Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Siap Diluncurkan, Bocoran Spesifikasi Samsung Galaxy A80 Terkuak

Samsung terlihat semakin memperkuat jajaran A Series. Tidak hanya flagship Galaxy S Series dan Note series saja yang mendapat perlakukan istimewa. Buktinya, nanti malam raksasa teknologi asal Korea Selatan tersebut meluncurkan secara global produk terbarunya Samsung Galaxy A80 di tiga kota besar sekaligus, yaitu Bangkok (Thailand), Sao Paulo (Brazil) dan Milan (Italia).

Tiga kota ini merepresentasikan kawasan benua yang menjadi pasar utama Samsung untuk seri A terbarunya. Selain Galaxy A80, perusahaan dikabarkan juga akan merilis seri Galaxy A70. Namun beberapa bocoran yang beredar lebih banyak menginformasikan Samsung Galaxy A80.  Bahkan laman Trusted Reviews menyebut seri Galaxy A80 bisa menjadi ponsel paling revolusioner Samsung untuk saat ini.
Baca juga: Mengabadikan Keindahan Turki dengan Samsung Galaxy S10 Plus

Berbagai rumor yang beredar sebelumnya menyebut tentang Galaxy A90, namun kemungkinan besar produk yang dimaksud adalah Samsung Galaxy A80. Dan ini disebut-sebut menjadi ponsel Samsung pertama dengan tampilan layar penuh ‘Notchless Infinity’ yang tidak terganggu oleh kamera selfie berlubang. Karena konsep kameranya sliding dan bisa berputar.

Spesifikasi ponsel yang memiliki nama model SM-A805F ini terkuak dalam tes benchmark yang baru-baru ini diterbitkan. Benchmark Galaxy A80 (SM-A805F) mengungkapkan bahwa perangkat ini akan ditenagai oleh prosesor Qualcomm Snapdragon 6150. Di mana kode ini kemungkinan adalah penerus dari Snapdragon 675, sebuah chipset kelas menengah. Kendati demikian, tidak menutup kemungkinan Galaxy A80 akan hadir juga dengan pilihan chipset Exnos seperti halnya yang terjadi di Galaxy S series.

Related Posts
1 daripada 11

Daftar ini juga menyebutkan kemungkinan bahwa perangkat ini memiliki 8GB RAM. Serta fitur tambahan seperti Pengisian Cepat Adaptif 25W dan baterai 3.700 mAh.

Sementara itu terkait rumor tampilan ‘Notchless Infinity’ kemungkinan besar juga akan menjadi kenyataan, lagi-lagi berdasarkan hasil test benchmark. Tes HTML5 dilakukan untuk menguji browser ponsel cerdas dan membandingkannya dengan ponsel cerdas lain. Hasil benchmark menunjukkan bahwa SM-A805F memiliki rasio aspek 20: 9. Ini merupakan rasio yang unik karena selama ini yang beredar di pasaran kebanyakan 16:9 atau 18:9.

Screensize yang terdaftar di benchmark sebagai 412 x 915 piksel. Tentu saja ini bukan resolusi aktual, tetapi lebih menunjukkan aspek rasio. Berdasarkan tolok ukur tersebut, bisa berarti bahwa Galaxy A80 dilengkapi dengan resolusi 2400 x 1080 piksel. Rumor yang beredar lainnya, Galaxy A80 akan hadir dengan kamera utama 48MP (f / 2.0), sensor sekunder 8MP (f / 2.4) dan modul Time-Of-Flight (f / 1.2).

Tidak banyak lagi yang telah dikonfirmasi mengenai Galaxy A80 ini. Bagaimanapun juga, kalau diperhatikan selama ini Samsung menggunakan Seri-A sebagai tempat uji coba untuk fitur-fitur anyar seperti layar Infinity-O dan sensor sidik jari dalam layar, yang pada akhirnya membuat jalan ke smartphone Galaxy S dan Note. Kemudian perangkat dengan empat kamera belakang juga diuji coba di seri A. Jadi, jika mekanisme geser ini berhasil, Samsung pasti akan mengintegrasikannya dalam perangkat flagshipnya.

Untungnya, kita tidak perlu menunggu terlalu lama untuk mengetahui Galaxy A80 seperti apa. Karena nanti malam produk tersebut akan resmi diluncurkan di ajang A Galaxy Event yang menghadirkan Blackpink di Bangkok.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.