Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Lebaran 2019, Aplikasi Navigasi dan Streaming Jadi Favorit

Ada yang menarik dari laporan terbaru XL Axiata mengenai kinerja layanan seluler selama libur Idul Fitri  atau Lebaran 2019. Seperti tahun-tahun sebelumnya, trafik layanan data adalah yang peningkatannya paling besar. Sementara voice cenderung turun dan SMS naik sedikit. Di luar itu, ada aktivitas yang mengalami peningkatan sangat pesat dibanding hari biasa yakni penggunaan aplikasi navigasi Waze dan streaming Netflix.

Pengguna XL yang mengakses aplikasi peta digital Waze pada musim lebaran 2019 meningkat sebear 93% dibanding hari biasa. Hal ini wajar karena aplikasi ini memiliki peran sentral untuk memudahkan pemudik yang memakai kendaraan untuk pulang kampung. Aplikasi Waze dipercaya menyajikan data trafik lalu lintas maupun navigasi yang lebih akurat dan real time.

Baca juga: Waze Jadi Aplikasi Favorit Pengendara Selama Ramadan dan Mudik Lebaran

Selain bersilaturahmi dengan keluarga dan tetangga, apa yang dilakukan oleh masyarakat? Menyampaikan ucapan selamat lebaran di layanan pesan instant pun seperti sudah menjadi keharusan. Tak heran jika trafik ke layanan instant messaging seperti Whats App dan Line secara rata-rata meningkat sebesar 48%.

Jika ingin ke tempat liburan, tentu membutuhkan aplikasi Waze agar bisa memandu menuju lokasi dengan cepat. Ketika sampai di lokasi, pasti tak lupa untuk merekam momen dengan foto dan video. Foto silaturahmi dan liburan menghiasai feed Instagram dan Story.  Sehingga aplikasi berbagi foto milik Facebook inipun mengalami peningkatan trafik yang cukup pesat yakni 35%.

Di luar aktivitas yang sudah biasa terjadi di tahun-tahun sebelumnya, ada hal lain yang rupanya menjadi kegemaran baru pengguna internet. Tak sedikit pengguna yang menghabiskan waktunya mager (malas gerak) dengan menonton konten video favoritnya melalui layanan streaming Netflix. Platform video on demand tersebut mengalami kenaikan sebesar 77%.

streaming video dan sebagainya meningkat sebesar 22% dan lebaran tahun ini di tunjukkan dengan mulai naiknya akses games sebesar 15%. Kontribusi peningkatan trafik akses SNS di hari lebaran terutama didukung meningkatnya trafik mengakses aplikasi Instagram (35%), ada juga peta digital WAZE yang meningkatkan sebesar 93% dibandingkan hari biasa dan selama masa mudik layanan portal Hiburan (entertainment)seperti spotify naik 8% dan Netflix 77%.

Baca juga: Serial Lucifer Diselamatkan Netflix

Trafik Layanan XL Axiata Lebaran 2019

Related Posts
1 daripada 13

XL Axiata mengklaim berhasil melalui masa krusial periode lebaran (H-1 s/d H+1) Lebaran 2019 dengan performa yang baik. Selain hampir tidak ada problem jaringan yang berarti, trafik layanan data juga meningkat hingga 24% dibandingkan hari biasa.

Jika dibandingkan Lebaran tahun lalu, trafik data saat ini meningkat 57%. Trafik layanan SMS juga meningkat sebesar 3% dibandingkan hari biasa, sedangkan layanan percakapan/voice  mengalami penurunan yang tidak disebutkan jumlah persentasenya.

Yessie D. Yosetya, Direktur Teknologi XL Axiata mengatakan bahwa setiap tahun, satu hal yang paling krusial dalam menyediakan layanan selama libur Lebaran adalah menyediakan layanan berkualitas, yang merupakan kombinasi antara jaringan dengan performa tinggi dan produk yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

Menurutnya, performa layanan saat libur panjang Lebaran juga merupakan salah satu ujian bagi XL Axiata dalam mengukur performa di sepanjang tahun. Untuk itu, persiapan panjang dan serius sudah dilaksanakan XL Axiata sejak jauh-jauh hari. Apalagi kecenderungan dan kebiasaan pelanggan dalam mengkonsumsi layanan data juga terus berubah seiring dengan cepatnya kemajuan teknologi digital.

“Persiapan terhadap jaringan XL Axiata tidak hanya sebatas menambah kapasitas atau BTS di jalur mudik, namun juga atas konfigurasi jaringan yang paling sesuai dengan trend dan kebiasaan pelanggan dalam mengkonsumsi layanan terutama data,” ujarnya.

Baca juga: Idulfitri 1440H, Trafik Layanan Data Telkomsel Naik 12,3%

Data dari pusat monitoring jaringan XL Axiata juga menunjukkan area-area dengan lonjakan trafik yang signifikan dibandingkan kondisi normal. Sebut saja seperti pusat perbelanjaan, meningkat 6%, lokasi wisata naik 9%, bandara naik 5%, dan stasiun kereta rata-rata naik 12%. Seiring dengan adanya arus mudik dan balik, trafik di area-area sepanjang jalan tol Trans Jawa juga naik cukup signifikan, yaitu sekitar 6% dibandingkan hari normal.

Tercatat, trafik layanan data di wilayah Jabodetabek berkurang 8% selama lebaran 2019. Sebaliknya, trafik layanan data di Jawa Tengah dan DI Yogyakarta naik antara 10-25%, Jawa Barat naik 11-43%, Lampung naik 38%, dan Sumatera Selatan naik 15%.

Untuk memastikan layanan berjalan dengan baik pada lebaran 2019, XL Axiata sebelumnya telah melakukan berbagai langkah antisipasi dengan meningkatkan kapasitas baik di jaringan core, transmisi, juga kapasitas radio di jalur mudik.

Pada jaringan core, peningkatan kapasitas secara menyeluruh telah dilakukan yaitu terutama pada radio akses (RAN) di sekitar 1.700 BTS, sekitar 250 jalur/hop transport, serta Sistem Utama Core (GGSN) paket data. Selain itu juga dilakukan penambahan upstream menjadi 1.5x melalui 2 exchange (Singapura dan Australia). XL Axiata juga telah menyiapkan sekitar 50 MBTS dan  10.000 BTS baru.