShopBack senada dengan hasil survei di atas, dimana ada kenaikan 78,6% untuk kategori fesyen dan aksesoris, 64,7% untuk pulsa serta 18,8% untuk bahan makanan.