Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Pengguna Internet 5G di Korea Selatan Sudah Mencapai 1 Juta Orang

Sebagai negara yang pertama kali mengadopsi teknologi 5G, tentu saja tidak terlalu mengherankan.

Ketika negara lain masih mengimpikan internet 5G yang super cepat, tidak begitu dengan Korea Selatan. Ya, negara ini baru saja menorehkan rekor di dunia telekomunikasi.

Seperti dilansir VentureBeat, Kamis (13/6/2019), adopsi  internet 5G di Korea Selatan per 10 Juni sudah mencapai 1 juta pelanggan. Hal ini diungkapkan Menteri Sains dan Teknologi setempat yang mengatakan bahwa sejak dirilis 3 April lalu, rata-rata ada sebanyak 17 ribu pelanggan baru setiap harinya.

Pencapaian tersebut juga diklaim melampaui jumlah pelanggan 4G dalam tempo 69 hari sejak pertama kali diperkenalkan di tahun 2011 silam. Meskipun begitu, coverage jaringan  internet 5G di negeri ini masih terbatas dan belum seluas 4G.

Untuk porsi pelanggan internet 5G, SK Telekom mendominasi dengan 40% pelanggan, sedangkan Korea Telecom dan LG Uplus mengantongi masing-masing 30% pelanggan. SK Telecom dan Korea Telecom juga mendominasi jumlah pelanggan 4G yang migrasi ke 5G, sedangkan LG Uplus tumbuh sekitar 21% pada bulan lalu.

Dengan terbatasnya layanan internet 5G, sudah tentu ketersediaan perangkatnya juga masih terbatas. Hal ini bisa terlihat dari banyak vendor smartphone, hanya ada dua produk yang sudah siap melayani jaringan tersebut, yakni Samsung Galaxy S10 5G dan LG V50 ThinQ 5G.

Related Posts
1 daripada 22

Namun dengan semakin meluasnya coverage 5G, sudah dipastikan nantinya akan lebih banyak lagi perangkat yang tersedia. Apalagi berdasarkan proyeksi nasional di sana, akan ada sekitar 3-4 juta pengguna 4G akan migrasi ke 5G di akhir tahun.

Telkomsel 5G Experience Center

Lalu bagaimana dengan Indonesia? Sementara ini masih dalam tahap uji coba, di mana Telkomsel pernah menghadirkan pengalaman 5G secara ekslusif di Indonesia ketika Asian Game 2018 digelar tahun lalu. Jika dilihat dari sepak terjangnya sebagai operator pertama yang menghadirkan layanan 3G dan 4G, tampaknya Telkomsel akan menorehkan rekor yang sama untuk layanan 5G.

Sementara itu, pada ulang tahunnya yang ke-51, Indosat Ooredoo juga menggelar uji coba layanan 5G dan melakukan demo 3D Augmented Reality Collaboration dengan jaringan tersebut. Bahkan pada 22-23 November 2018 lalu, pelanggan dan masyarakat umum juga bisa mencicipi teknologi tersebut di Kantor Pusat Indosat Ooredoo.

Ya, semoga saja ke depannya Indonesia bisa cepat mengadopsi internet 5G. Hanya saja, dengan kondisi layanan 4G yang belum merata, apakah 5G bisa diadopsi secepat itu? Bagaimana menurut kamu, Gizmolovers?

Get real time updates directly on you device, subscribe now.