Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Rumor: Apple Kembangkan Kamera untuk Disematkan pada Seri Watch?

Belum lama ini Kantor Merk Dagang dan Hak Paten AS mengabulkan inovasi Apple Inc untuk kamera pada jam. Temuan ini pun memunculkan kabar kamera Apple Watch tengah dikerjakan yang diharapkan bisa memperbaiki kekurangan pada fitur yang sudah ada.

Menurut paten yang dikeluarkan otoritas hak paten AS di atas, raksasa teknologi tersebut sedang mencari cara agar kamera Apple Watch nantinya dapat melacak obyek seperti wajah pengguna produk arloji cerdas tersebut dan menghasilkan avatar yang sesuai dengan muka pemakai untuk panggilan FaceTime.

Paten bernomor 10,129,503, sebagaimana ditulis oleh Apple Insider, memperinci solusi perangkat keras dan lunak yang tak hanya membuat kamera Apple Watch nantinya tak hanya memungkinkan untuk dibuat tetapi juga berguna.

Kamera Apple Watch tampaknya dirancang agar pemakainya mengurangi ketergantungan terhadap iPhone mereka. Dengan kamera Apple Watch, pemakai bisa meninggalkan perangkat ketika berolahraga atau melakukan aktivitas berat lainnya.

Apple Watch 4. Foto oleh theverge.com
Apple Watch 4. Foto oleh theverge.com
Related Posts
1 daripada 24

Menghadirkan kamera pada arloji pintar bukanlah hal gampang untuk dieksekusi. Jika hanya membuat sketsa pengambilan gambar tradisional untuk digenggam, seperti pada kamera iPhone, lalu memasukkannya ke dalam Apple Watch akan terlihat menyusahkan bagi pengguna. Mereka akan kesulitan menekan dan memfokuskan kamera pada subyek fokus tanpa menggerakkan keseluruhan platform – pergelangan tangan mereka – untuk mengecek pembingkaian, sementara pada saat bersamaan menangani hal lainnya, mulai dari stabilitas video hingga ergonomi.

Untuk mengatasi hal ini, Apple mengusulkan sistem dimana lensa bersudut lebar cocok dengan sensor yang dibuat tertanam dalam sebuah pita jam. Alternatif lainnya, beberapa kamera bisa secara bersamaan mengambil data gambar yang secara mulus ditautkan bersama untuk membuat satu gambar berkelanjutan dengan bidang penglihatan yang jauh lebih lebar dibandingkan dengan kamera berlensa tunggal.

Hasilnya, pengguna tak perlu terlalu repot memfokuskan pada subyek foto. Kamera Apple Watch nantinya dapat memotong foto atau video yang sudah diambil. Proses ini dapat dilakukan dengan memakai algoritma atau secara manual oleh pemakainya itu sendiri.

Apple menyebut teknik di atas tak hanya bekerja baik untuk mengambil gambar dimana pengguna cukup mengarahkan lensa ke target, tetapi juga menambah tingkat kenyamanan baru yang tidak biasa ditemukan oleh pengguna kamera portabel.

Baca juga: Rumor: Penjualan Mengecewakan, Apple Minta Mitranya Setop Produksi iPhone XR

Selain itu, kamera Apple Watch nantinya bisa memproses gambar yang dijepret dan menerapkan perangkat lunak pengenal wajah guna mengenali muka pengguna. Temuan ini secara dinamis menghasilkan gambar yang dipotong yang terpusat pada roman muka, membuat penyesuaian terus-menerus agar wajah tetap tertangkap meski jam sedang bergerak.

 

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More