Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Rumor: Penjualan Mengecewakan, Apple Minta Mitranya Setop Produksi iPhone XR

Strategi Apple Inc menjual iPhone berharga lebih terjangkau sepertinya kurang berhasil mendongrak penjualan keseluruhan iPhone. Firma tersebut telah mengindikasikan permintaan iPhone XR terbaru yang mengecewakan dengan meminta mitranya, Foxconn dan Pegatron, untuk sementara menghentikan produksi tambahan smartphone tersebut.

Kabar tersebut diketahui dari beberapa narasumber yang meminta agar nama mereka tidak disebutkan kepada Nikkei Asia. iPhone XR sendiri sebenarnya baru saja dijual ke pasaran akhir bulan lalu usamemulai debut rilis ke publik bersamaan dengan iPhone XS dan versi premium iPhone XS Max.

“Untuk dari sisi Foxconn, pihaknya telah mempersiapkan hampir 60% perakitan untuk model XR, tetapi akhir-akhir ini hanya menggunakan sekitar 45% produksinya saja setelah pelanggan mereka tersebut mengatakan tidak memerlukan produksi sebanyak itu untuk saat ini,” ungkap salah seorang narasumber tersebut.

Hal tersebut berarti Foxconn, perusahaan asal Taiwan yang diperdagangkan sebagai Hon Hai Precision Industry, akan memproduksi sekitar 100 ribu unit lebih kecil per harinya guna mencerminkan proyeksi permintaan baru atas iPhone XR ini, turun 20 hingga 25% dari prediksi awalnya yang optimistis, kata narasumber ini.

iPhone XR. Foto oleh Apple

Pegatron, yang juga berasal dari Taiwan, turut menghadapi situasi yang sama, yakni menunda meningkatkan produksi dan menunggu instruksi selanjutnya dari Apple, demikian ungkap seorang narasumber lainnya.

Related Posts
1 daripada 18

“Penggunaan untuk produksi XR belum mencapai kapasitas maksimumnya saat ini,” katanya.

Apple menaruh  harapan besar iPhone XR bakal laris di pasaran tahun ini sebelum akhirnya malah mencatat penjualan yang kurang baik. Di satu sisi, Apple malah meminta lebih banyak produksi untuk model iPhone 8 dan iPhone 8 Plus yang lebih dahulu hadir dan lebih murah 20% dari harga iPhone XR.

“Pemasok iPhone 8 dan iPhone 8 Plus menerima pesanan campuran sekitar 5 juta unit lebih banyak untuk model iPhone 8 dan iPhone 8 Plus,” kata seorang narasumber. Sebelumnya Apple merencanakan 20 juta unit untuk model iPhone tersebut tetapi menambah angka menjadi 25 juta unit, imbuhnya.

Foxconn sendiri merupakan pemasok utana untuk iPhone 8 Plus sedangkan Pegatron menjadi pemasok kunci untuk iPhone 8 yang berukuran layar lebih kecil. Apple belum memberikan tanggapan atas rumor tersebut, sedangkan Foxconn dan Pegatron sama-sama menolak memberi komentar.

Baca juga: Ada Misi Mulia di Balik Model Terbaru iPhone 8 dan 8 Plus

 

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan Balasan

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

%d blogger menyukai ini: