Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Router Terbaru Linksys ini Bikin Koneksi WiFi Lebih Lancar dan Reliable

Pernah mengeluh koneksi internet lemot? Padahal akses melalui WiFi. Selain koneksi dari ISP (internet service provider), bisa jadi masalahnya adalah pada router yang masih tradisional. Inilah yang menjadi target Linksys. Anak perusahaan Belkin tersebut meluncurkan router Linksys MR8300 untuk meningkatkan kualitas internet.

Veroniaty Chang, Sales Manager Indonesia, mengatakan router Linksys MR8300 dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan para pengguna internet yang masih menyukai router dalam bentuk tradisional. “Perangkat ini dilengkapi lebih banyak ports untuk koneksi kabel, serta memungkinkan untuk menikmati Mesh Teknologi untuk koneksi yang lancar dan reliable,” ujar Veroniaty saat jumpa pers di Jakarta (11/9/2019).

Ia menambahkan, jajaran produk Linksys menyasar kelas high end, sehingga harganya dikenal mahal dibanding kompetitor. Tetapi hal tersebut memang sesuai dengan produk yang memiliki kualitas terbaik di kelasnya. Dan positioning ini justru menguntungkan dari segi. “Di Indonesia, untuk kelas high end, kami memimpin pasar dengan market share sekitar 10-20%,” ungkap Veroniaty.

Baca juga: Asyik! Sambil Belanja Bisa Akses WiFi Gratis di Alfamart

router Linksys MR8300

Fitur dan spesifikasi router Linksys MR8300

Router terbaru dari Linksys ini menggunakan teknologi Tri-Band berperforma tinggi dengan Mesh WiFi yang secara teknis memberikan kecepatan superior di seluruh rumah. Ini penting untuk streaming film, bermain game online, dan menggunakan perangkat rumah pintar.

Router Linksys MR8300 memiliki tiga radio WiFi 802.11ac (satu 2,4GHz dan dua 5GHz) untuk menyeimbangkan beban kerja WiFi. Perangkat ini memiliki jaringan 5GHz berkemampuan seamless roaming yang memungkinkan perangkat terhubung sehingga tidak mengalami kehilangan koneksi saat berpindah ke node lain.

Tri-Band WiFi dan teknologi MU-MIMO pada perangkat ini dibuat untuk menghubungkan setiap perangkat WiFi yaitu laptop, tablet, telepon, Smart TV, game consoles, music stream yang terpasang di rumah secara otomatis dan bersamaan dengan kecepatan Wifi hingga 2.2Gbps.

Perangkat ini diklaim memiliki kinerja 71% lebih baik kemampuan dari pada router kompetitor dalam lingkungan padat. Koneksi dites melalui “Tolly” dengan enam perangkat mobile yang menjalankan permainan dan dengan 21 perangkat aktif dan standby yang terhubung dengan router.

Selain itu juga dilengkapi oleh 4 koneksi LAN Gigabit yang mendukung perangkat seperti gaming console, pemutar Bluray, Smart TV, ataupun perangkat streaming ke jaringan internet. Perangkat ini juga sudah memiliki prosesor Quad-core 716 MHz. Streaming, panggilan video, hingga program hiburan lainnya masih memiliki koneksi yang stabil apabila masih dalam jangkauan area node. Ini dikarenakan setiap node velop yang ditambahkan ke dalam jaringan MR8300.

Untuk memudahkan penggunannya, Linksys menyediakan Aplikasi dengan cara cukup mendownload aplikasi ‘Linksys’, pengguna dengan mudah dapat mengatur Router tersebut.

Melalui aplikasi Linksys ini pengguna bisa mengatur sejauh apa penggunaan internet yang terhubung sehingga dengan mudah pengguna dapat memblock internet yang tidak diketahui saat menghubungkan jaringan WiFi.

Untuk perangkat Router MR8300 Max-Stream Tri-Band Mesh WiFi AC2200 sudah tersedia di toko online maupun Offline yang dibanderol dengan harga Rp 2.749 juta. (Jihan Nasir)