Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

XL dan Kemenhub Hadirkan Informasi Mudik dalam Format Digital

Masih ingat dulu sering menerima informasi seputar mudik melalui kertas? Untuk Lebaran 2018 ini, hal tersebut digantikan oleh informasi mudik digital yang disediakan oleh Kementerian Perhubungan dan XL Axiata. Pemudik pun diharapkan bisa mengakses informasi terkait mudik cukup melalui smartphone masing-masing.

Sebelum teknologi berkembang sepesat sekarang, pemerintah biasanya menyebarkan informasi mudik ke masyarakat melalui selebaran. Selain peta mudik, ada pula informasi kontak penting di dalamnya.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi mengatakan, “Di tahun-tahun sebelumnya, informasi seputar mudik masih dituangkan dalam bentuk hardcopy atau dalam kertas tercetak. Termasuk di antaranya Peta Mudik yang selalu kami bagikan kepada masyarakat.”

“Tentunya, untuk saat ini, format seperti itu kurang lagi efektif karena rentan hilang atau rusak, serta butuh biaya tidak sedikit untuk mencetaknya,” kata Budi.

Informasi mudik digital kerjasamanya keduanya bisa membantu pemudik memperoleh kabar yang diinginkan untuk kebutuhan selama perjalanan yang bisa memakan waktu berpuluh-puluh jam jika kondisi jalanan macet.

Informasi mudik digital tersebut antara lain meliputi call center dan nomor telepon darurat yang bisa dihubungi pemudik terkait kebutuhan mudik, daftar tarif jalan tol Jawa, daerah rawan kecelakaan, serta posko kesehatan dan rest area yang disediakan Kemenhub. Selain itu, juga ada informasi mengenai persiapan sebelum melakukan perjalalan mudik, seperti seputar kesehatan sebelum dan selama mudik, himbauan menyiapkan e-money atau uang elektronik, hingga informasi mengenai obyek wisata di sepanjang jalur mudik.

Related Posts
1 daripada 6
Informasi mudik via smartphone dinilai lebih efektif dan efisien

Pelanggan XL Axiata bisa mengakses informasi mudik digital melalui sejumlah layanan digital yang tersedia, antara lain melalui SMS LBA (location based advertising) yang disebarkan di titik-titik mudik sesuai dengan informasi yang disampaikan.  Informasi mudik digital juga bisa pelanggan akses melalui www.sisternet.co.id dan saluran MyXL antara H-10 hingga H+10 lebaran.

Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D Yosetya mengatakan, “Kami di XL Axiata menyambut baik upaya pemerintah untuk mulai memanfaatkan teknologi digital guna menyampaikan pesan atau informasi kepada publik mengenai berbagai hal, salah satunya informasi seputar mudik ini oleh Kementerian Perhubungan.”

Selain menggandeng Kementerian Perhubungan dalam menyediakan informasi mudik digital, XL turut bekerjasama dengan kepolisian dan instansi terkait di lokasi yang menjadi jalur mudik. Salah satunya adalah kerjasama dengan Polres Indramayu, Jawa Barat, dalam menyediakan papan dan baliho penunjuk arah sebab Indramayu merupakan salah satu jalur padat untuk Jalur Pantai Utara Jawa/ Pantura.

Baca juga: Jaringan 4G LTE XL Axiata Telah Menyelimuti Lebih dari 90% Jalur Mudik Jawa & Sumatra

Sebanyak 44 papan penunjuk arah dan beberapa baliho besar bantuan dari XL Axiata telah mulai dipasang di sepanjang jalur Pantura, yang  menjangkau  17 kecamatan, mulai dari perbatasan Kabupaten Subang, Kabupaten Indramayu sampai perbatasan Kabupaten  Cirebon. Juga terpasang di jalan menuju Bandara Kertajati dari Kabupaten Indramayu, dan arah tol Cipali dari Kabupaten Indramayu. Pemasangan ditargetkan akan  selesai H-10 sebelum hari raya. Diharapkan papan ini bisa membantu pemudik mencari jalur alternatif saat menjumpai macet parah selama di perjalanan.

 

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan Balasan

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

%d blogger menyukai ini: