Gizmologi
The Bilingual Tech Media

Saingi Intel, Snapdragon 850 Resmi Hadir untuk Perangkat Windows 10

Intel yang saat mendominasi produsen chipset komputer harus lebih waspada.  Pasalnya, selain AMD, ada kompetitor baru yang cukup berambisi menjadi pemain besar di sektor ini, yaitu Qualcomm. aya hidup on the go membuat kebutuhan untuk selalu terhubung dengan internet menjadi kian penting. Setelah tahun lalu mencoba masuk ke pasar komputasi lewat Snapdragon 835, kali ini mereka meluncurkan generasi kedua Qualcomm Snapdragon 850 yang dirancang secara khusus untuk komputer berbasis Windows 10.

Snapdragon 850 Mobile Compute Platform dirilis dalam acara Computex 2018 oleh produsennya, Qualcomm Technologies Inc di Taipei, Taiwan, pada 5 Juni 2018. Turut hadir dalam acara tersebut adalah mitranya, Samsung Electronics Co., Ltd.

Alex Katouzian, Senior Vice President and General Manager, Mobile Business Unit, Qualcomm Technologies, Inc pada acara Computex 2018

Snapdragon 850 ini akan memperkuat diri dengan modem Snapdragon X20 LTE dan Qualcomm® AI Engine bagi perangkat berikutnya. Snapdragon 850 dirancang untuk mendukung fitur ponsel cerdas yang banyak dicari oleh pengguna dalam PC. Chipset ini memungkinkan  pemakai dapat selalu terkoneksi dengan LTE atau Wifi sehingga mereka dapat menerima notifikasi dan mensinkronisasi data secara virtual saat sedang berpergian.

Arsitektur platform Snapdragon 850 hemat daya untuk mendukung kinerja sistem yang secara keseluruhan lebih baik hingga 30%. Performa AI pun akan meningkat tiga kali lipat dari generasi sebelumnya. Prosesor ini juga mencatat kecepatan konektivitas LTE hingga 1,2 Gbps. Dengan tawaran performa yang sudah gahar tersebut, pengguna nantinya tak perlu cemas akan sering mengisi daya sebab Snapdragon 850 mendukung daya baterai hingga 25 jam untuk penggunaan tanpa henti atau ketahanan hingga berhari-hari untuk penggunaan dalam kondisi normal.

Dengan efisiensi fabrikasi 10nm, Snapdragon 850 Mobile Compute Platform memungkinkan desain yang lebih ramping, mudah dibawa kemana-mana, dan desain tanpa kipas (fanless) bagi para konsumen yang memiliki mobilitas tinggi, dibandingkan dengan solusi fabrikasi 14nm yang ada sekarang ini.

Grafis canggih dan audio berkualitas tinggi juga dirancang untuk memaksimalkan hiburan pengguna saat melihat video, mengambil foto, dan aktivitas lainnya saat membawa perangkat Windows 10 ini, lengkap dengan produktivitas menggunakan Cortana, hiburan dan keamanan.

“Untuk benar-benar memperluas kategori ini, kerja sama kami bersama para pemimpin mobile, seperti Samsung menjadi sangat penting untuk membantu kami dalam menghadirkan generasi PC selanjutnya yang Always On, Always Connected kepada konsumen,” kata Alex Katouzian, Senior Vice President and General Manager, Mobile Business Unit, Qualcomm Technologies, Inc.

“Kolaborasi bersama dengan Qualcomm Technologies dan Snapdragon 850 Mobile Compute Platform akan memungkinkan kami untuk menyediakan pengalaman mobile computing yang selalu terhubung dan always-on untuk para pelanggan kami,” kata Kyungsik Choi, Executive Vice President dan Head of Strategic Marketing Office, Mobile Communications Business, Samsung Electronics.

Baca juga: Xiaomi Mi 8 SE Jadi yang Pertama Gunakan Snapdragon 710

Perangkat Windows 10 yang ditenagai oleh Snapdragon 850 Mobile Compute Platform diperkirakan akan mulai tersedia di ritel pada tahun ini.

%d blogger menyukai ini: