Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Rumor: Permintaan Lesu, Apple Pangkas Produksi 3 Model iPhone Terbaru

Niat Apple Inc memperkenalkan lebih banyak model iPhone berujung kurang laris di pasaran. Permintaan yang lebih rendah dari perkiraan membuat Apple dikabarkan memangkas produksi iPhone untuk tiga model yang baru dirilis September 2018 lalu.

Apple mengurangi produksi iPhone untuk tiga model; iPhone XS, XS Max dan XR. Dua model yang pertama mulai dijual per September sedangkan tipe XR dijual sebulan sesudahnya.

Informasi mengenai pengurangan produksi iPhone dilaporkan olehThe Wall Street Journal yang kemudian ditulis juga oleh Reuters. Menurut The Wall Street Journal, produksi iPhone dikabarkan sudah dikurangi dalam beberapa minggu terakhir. Permintaan pasar yang kurang baik dan keputusan Apple yang menawarkan model iPhone terbaru telah menyebabkan firma ini lebih sulit dalam mengantisipasi jumlah komponen dan handset yang dibutuhkannya, tulis The Journal.

Beberapa minggu yang lalu, Apple mengejutkan investor dengan informasi penjualan yang di bawah perkiraan untuk kuartal Natal tahun ini, yang memicu pemasok tertentu mengeluarkan peringatan yang merujuk pada lemahnya penjualan iPhone model terbaru.

Prediksi permintaan yang rendah terutama tertuju pada model iPhone XR dimana rencana produksi iPhone model ini dikurangi hingga sepertiga dari hampir 70 juta unit yang pernah dipesan oleh Apple ke pemasoknya antara September dan Februari, masih dari The Journal.

Related Posts
1 daripada 12

Pekan lalu saja, Apple telah menginformasikan ke beberapa pemasok bahwa pihaknya mengurangi rencana produksi iPhone model XR lagi. Apple sendiri tidak menanggapi kabar pemangkasan produksi iPhone di atas di luar jam kerja.

iPhone XR, iPhone XS dan iPhone XS Max. Foto oleh theverge.com

Dijual senilai US$749 atau sekitar Rp10,9 jutaan, iPhone XR mengusung layar ukuran 6,1 inci, LCD terbesar yang pernah ada di iPhone, demikian tulis Apple. Model ini mengedepankan akurasi warna dengan menawarkan rentang warna yang luas. Dibalut dengan kaca depan terkuat yang pernah ada di ponsel pintar, iPhone XR tahan air dan tahan debu. A12 Bionic dipilih menjadi prosesor iPhone XR, yang disebut sebagai chip tercerdas dan terandal dengan Neural Engine generasi berikutnya dari Apple.

Kemudian, mode iPhone XS dijual seharga US$999 atau sekitar Rp14,5 jutaan. Seri ini mengusung layar berukuran 5,8 inci dengan layar OLED yang dibuat khusus demi menghasilkan warna terakurat di industri ponsel, HDR dan hitam pekat. iPhone XS sama-sama menjalankan A12 Bionic chip seperti pada model iPhone XR. Bagian kamera model ini didukung oleh kamera ganda telefoto dan wide angle 12MP. Untuk wide angle, ada bukaan f/1.8 dan f/2.4 untuk telefoto. Tersedia zoom optik dua kali dan zoom digital hingga 10 kali.

Lalu untuk model iPhone XS Max, ukuran display mencapai 6,5 inci dengan layar Super Retina HD.Sama-sama menjalankan chip yang sama, iPhone XS Max menerapkan kamera TrueDepth untuk menjalankan Face ID guna mengenali wajah pengguna. Sistem iOS 12 sudah bisa dinikmati oleh pengguna model ini. iPhone XS Max sendiri dijual senilai US$1.099 atau sekitar Rp16 jutaan.

Baca juga: Rumor: Penjualan Mengecewakan, Apple Minta Mitranya Setop Produksi iPhone XR

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More