Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Scale-Up Asia 2018, Belajar Berwirausaha dari Ahlinya

Mengutip pepatah Afrika, jika kau ingin sampai dengan cepat pergilah sendirian. Jika kau ingin bisa berjalan jauh maka pergilah bersama-sama. Perumpamaan tersebut layak diberikan pada hajatan Scale-Up Asia 2018 yang diadakan oleh Endeavor Indonesia pada 28 Maret 2018 di Jakarta Pusat.

Puluhan wirausahawan memadati salah satu ruangan di pusat perbelanjaan di Jakarta Pusat dalam Scale-Up Asia 2018 ini. Tak hanya berkumpul dengan sesama pengusaha mereka juga ingin belajar dari puluhan pakar yang sudah terbukti sukses membangun bisnis mereka masing-masing.

Tema Scale-Up Asia 2018, “50 Shades of Scale-Up” ingin membangun ekosistem wirausahawan melalui gerakan High-Impact Entrepreneurship atau HIE yang pada akhirnya diharapkan bisa meningkatkan perekonomian nasional.

Beberapa tema menarik pun dibahas oleh para mentor, seperti “Membangun Budaya yang Kuat dan Tim yang Ingin Sukses”, “Cara Menumbuhkan Bisnis Secara Cepat”, “Cara Membangun Startup yang Bagus”, hingga “Menentukan Metrik Keberhasilan Bisnis”.

Bermula dari kamar kost

Beberapa mentor yang kini populer di dunia startup turut hadir berbagi ilmu dalam Scale-Up Asia 2018 ini, di antaranya Achmad Zaky, CEO sekaligus founder Bukalapak, Stefanie Kurniadi selaku founder dan deputy marketing director CRP Group, dan Irzan Raditya sebagai CEO sekaligus founder Kata.ai.

Dari kiri ke kanan: Achmad Zaky, Stefanie Kurniadi dan Irzan Raditya.

Ketiganya berbagi kisah awal memulai bisnis mereka. Baik Achmad Zaky dan Stefanie sama-sama mengakui mereka merintis dari kamar kost masing-masing saat kuliah.

Achmad mengingat semua bermulai delapan tahun lalu bersama seorang temannya di kamar kostnya.

“Momen kami tepat. Saat itu e-commerce belum banyak yang mulai. Lalu pada 2011, banyak investasi. Kami dapat momen per tahun. Dulu nggak ngira (akan sesukses sekarang),” kata Achmad di konferensi pers Scale-Up Asia 2018 kemarin.

Related Posts
1 daripada 2

Baginya, kunci sukses Bukalapak sekarang diwarnai dengan jutaan aksi dan ribuan kegagalan. “Kami melakukan aksi kecil tiap hari. Meeting tiap hari. Kerja sampai malam. Nawarin ke teman, pedagang lewat WA, Facebook,” tambahnya.

Senada dengan Achmad, Stefanie juga memulai bisnisnya di kamar kostnya di Bandung bersama teman-temannya. “Saat itu orang tua saya sedang krisis. Nggak punya dana buat kuliah akhirnya cari uang sendiri,” kenang Stefanie, 32 tahun.

Lalu ia dan teman-temannya yang sama-sama bisa mendesain dan branding memulai usaha dengan membuka agency dan mencari klien. Tapi kemudian berubah haluan membuka usaha kuliner.

“Kami pernah mengalami banyak utang. Akhirnya buka bisnis baru dengan tim yang sama,” katanya masih dalam acara Scale-Up Asia 2018.

Ia menambahkan pertama kali warung yang ia dan teman-temannya bangun adalah warung nasi goreng Mafia di dekat Universitas Padjajaran, Bandung.

“Kami memulai dari scratch. Ada yang meminjam uang dari orang tua. Ambil dari tabungan. Sekarang sudah 114 outlet, katanya. Selain Nasi Goreng Mafia, CRP Group juga memiliki brand Warunk Upnormal.

Menyiasati keterbatasan sumber daya

Irzan menyoroti pentingnya seorang wirausahawan mempunyai kepekaan diri. “Harus kreatif sebab sumber daya terbatas. Juga sadar punya kelebihan dan kekurangan,” kata Irzan, 29 tahun.

Selain mengikuti minat dan tujuan, Irzan menyarankan agar startup juga berfokus pada penyelesaian suatu masalah yang biasanya dihadapi orang. Seperti bisnisnya, Kata.ai, dimana Irzan ingin menyediakan chatbox agar pengguna bisa berchatting ria memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan.

Baca juga: 5 Kriteria yang Membuat Startup Lolos di Ajang Final The NextDev 2017

Scale-Up Asia 2018 merupakan salah satu event akbar Endeavor Indonesia, salah satu bagian dari gerakan kewirausahaan global. Di Indonesia, Endeavor telah berusia enam tahun dan telah menyeleksi lebih dari 3 ribu entrepreneurs lalu memilih dan mendukung 38 di antaranya.
 

This post is also available in: enEnglish (English)

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More