Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Pengguna Smartphone di Jaringan XL Axiata Mencapai 80%

XL Axiata memiliki total 54,9 juta pelanggan, di mana 43,9 juta atau 80% di antaranya adalah yang sudah menggunakan smartphone

Aapakah masih ada pembaca yang memakai feature phone? Bahkan kalau melihat di sekeliling, bisa dipastikan sudah sulit mencari pengguna yang masih setia menggunakan ponsel fitur. Hal ini pun makin dibuktikan dari data yang dimiliki oleh operator seluler. Di jaringan XL Axiata, yang sekarang menjadi operator terbesar kedua di Indonesia, pengguna smartphone mencapai 80 persen.

Menurut XL Axiata,  ini adalah dampak dari semakin kuatnya jaringan dan penawaran layanan data yang menarik. Perusahaan mencatat, penetrasi smartphone di jaringan XL Axiata telah meningkat 8 poin persentase menjadi 80% pada akhir 2018 dibandingkan dengan tahun lalu.

Salah satu pendorong yang berperan besar pada peningkatan pelanggan ponsel cerdas ini adalah program bundling “XL Xtream” yang memberikan benefit berupa harga terjangkau serta akses YouTube. Daya tarik yang kuat dari program ini mampu mendorong migrasi lebih cepat pada pelanggan 2G ke 4G.

Saat ini XL Axiata memiliki total 54,9 juta pelanggan, di mana 43,9 juta atau 80% di antaranya adalah yang sudah menggunakan smartphone. Jumlah pengguna smartphone ini meningkat 15% dari periode yang sama di tahun lalu. Adapun pelanggan XL Axiata yang aktif menggunakan layanan data saat ini juga telah mencapai 82% dari total pelanggan.

Total lalu lintas di seluruh jaringan XL Axiata telah mengalami peningkatan 76% YoY di 2018 dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya terutama didorong oleh pertumbuhan lalu lintas data yang meningkat dibandingkan dengan penurunan lalu lintas dari layanan legacy (SMS dan percakapan).

Peningkatan Kualitas Jaringan XL Axiata

Related Posts
1 daripada 19
penataan ulang frekuensi 2100 MHz XL
Teknisi sedang melakukan maintenance jaringan  XL Axiata

Sudah menjadi keharusan bagi operator seluler untuk meningkatkan kualitas layanan, jika tidak ingin dikomplain dan ditinggalkan oleh pelanggannya. Dalam hal ini, XL Axiata berinvestasi untuk melakukan peningkatan pada transmisi, backhaul, dan modernisasi jaringan. Agar mendukung peningkatan lalu lintas data di seluruh jaringan XL Axiata. Serta memberikan stabilitas, memperluas kapasitas jaringan dan meningkatkan kualitas layanan datanya.

Hal ini diwujudkan dengan terus membangun jaringan 4G LTE yang saat ini difokuskan di wilayah luar Jawa. Hingga akhir tahun 2018, jaringan 4G Axiata telah melayani sekitar 400 kota/kabupaten dengan hampir 30 ribu BTS 4G. Sementara itu, jaringan 3G ditopang lebih dari 51 ribu BTS. Jumlah total BTS milik XL Axiata saat ini mencapai 118 ribu BTS.

Peningkatan investasi jaringan, terutama 4G LTE di luar Jawa di sepanjang 2018 tersebut telah menghasilkan pertumbuhan pada trafik dan pendapatan data yang diklaim sangat kuat. Alhasil, tahun ini wilayah luar Jawa menjadi kontributor utama lain bagi kinerja kuat XL Axiata. Pada sisi lain, keberadaan jaringan yang luas di luar Jawa ini juga ikut meningkatkan persepsi masyarakat atas kemampuan XL Axiata dalam melayani kebutuhan data di seluruh negeri.

CEO & Presiden Direktur XL Axiata, Dian Siswarini mengatakan sepanjang 2018 merupakan periode yang berat bagi industri telekomunikasi Indonesia. “Kami harus menghadapi penerapan registrasi kartu SIM prabayar dan persaingan harga yang ketat. Namun, XL Axiata berhasil mengungguli para kompetitor dan memperkuat posisi sebagai operator nomor 2 di Indonesia,” ujarnya.

Berdasarkan laporan terbaru Barometer Mobile Internet Indonesia 2018 dari nPerf pun, XL Axiata dianggap telah kembali ke kompetisi dan menjadi challenger. Sebagaimana jumlah pelanggan, kualitas jaringannya pun kini naik ke peringkat nomor dua, setelah Telkomsel.

 

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More