Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Synnex Metrodata Indonesia Sediakan Solusi Gaming Terlengkap

Bisnis gaming semakin menggiurkan. Sebagai buktinya,esports akan dimasukkan pada pertandingan Asian Games dan Olimpiade yang akan datang. Omset keseluruhan industri gaming bahkan sudah lebih dari Rp10 triliun. Hal ini membuat PT Synnex Metrodata Indonesia (SM) memperkuat sektor ini dengan menyediakan produk dan ekositem gaming.

Agus Honggo Widodo, Presiden Direktur PT Synnex Metrodata Indonesia mengatakan perusahaannya mulai mengembangkan sistem dan komponen gaming sejak lima tahun yang lalu dan setiap tahun perkembangannya begitu pesat.

“Jika perkembangan PC biasa sekitar 15-20%, maka gaming bisa 50%. Penjualan kami dalam bisnis gaming sudah mencapai Rp1 triliun tahun lalu. Industri ini bertambah semakin cepat,” ucap Agus di sela-sela acara “Build Your Gaming Empire” di Jakarta, pekan lalu.

Menurutnya, jika diasumsikan dengan industri mobil, maka gaming ibarat Formula 1. Karena semua teknologi yang paling mutakhir diimplementasikan pada gaming. Perangkat gaming adalah peralatan elit pada komponen komputer karena memasang teknologi paling mutakhir. Sehingga Synnex Metrodata Indonesia pun menyediakan berbagai kelengkapan sistem dan komponen khusus gaming demi memenuhi kebutuhan tersebut.

Solusi Gaming Synnex Metrodata Indonesia

Gamer biasanya suka melakukan kustom karena ingin perangkatnya lebih cepat dari yang lain. Nah, SMI menggandeng banyak vendor untuk memberikan solusi kustom agar bisa memenuhi kebutuhan para gamer. Beberapa vendor tersebut adalah Intel, Thermaltake, msi, Nvidia, Seagate, Inno3D, ViewSonic, dan HyperX.

Komponen SMI yang disediakan SMI begitu lengkap, mencakup prosesor, storage, RAM, motherboard, kartu grafis, casing, pendingin, dan catu daya. Selain itu SMI juga menyediakan lima brand notebook gaming yang spesial, yaitu ROG, MSI, Dell, HP dan Gigabyte. Kelima brand tersebut sangat fokus dan mendedikasikan diri di bidang gaming.

Perjalanan Synnex Metrodata Indonesia
Perjalanan Synnex Metrodata Indonesia

Ronaldy Suhendra, Direktur Konsumer PT Synnex Metrodata Indonesia, menambahkan, gaming merupakan dunia yang sangat menggairahkan, terutama di bidang PC. Pertumbuhan bisnis gaming merupakan yang tercepat di bidang IT. Seperti duketahui pertumbuhan di bisnis IT akhir-akhir ini mungkin hanya single digit, bahkan di negara maju mulai tak secepat dahulu.

“Salah satu segmen yang masih bertumbuh sangat cepat adalah gaming. Sebagai distributor terbesar di Indonesia, kami ingin berpartisipasi untuk mengembangkan produk-produk dan ekosistem gaming di Indonesia,” ujar Ronaldy.

Bagi SMI, produk gaming bisa menghasilan perndapatan dan laba yang terbaik, karena bukan termasuk barang murah. Gamer bisa menghabiskan uang jutaan bahkan ratusan juta untuk membangun PC dan ekosistem gamingnya.

Solusi Gaming Synnex Metrodata Indonesia
Solusi Gaming Synnex Metrodata Indonesia

Pasar Gaming di Indonesia

Pada pasar gaming, Indonesia berada di posisi 17 dari 50 negara teratas, tetapi penetrasi online di indonesia masih sangat rendah. Dari 266 juta penduduk hanya 82 juta yang sudah online, sehingga potensi indonesia jauh lebih besar dibandingkan di negara lain. Besar pasar gaming di Indonesia sekitar Rp15 triliun atau US$1,1 miliar dengan pertumbuhan 40%.

Synnex Metrodata Indonesia yakin yakin pasar gaming akan terus bertumbuh karena Indonesia merupakan pasar yang masih berkembang dengan potensi yang sangat besar. Potensi perkembangan dari produk gaming itu sendiri, karena produk saat ini sangat berbeda dengan yang diluncurkan pada 2-3 tahun lalu. Misalnya kini notebook gaming sudah dilengkapi keyboard RGB, kipas RGB, dan casing warna warni.

“Portofolio produk yang dikeluarkan SMI pun semakin banyak, sehingga sangat potensial melayani para gamers di Indonesia,” pungkas Ronaldy.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.