Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Samsung Menerangi Lanny Jaya, Papua dengan 1500 Lentera Tenaga Surya

Bagi kita yang tinggal di Pulau Jawa, penerangan listrik sudah bukan lagi menjadi masalah. Yang dikeluhkan biasanya lebih ke pemadaman dan tarif yang kian mahal. Namun, tak demikian halnya dengan kondisi di luar Jawa seperti Papua. Salah satu contohnya di beberapa distrik di Kabupaten Lanny Jaya seperti Tiom, Malagaineri, Mokoni, Bokon, Indawa, Wiringgambut dan Pirime. Daerah-daerah tersebut sama sekali belum memiliki akses terhadap listrik dan penerangan. Hal inilah yang membuat Samsung Electronics Indonesia tergerak mengadakan program lentera tenaga surya di kawasan tersebut.

Lewat program “1.500 Cahaya untuk Lanny Jaya, Papua” yang merupakan bagian dari program CSR Samsung Corporate Citizenship, perusahaan ini memberikan donasi lentera tenaga surya untuk masyarakat yang belum mendapatkan akses listrik dan penerangan di Kabupaten Lanny Jaya, Papua.

“Lentera tenaga surya yang kami berikan mudah digunakan, tidak memerlukan listrik maupun pemeliharaan yang rumit sehingga dapat mendukung produktivitas di malam hari serta interaksi antar anggota keluarga yang lebih berkualitas,” papar Kanghyun Lee, Vice President Corporate Business and Corporate Affairs Samsung Electronics Indonesia, saat jumpa pers di Jakarta (15/4).

Donasi 1.500 lentera tenaga surya ini disambut baik oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Lanny Jaya yang langsung mendistribusikan donasi tersebut ke daerah-daerah yang paling membutuhkan penerangan. Pemda setempat menganggap donasi lentera tenaga surya ini sangat tepat dengan kebutuhan masyarakat Lanny Jaya Papua.

Related Posts
1 daripada 3

“Kini dengan memanfaatkan lentera tenaga surya pemberian Samsung, anak-anak dapat belajar di malam hari dan warga perempuan dapat menghasilkan lebih banyak tenunan dalam satu hari. Tenunan yang dibuat warga Lanny Jaya digunakan sebagai tambahan penghasilan untuk mendukung kebutuhan hidup sehari-hari,” ujar Sendius Wonda, Plt Bupati Kabupaten Lanny Jaya. 

Lentera tenaga surya yang ramah lingkungan dan mudah digunakan ini diberikan dalam rangka mendukung Hari Bumi 2017 yang diperingati setiap tanggal 22 April. Sesuai namanya, lentera ini cukup dipaparkan pada matahari secara langsung selama sepuluh jam untuk mendapatkan energi penuh dan memberikan penerangan selama duabelas jam.

Ada tiga moda pencahayaan yang dapat dipilih, yaitu terang, sangat terang, dan berkedip, sehingga bisa disesuaikan kebutuhan pemakai. Lentera ini juga dapat dilipat dan mudah disimpan, bisa digantungkan atau dibawa sambil berjalan, sehingga juga mendukung mobilitas di malam hari.

“Meningkatan kualitas kehidupan dari berbagai aspek, baik itu pendidikan, kesehatan, dan kesejahteraan, selalu menjadi perhatian utama Samsung Electronics dalam membangun komunitas di mana pun Samsung berada. Kami berharap donasi yang kami berikan ini dapat dimanfaatkan secara maksimal dan membawa kebahagiaan bagi warga Lanny Jaya,” pungkas Kanghyun Lee.

This post is also available in: enEnglish (English)