Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Saring Before Sharing: Berbagi Informasi Mengenai Hoax dan Cara Menangkalnya

Kuliah Peduli Negeri Bidang Studi Public Relation Universitas Mercu Buana menggelar event “Saring Before Sharing” di SMK Negeri 45, Jakarta Barat, Rabu (19/6/2019). Di sini para siswa-siswi setempat bukan saja dapat insight menarik mengenai penggunaan media sosial dan internet, tetapi juga dapat berbagai hadiah.

Sebagai aktivitis dan relawan anti hoax, tentu saja mengisi acara tersebut sebagai perwakilan dari Gizmologi merupakan kehormatan tersendiri bagi Gizmin. Pasalnya, pengguna internet dan media sosial kebanyakan adalah kalangan pelajar, jadi event seperti ini tentunya jadi sarana yang tepat untuk membekali mereka dengan berbagai pengetahuan mengenai penggunaan media sosial yang bijak. Hal senada rupanya juga diungkapkan Dini Ayu, selaku Ketua Penyelenggara acara ini.

“Acara ini kami gelar agar para siswa dan siswi bisa berpikir lebih kritis lagi terhadap informasi yang diterima di media sosia. Apalagi mereka ini kan aktif banget di media sosial,” ujarnya ketika berbincang dengan Gizmin.

Saring Before Sharing

Acara yang juga disponsori OPPO ini diawali dengan sambutan dari Pak M. Ali, perwakilan dari SMK Negeri 45. Sebagai sosok pengajar di sekolah tersebut, tentunya beliau tidak bosan-bosan mengingatkan para siswanya mengenai kebijakan menggunakan media sosial.

Selanjutnya Arlita yang merupakan mahasiswi Universitas Mercu Buana memberikan pemahaman mengenai penggunaan media sosial, sekaligus menjabarkan betapa pentingnya saring sebelum sharing berbagai informasi yang didapatkan dari media sosial.

Related Posts
1 daripada 17

Nah, Gizmin kebagian mengisi untuk sesi “Cerdas Menangkal Hoax” yang memaparkan cara mengenali tingkat kebenaran informasi yang diterima di media sosial. Di sini puluhan siswa dan siswi diberikan pemahaman mengenai apa itu hoax dan bagaimana menghindari penyebarannya yang bisa dimulai dari diri sendiri.

Saring Before Sharing

Jadi, bagi Gizmolovers yang ingin mengetahui apakah informasi yang tersebar di media sosial itu fakta atau hoax, caranya mudah. Yang pertama kali adalah menggunakan fasilitas dari Google, cari informasi terkait dengan apa yang didapatkan.

Jika informasi tersebut ada di media mainstream yang kredibel, berarti itu fakta. Sebaliknya, jika informasi yang didapatkan dari situs tidak jelas dengan nama domain yang aneh-aneh, sebaiknya abaikan dan jangan disebarkan.

Selain itu, jika medapatkan informasi yang dilengkapi foto, bisa juga lakukan pencarian dari mana sumber foto itu berada. Caranya dengan mengklik images.google.com dan upload foto tersebut. Nantinya bisa diketahui sumber foto sekaligus informasi validnya. Biasanya, peredaran hoax itu menggunakan foto dengan narasi yang tidak sesuai dengan fakta yang ada.

Saring Before Sharing

Sebagai penyemangat, acara “Saring Before Sharing” memberikan berbagai hadiah kepada peserta, terutama bagi yang bertanya mengenai seputar informasi yang disampaikan para narasumber. Jadi, selain dapat ilmu, peserta juga bisa dapat hadiah. Seru banget kan?

Apakah Gizmolovers ingin mengetahui lebih banyak seputar penangkalan hoax dan informasi yang bermanfaat mengenai media sosial? Pastikan nantikan event-event berikutnya dari Gizmologi ya.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.