Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Smartphone Kamera Dianggap Lebih Menarik daripada Smartphone Gaming?

Ketika eksis di media sosial dianggap lebih penting daripada nge-gaming.

Belakangan ini banyak vendor yang menghadirkan smartphone gaming buat para penggila gaming. Apakah fenonema ini sanggup menggusur tren smartphone yang menghadirkan fitur fotografi jawara?

Seiring tren media sosial yang menjadi platform favorit pengguna smartphone, kamera menjadi fitur unggulan beberapa vendor. Di kelas flagship, fitur ini juga menjadi salah satu yang sering diadu di samping hardware pendukung seperti chipset, RAM, dan memori internal.

Ketika teknologi semakin terjangkau, smartphone di kelas menengah kini memiliki kemampuan “setara” dengan smartphone flagship, khususnya untuk gaming. Hal ini dikarenakan adanya chipset Snapdragon 660 yang paling banyak ditanam ke berbagai smartphone kelas menengah.

Asus Zenfone Max Pro M2
Asus Zenfone Max Pro M2, salah satu smartphone yang menggunakan chipset Snapdragon 660 untuk pengalaman gaming mumpuni.

Dengan fabrikasi 14nm, Snapdragon 660 memiliki keunggulan yang membuatnya memiliki performa hampir mirip dengan Snapdragon 800 series yang digunakan pada perangkat flagship alias kelas atas. Apalagi core Kryo 260 dan GPU 512 juga digunakan untuk menunjang kinerja chipset tersebut sehingga membuat smartphone kelas menengah sanggup menangani berbagai aktivitas yang biasanya lebih layak digunakan pada smartphone flagship, seperti gaming grafis tinggi.

Hadirnya smartphone kelas menengah dengan chipset Snapdragon 660 merupakan isyarat bahwa vendor-vendor sudah menyadari tren mobile gaming di kalangan pengguna smartphone. Bukan itu saja, vendor seperti Xiaomi dan ASUS bahkan menghadirkan smartphone gaming, yakni Blackshark, Razer Phone, dan ROG Phone.
Baca juga: Tips Memilih Laptop Gaming untuk Entry Level Alias Pemula

Smartphone Xiaomi Blackshark. Foto oleh YouTube.com
Xiaomi BlackShark, smartphone untuk gaming yang cukup mencuri perhatian.
Related Posts
1 daripada 8

Tapi, apakah makin mahirnya smartphone gaming bergrafis tinggi sanggup menggusur kebutuhan kamera pada pengguna smartphone? Ternyata tidak.

Hal ini terungkap pada hasil polling yang dilakukan PhoneARena, Senin (4/2/2019) yang mengungkapkan bahwa mayoritas orang masih memilih smartphone dengan fitur kamera yang oke dibandingkan smartphone yang sempurna untuk gaming.

Dari polling yang bertitel “A Smartphone Great for Gaming, or a Smartphone with a Great Kamera?” tersebut, sebanyak 82,47% dari 1939 responden memilih “the perfect camera phone” dibandingkan “the perfect gaming smartphone” yang hanya mendapatkan persentase sebesar 17,53%.

Jadi tampaknya memang untuk saat ini smartphone khusus gaming belum jadi pilihan pasar, mengingat segmennya sangat terbatas. Nggak heran deh, banyak smartphone flagship yang menonjolkan kemampuan fotografinya dibandingkan untuk gaming. Padahal chipset high-end Snapdragon 845 yang digunakan pada flagship saat ini sangat lihai untuk gaming.

Memang sih dari sisi kebutuhan saat ini fitur kamera lebih menjawab tantangan zaman, terutama bagi mereka yang suka membuat konten video di media sosial. Kamera yang lebih mumpuni tentunya dibutuhkan untuk menggantikan fungsi kamera DSLR yang cenderung berat dan merepotkan.

Nah, gimana menurut kamu sendiri. Lebih suka smartphone gaming atau yang fitur kameranya oke?

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More