Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Inilah Persiapan Telkomsel Sambut Ramadan dan Idul Fitri 2018

Telkomsel membangun 12.000 BTS Multi-band LTE dengan peningkatan jaringan dan layanan di 772 titik strategis.

Hanya tinggal beberapa hari umat Islam memasuki bulan suci Ramadan yang dilanjutkan dengan Idul Fitri. Berbagai persiapan pun dilakukan pelaku industri untuk menyambut momen istimewa ini, termasuk dalam hal layanan komunikasi. Tahun ini, Telkomsel  sambut Ramadan dan Idul Fitri (RAFI) 2018 dengan melakukan persiapan jaringan hingga menggelar berbagai program menarik.

Operator terbesar di Indonesia ini telah meningkatkan seluruh elemen jaringan di titik-titik strategis jalur mudik dan pusat-pusat keramaian publik. Secara khusus, Telkomsel sambut Ramadan dengan membangun 12.000 base transceiver station (BTS) multi-band Long Term Evolution (LTE) di seluruh Indonesia untuk menghadirkan layanan yang berkualitas dengan kapasitas yang memadai.

Ririek Adriansyah, Direktur Utama Telkomsel, mengatakan periode RAFI menjadi momentum yang istimewa di mana keandalan jaringan dan layanan Telkomsel yang sesungguhnya diuji. Pada periode tersebut, umumnya penggunaan layanan komunikasi lebih tinggi dibanding hari biasa.

“Untuk itu, sejak jauh-jauh hari Telkomsel sambut Ramadan dengan menggelar berbagai persiapan dari sisi infrastruktur maupun produk dan layanan agar pelanggan tetap bisa menikmati layanan dengan nyaman pada saat periode RAFI,” ujar Ririek saat media gathering Telkomsel di Lombok (11/5/2018)

Ia menegaskan kualitas jaringan merupakan prioritas utama Telkomsel dalam mengantisipasi tingginya penggunaan layanan komunikasi pada periode RAFI.  “Dengan mengimplementasikan 12.000 BTS 4G di seluruh pita frekuensi, kami menjamin pelanggan dapat menikmati pengalaman menggunakan layanan broadband secara optimal,” jelasnya.
Baca juga: Natal dan Tahun Baru 2018: Kenaikan Trafik Layanan Data Telkomsel 42% & XL Axiata 20%

Sementara itu Bob Apriawan, Direktur Network Telkomsel menjelaskan bahwa pada RAFI tahun ini, Telkomsel memperkirakan terjadi lonjakan trafik layanan data sebesar 40% dibandingkan hari normal, bahkan sekitar 137% jika dibandingkan periode RAFI tahun lalu. Hal itu karena perilaku komunikasi pemudik maupun wisatawan di Indonesia kini didominasi penggunaan layanan data. Dipicu seringnya konsumen mengunggah foto dan video aktivitas di lokasi mudik dan wisata ke media sosial serta aplikasi pesan instan.

Telkomsel memperkirakan terjadi lonjakan trafik layanan data sebesar 40% dibandingkan hari normal, bahkan sekitar 137% jika dibandingkan periode RAFI tahun lalu. Di sisi lain, trafik layanan suara diperkirakan akan turun sekitar 8%-9% dibanding hari normal dan SMS cenderung stagnan.

Di sisi lain, trafik layanan suara diperkirakan akan turun sekitar 8%-9% dibanding hari normal. Sedangkan trafik layanan SMS cenderung stagnan, tidak mengalami perubahan yang signifikan dibanding hari biasa. Hal ini sudah diprediksi sebelumnya, mengingat perilaku pelanggan yang kini semakin fasih dan intensif dalam menggunakan berbagai aplikasi dan layanan digital, yang mengakibatkan turunnya intensitas penggunaan layanan suara maupun layanan SMS.

Related Posts
1 daripada 14

Dijelaskan lebih lanjut, dari 12.000 BTS 4G LTE yang dipersiapkan untuk menyambut RAFI 2018, 26% di antaranya menggunakan frekuensi 2.300 MHz, 8% di pita frekuensi 2.100 MHz, 60% di pita frekuensi 1.800 MHz, dan 5% di pita frekuensi 900 MHz. Secara keseluruhan, jaringan Telkomsel di seluruh Indonesia memiliki lebih dari 167.000 BTS, termasuk lebih dari 35.000 BTS 4G untuk memaksimalkan penggunaan layanan data.

“Jaringan di spektrum 1.800 MHz merupakan pita frekuensi utama untuk menggelar layanan LTE. Sedangkan 900 MHz difokuskan untuk melayani wilayah-wilayah tidak padat penduduk yang dapat menghasilkan jangkauan layanan lebih luas. Kemudian 2.100 MHz dimanfaatkan untuk menghadirkan layanan tambahan LTE. Sementara pita frekuensi 2.300 MHz dimaksimalkan sebagai solusi layanan di wilayah-wilayah dengan kepadatan penduduk yang tinggi,” jelas Bob.

Di samping membangun belasan ribu BTS 4G di seluruh pita frekuensi, Telkomsel sambut Ramadan dengan menambah kapasitas jaringan pada 579 BTS 4G, mengoperasikan 73 mobile BTS, menambah kapasitas gateway internet 66% dari kapasitas existing menjadi 3.288 Gbps, menambah kapasitas sistem IT untuk layanan, dan menambah kapasitas layanan isi ulang pulsa. Jalan tol yang merupakan jalur utama yang selalu padat saat mudik juga menjadi fokus pengamanan jaringan Telkomsel. 16 ruas tol utama di Sumatra dan Jawa, termasuk 12 ruas tol baru, sudah dilayani 2.226 BTS, termasuk 666 BTS 4G.

Uji JaringanTelkomsel Sambut Ramadan

Untuk memastikan kualitas jaringan menjelang Ramadan, Telkomsel telah menggelar drive test rutin di berbagai titik dengan kepadatan trafik komunikasi tertinggi dengan total jarak tempuh lebih dari 10.000 kilometer.

Secara umum drive test yang dilakukan memberikan hasil yang baik, di mana angka rata-rata ingkat kesuksesan akses jaringan (Call Setup Success Rate/CSSR) mencapai 99,30%, tingkat kontinuitas panggilan (Call Completion Success Rate/CCSR) 99,38%, lamanya waktu pembangunan panggilan (Call Setup Time/CST) 6,42 detik, kualitas suara (Mean Opinion Score/MOS) 94,19%,dan kecepatan akses data (Data Throughput) 8.779 kbps.

Sementara itu dari sisi produk dan layanan, Telkomsel sambut Ramadan dengan menjaga ketersediaan kartu perdana dan layanan isi ulang pulsa sesuai dengan kebutuhan pelanggan yang biasanya meningkat pada periode RAFI.  Operator ini juga menggelar posko layanan di 772 titik strategis di jalur mudik dan lokasi wisata utama (point of interest), yang meliputi Bandar Udara, Terminal Bus, Stasiun Kereta, Dermaga, Rumah Sakit, Area Padat Populasi, Pasar Tradisional, dan Mal.

Di samping itu, Telkomsel pun mengadakan berbagai program spesial bagi pelanggan berupa penukaran Telkomsel POIN dan aktivasi layanan berhadiah spesial, pameran penjualan paket bundling Ramadan Fair di 13 kota, serta program mudik bareng. Pelanggan juga dapat menikmati beragam layanan spesial RAFI berupa paket layanan data, suara, dan SMS; layanan digital lifestyle; TCASH; digital advertising; serta mobile banking.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan Balasan

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

%d blogger menyukai ini: