Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Idulfitri 1439H, Indosat Ooredoo Catatkan 73% Kenaikan Traffic Data

Libur Idulfitri 1439H menjadi berkah bagi operator seluler, tak terkecuali Indosat Ooredoo. Operator ini, sebagaimana yang lain, melaporkan peningkatan traffic yang signifikan terutama di layanan data. Pada masa libur panjang tersebut, Indosat Ooredoo diklaim mampu menjaga kualitas jaringannya demi kenyamanan pelanggan menikmati perjalanan mudik dan bersilaturahmi dengan sanak saudara.

Umar Hadi, Group Head Network Operations Indosat Ooredoo sekaligus Ketua Festive Lebaran 2018, mengatakan performansi jaringan Indosat Ooredoo sukses dalam melayani kebutuhan telekomunikasi 96,2 juta pelanggan selama masa mudik dan libur Idulfitri 1438H.

Menurutnya, hal ini merupakan wujud dari upaya yang dilakukan bersama lewat peningkatan kapasitas jaringan, pemantauan kualitas jaringan melalui Indosat Ooredoo Network Operation Center (INOC), pemantauan kualitas layanan melalui Indosat Ooredoo Service Operation Center (ISOC),  serta mengaktifkan Command Center Lebaran.

“Hal tersebut kami lakukan sebagai komitmen untuk memberikan kenyamanan bagi pelanggan untuk menikmati perjalanan mudik, bersilaturahmi dengan saudara, dan menikmati masa libur Idulfitri 1439H,” ujar Umar Hadi, dalam siaran pers yang kami terima di Jakarta (20/7/2018).
Baca juga:

Ilustrasi suarana posko mudik Zona Unlimited Indosat Ooreddo
Related Posts
1 daripada 17

Dalam laporannya, Indosat Ooredoo mencatat peningkatan traffic tertinggi untuk penggunaan Data adalah pada puncak arus mudik atau bertepatan dengan H-3 Idulfitri 1439H sebesar 5.338,47 Terabyte/hari, atau naik 49,70% dibandingkan traffic Data reguler pada hari biasa.

Sementara itu, penggunaan Data pada hari raya Idul Fitri 1439H sebesar 4,867.58 Terabyte/hari atau meningkat 73.03% dibandingkan tahun lalu. Hal tersebut sejalan dengan tren penggunaan social media yang semakin meningkat, baik sebagai hiburan saat menemani perjalanan mudik maupun untuk berkomunikasi dengan kerabat.

Berbeda dengan layanan Data, traffic layanan suara dan SMS cenderung turun selama Lebaran 2018. Bila dibandingkan dengan traffic reguler harian biasa, traffic Voice pada hari Lebaran mengalami penurunan menjadi sekitar 153,91 Juta menit, atau turun sekitar 17,37% dan traffic SMS di hari Lebaran menurun menjadi sekitar 137,18 Juta SMS, atau turun 15,11%.

Keberhasilan pengiriman SMS antar pelanggan Indosat Ooredoo lebih dari 94,83%  dan 95,32% untuk tingkat keberhasilan pengiriman SMS ke antar operator yang berarti tidak ada permasalahan yang signifikan dalam pengiriman SMS internal jaringan Indosat Ooredoo maupun antar operator walau terjadi  kepadatan jalur pengiriman.

Operator anak perusahaan Qatar Telecom (Ooredoo) ini juga memastikan melayani dengan baik melalui pemantauan jaringan yang dikendalikan dari  i-NOC sebagai Command Centre. Command Center beroperasi beberapa hari sebelum dan sesudah Lebaran untuk mengidentifikasi secara proaktif melalui tim Performance Monitoring sebelum sebuah gangguan berimbas bagi pelanggan, dan secara reaktif melalui tim Customer Service sehingga bila ada kendala dapat diselesaikan sesegera mungkin.

Pemantauan juga dilakukan oleh fasilitas ISOC yang memantau kualitas layanan aplikasi yang biasa digunakan pelanggan seperti Youtube, Instagram, Whatsapp, Facebook, Spotify, Iflix, dan lain sebagainya. Melalui fasilitas ini, Indosat Ooredoo memastikan bahwa tidak hanya kestablian jaringan namun juga kualitas dari masing-masing aplikasi berada dalam kondisi yang baik untuk mendukung aktivitas mudik dan Lebaran pelanggan.