Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Siap-siap Menyongsong Smartphone 5G Huawei Tahun Depan

Usai mencengangkan publik lewat kamera lewat Huawei P20 Pro terbaru, vendor asal Tiongkok ini bersiap menghadirkan kejutan lagi. Smartphone 5G Huawei siap diperkenalkan ke pasar pertengahan tahun depan.

Pengumuman peluncuran smartphoene 5G Huawei ini disampaikan saat pertemuan analis global di Shenzen, Tiongkok. Debut pertama smartphone 5G Huawei akan dilakukan pada kuartal ketiga tahun depan. Walau belum menyebut brand, media santer menyebut lini Mate, terutama Mate 30, akan jadi yang perdana.

Theinquirer.com menulis Mate 30 akan jadi smartphone 5G Huawei pertama jika melihat dari waktu peluncurannya dengan berasumsi kita akan melihat peluncuran Mate 20 musim semi tahun ini.

Paparan Huawei tentang smartphone 5G pertamanya. Foto oleh gsmarena.com

Huawei sendiri dalam pertemuan tersebut tidak menjelaskan rincian smartphone 5G Huawei pertama ini. Vendor tersebut hanya mengatakan akan memakai modem 5G dalam smartphone nantinya. Sebelum meluncurkan smartphone 5G Huawei yang pertama, Huawei akan terlebih dulu memperkenalkan mobile hotspot pada kuartal kedua 2019.

Teknologi 5G memang banyak dinantikan setelah koneksi 4G dan 4G LTE.

Secara keseluruhan, teknologi 5G akan membuat smartphone bisa terhubung sangat cepat, bahkan dalam hitungan gigabit per detik.

Related Posts
1 daripada 258

Bisa dibayangkan mengunduh film secara utuh dapat dilakukan hanya dalam beberapa detik saja jika nanti smartphone sudah dilengkapi modem berkecepatan 5G.

Sebelumnya pada Februari 2018 lalu, Huawei telah meluncurkan model 5G pertamanya, Balong 5G01, pada gelaran Mobile World Congress atau MWC 2018 di Barcelona. Huawei menyebut modem ini bisa menawarkan kecepatan setidaknya 2,3 Gbps. Tetapi sepertinya bukan modem ini yang akan dipakai buat smartphone 5G Huawei pertamanya sebab ia malah dipakai untuk mobile hotspot dan mobil tanpa kemudi manusia.

Baca juga: Ancang-ancang Menuju Layanan 5G di Indonesia

Info tentang rencana rilis smartphone 5G Huawei perdana ini muncul sehari setelah lembaga riset Counterpoint Research mengumumkan angka penjualan smartphone 5G akan melejit hingga 255% hingga 2021. Hal tersebut berarti akan ada hampir 110 juta unit smartphone yang akan terjual.

Meski awalnya penjualan smartphone 5G akan seret, setelah negara bisa bertransformasi penuh ke infrastruktur 5G maka penjualan smartphone 5G akan tumbuh. “Pertumbuhan fase awal 5G akan rendah disebabkan beberapa faktor, seperti ada yang masih menunggu standar 5G yang belum terkonfirmasi yang menciptakan ketidakpastian seputar produk dan layanannya. Kami juga memperkirakan chips 5G akan lebih mahal yang pada mulanya akan membuat harga produk lebih tinggi,” kata Direktur Riset Counterpoint Tom Kang.

“Kami melihat perkembangan awal 5G sedang besar-besaran terjadi AS, Korea Selatan, Tiongkok dan Jepang dan kami memperkirakan pertumbuhan akan terkonsentrasi di negara-negara ini sebab mereka memang punya rencana menggunakan 5G mulai 2019. Negara lain, terutama yang di Eropa, kemungkinan baru akan melompat ke arah 5G secara penuh setelah memastikan bisnis konkret apa yang bisa mereka lakukan dengan teknologi ini,” ungkap Maurice Klaehne, Analis Riset Counterpoint.

 

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan Balasan

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

%d blogger menyukai ini: