Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Sepak Terjang Si Kuda Hitam di Industri Smartphone Dunia

Sebentar lagi akan datang satu produsen smartphone yang meramaikan pasar ponsel Indonesia. Merek yang dimaksud adalah Honor yang berencana meluncurkan tiga smartphone sekaligus pada akhir Maret ini dan menyasar kelas menengah hingga premium.

Honor bukanlah nama yang asing lagi di kalangan pecinta smartphone. Karena merek ini sebelumnya merupakan sub brand, salah satu seri andalan dari smartphone Huawei. Karena respon pasar yang tinggi, Huawei memutuskan untuk spin-off, melepaskan merek Honor secara mandiri agar bisa berkembang jauh lebih besar.

Strategi Huawei rupanya sangat jitu. Sepak terjangnya sebagai kuda hitam di pasar smartphone amat agresif. Sebelumnya banyak yang tidak terlalu mempedulikan, namun ternyata bergerak dengan amat lincah.

Di China, penjualan online-nya mengalahkan Xiaomi. Menurut data dari Sino Market Research, sepanjang tahun 2017 kemarin penjualan online Honor di China tembus 54,5 juta unit dengan pendapatan 78,9 miliar yuan.

Sebuah pencapaian yang fantastis untuk sebuah merek baru. Bahkan akan tersebut sudah cukup untuk mengalahkan Xiaomi yang berada di posisi kedua dengan raihan penjualan 50,9 juta unit dan pendapatan 63,7 miliar yuan.

Ilustrasi (Foto: Fanpage Honor)

Keberhasilan itu tak lepas dari model smartphone yang diminati pasar baik di China dan mancanegara, seperti seri X. Sebagai informasi, smartphone seri 4X dan 7X telah terjual 40 juta unit secara global.

Honor 7X juga diklaim paling banyak penjualannya di China pada ajang diskon Single’s Day pada 11 November 2017. Di India, 20 ribu unit 7X terjual hanya dalam waktu satu jam sejak penjualan dibuka.

Kemudian seri ponsel flagship Honor View 10 disebut memiliki pangsa pasar terbesar di China, lebih dari 10%, untuk kategori smartphone harga USD 400 sampai USD 650 sebulan sejak peluncurannya pada November 2017.

Keberhasilan itu membuat mereka percaya diri berekspansi lebih agresif di mancanegara, termasuk di Indonesia.

“Sebagai pemimpin e-brand, Honor ingin jadi merek smartphone paling dicintai untuk anak muda ataupun yang muda di hatinya. Dengan bisnis model internet yang unik, produk tak tertandingi dan value tak terkalahkan, kami membawa model bisnis sukses kami di China ke pasar global,” kata George Zhao, Presiden Honor saat menghadiri ajang Consumer Electronic Show 2018.

“Tujuan kami adalah menjadi merek smartphone lima besar di 2020,” ujarnya percaya diri.

Adapun tiga produk yang bakal diboyong ke Indonesia adalah 9 Lite dan 7X untuk segmen kelas menengah dan Honor View 10 sebagai smartphone kelas flagship. Masing-masing ponsel pintar tersebut memiliki keunggulan tersendiri.

Misalnya, Honor 9 lite bakal menjadi tumpuan di sektor fotografi. Kemudian 7X pada spesifikasi, serta View 10 pada kemampuan artificial intelligence (AI).

Khusus untuk Honor View 10, teknologi Artifiial Intelligene (AI) tersemat di dalam smartphone tersebut dan digunakan untuk mengenali kebiasaan pengguna. Layarnya akan terus menyala saat mata penggunanya menatap ponsel. Sementara dari fitur kamera, View 10 bisa mengenali objek yang dipotretnya seperti manusia, hewan, dan objek lainnya.

Nah, penasaran kan seperti apa. Tunggu saja peluncurannya besok di Indonesia.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.