Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Rumor: Snapchat Siapkan Kacamata Spectacles Generasi Terbaru dengan 2 Kamera

Dua tahun paska peluncuran kacamata Spectacles yang pertama, Snap Inc. yang merupakan induk dari aplikasi Snapchat dikabarkan telah mempersiapkan penerusnya. Dengan mengusung kode internal Newport, wearable ini bakal mengusung material yang lebih premium dan dua kamera yang sanggup memproduksi efek augmented reality atau AR dalam video.

Sebagaimana kami ambil dari Cheddar, kamera Spectacles versi teranyar ini akan dihargai lebih mahal, yakni US$350 atau sekitar Rp5,1 jutaan pada akhir tahun ini. Kerangka dari aluminium yang lebih bagus akan membalut kacamata Spectacles ini nantinya.

Beberapa narasumber menyebutkan bahwa kacamata Spectacles ini akan menawarkan kamera yang menghasilkan efek augmented reality dalam video.

Dengan mengerahkan dua kamera tersebut, aplikasi Snapchat akan dapat melapisi lensa AR dan menciptakan efek foto seperti 3D dari gambar yang diambil melalui Spectacles ini, ungkap narasumber tersebut.

Jika benar dihargai US$350 maka kacamata Spectacles terbaru ini membutuhkan biaya pembuatan dua kali lebih mahal dari saat memproduksi generasi pertama Spectacles, yang dirilis pada 2016. Juru bicara Snap sendiri menolak menanggapi berita ini.

Penciptaan Spectacles generasi terbaru merupakan buah dari visi besar CEO Snap, Evan Spiegel, yang ingin membuat teknologi kacamata yang secara mulus membawa obyek virtual ke dunia nyata.

Sebelumnya, Snap menarik perhatian industri teknologi dengan menjual kacamata Spectacles dan memoles ulang citra perusahaan tersebut sebagai “perusahaan kamera” pada 2016. Akan tetapi, dengung awal seputar kacamata tersebut membuat Snap menaksir terlalu tinggi permintaan, menyebabkan beban hingga US$40 atas produk yang tidak terjual paska Snap memesan 800 ribu unit dari pemasoknya yang berbasis di Tiongkok.

Akibatnya, eksekutif yang menangani pembuatan produk tersebut, Steve Horowitz, dipindahkan saat terjadi pemecatan di kalangan Snap. Eksekutif yang menggantikan Horowitz, Mark Randall, pun meninggalkan posisinya sebagai wakil presiden perangkat keras musim panas tahun ini.

Baca juga: Rumor: Snapchat Persiapkan Fitur Game Interaktif

Walau pernah gagal, CEO Spiegel tetap meneruskan rencananya mengembangkan kacamat Spectacles hingga beberapa tahun ke depan. Agar lebih baik dalam menangai inventaris Spectacles, Snap secara signifikan mengurangi jumlah pasangan yang dipesan untuk versi lain generasi pertama kacamata ini, yang dirilis tujuh bulan yang lalu. Menurut kalangan internal, jumlah yang dipesan sekitar 35 ribu pasangan kacamata Spectacles generasi pertama dan tambahan lagi 52 ribu untuk model yang sedikit dimodifikasi yang telah dirilis pada September 2018. Untuk generasi kedua yang akan dijual dengan dua kamera seperti yang dikabarkan dalam artikel ini, Snap berencana membuat 24 ribu pasang.

Spiegel mengatakan kacamata Spectacles diharapkan bisa mengubah cara orang memanfaatkan kamera.

“Lima tahun dari sekarang, saya berpikir orang akan mulai memakai kamera dengan cara yang tidak mereka bayangkan saat ini – dengan cara dimana kamera akan sepenting ponsel cerdas,” kata Spiegel saat konferensi The New York Times DealBook.

 

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More