Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Receiver Home Cinema Pioneer Dibekali Sertifikasi IMAX Enhanced

Bulan Mei nanti, Pioneer akan segera menjual seperangkat receiver home cinema baru, yaitu tipe VSX-LX504 dan VSX-LX304 di Inggris. Receiver AV VSX-LX504 mengandalkan daya 215 watt per channel dan akan dibandrol £1200 atau setara Rp22,3 juta. Sementara pada tipe VDX-LX304 menggunaan daya 185 watt per channel, dan harganya adalah £900 atau sekitar Rp16,8 juta. Keduanya adalah receiver Audioi Video (AV) yang menggunakan pengukuran 6 ohm, 1 kHz, THD 10% dan 1 channel di-drive.

Spesifikasi Receiver Home Cinema Pioneer

Receiver AV VSX-LX504 dan VSX-LX304  adalah amplifier 9.2 channel yang sudah mendapatkan dukungan Dolby Atmos (7.2.2 atau 5.2.4) dan DTS:X. Ini adalah model Pioneer pertama yang sudah disertifikasi IMAX Enhanced. Sertifikasi tersebut merupakan lisensi baru dan program sertifikasi home entertainment yang dibuat atas kemitraan antara IMAX dan DTS. Mereka mengklaim bahwa versi IMAX Enhanced dari acara TV dan film HDR 4K memiliki tampilan terbaik ketika ditonton melalui perangkat yang kompatibel.

Receiver Home Cinema Pioneer
Receiver Home Cinema Pioneer

Kendati sudah mendapatkan sertifikasi IMAX Enhanced, namun kedua receiver tidak semata-mata langsung mendukung IMAX Enhanced saat dibeli. Pengguna harus menunggu update firmware untuk membuka fitur khusus tersebut. Kedua receiver tersebut tersedia dalam pilihan warna hitam atau silver.

Receiver AV VSX-LX504
Receiver AV VSX-LX504

Port yang tersedia mencakup tujuh input HDMI dan dua output HDMI dengan dukungan penuh 4K da HDR. Jika dibutuhkan, bisa juga ditingkatkan resolusinya menjadi Ultra HD. Beragam koneksi nirkabel pun tersedia pada menu, termasuk Chromecast built-in, wi-fi, Apple AirPlay 2, Bluetooth dan DTS Play-Fi. Tersedia juga berbagai layanan streaming musik, di antaranya adalah Amazon Music, Spotify, Tidal dan Deezer. Fitur lainnya adalah pemutar audio resolusi tinggi 24-bit/192 kHz dan quad DSD. Pemutar audio tersebut bisa memainkan file-file dengan format FLAC, WAV, AIFF, dan ALAC.

Pioneer HTP-076

Selain kedua receiver AV tersebut, Pioneer juga memperkenalkan Pioneer HTP-076. Perangkat ini menggabungkan paket speaker 5.1 dengan receiver surround sound yang mengandalkan daya 150 watt per channel. Pengukuran pada perangkat ini adalah ohms, 1kHz, THD 10%, dan 1 channel yang di-drive. Harga yang dibandrol pada perangkat ini adalah £500 atau sekitar Rp9,3 juta.

Pioneer HTP-076 juga didukung Dolby Atmos dan DTS:X. Port yang tersedia mencakup empat input HDMI, satu output HDMI dan HDR pass-through. Perangkat ini juga tersedia dalam pilihan warna hitam dan silver, serta mulai dipasarkan di bulan Mei.