Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Dicari: Startup yang Memberi Dampak Sosial untuk Indonesia

The NextDev 2018 mencari startup dengan social impact yang positif bagi kehidupan sosial ekonomi masyarakat di bidang pendidikan, pemerintahan, lingkungan, kesehatan, transportasi, pariwisata, energi, agrikultur, dan perdagangan.

Dalam beberapa tahun terakhir ini, pertumbuhan perusahaan rintisan (startup) di Indonesia sangat pesat dibandingkan negara tetangga di kawasan Asia Tenggara. Data riset dari Startup Ranking pada Februari 2018 melaporkan ada 1.705 startup di Indonesia yang membuatnya menempati urutan keempat jumlah startup terbanyak di dunia. Kompetisi startup pun bermunculan, salah satunya adalah The NextDev 2018 yang diselenggarakan oleh Telkomsel.

The NextDev adalah sebuah ajang pencarian dan pengembangan startup teknologi di Indonesia yang saat ini sudah memasuki tahun keempat. Berbeda dengan kompetisi lainnya, The NextDev 2018 disebut mengusung misi social impact. Hal ini karena menurut Ririek Adriansyah, Direktur Utama Telkomsel, sebuah karya dapat bernilai tinggi apabila mampu menghadirkan solusi yang bermanfaat bagi masyarakat.

Ia menambahkan, kesuksesan startup tidak hanya dinilai dari besarnya penghasilan ataupun valuasi, tetapi juga harus dinilai dari tujuan dan manfaatnya dalam hal sosial ekonomi masyarakat maupun lingkungan. “Melalui The NextDev, kami mendorong sekaligus memperkuat para kreator aplikasi yang berpartisipasi agar mampu melahirkan inisiatif dan terobosan yang memberikan dampak sosial yang positif bagi kemajuan Indonesia,” kata Ririek dalam kick-off The NextDev 2018 di Empirica, Jakarta (16/4/2018).

Ririek juga menilai jika Indonesia memiliki kemiripan dengan Tiongkok dalam hal potensi melahirkan startup. Penyebabnya adalah faktor populasi dan besarnya pengguna internet di Tanah Air. Hal ini pula yang mendasari anak perusahaan Telkom dan Singtel ini terus mendorong industri kreatif agar dapat menghadirkan manfaat maksimal bagi Indonesia. Terlebih jika sampai bisa melakukan ekspansi ke pasar dunia.

[bs-quote quote=”Melalui The NextDev, kami mendorong sekaligus memperkuat para kreator aplikasi yang berpartisipasi agar mampu melahirkan inisiatif dan terobosan yang memberikan dampak sosial yang positif bagi kemajuan Indonesia.” style=”style-10″ align=”center” author_name=”Ririek Adriansyah” author_job=”Direktur Utama Telkomsel” author_avatar=”https://gizmologi.id/wp-content/uploads/2018/04/Ririek-Adriansyah-60.jpg”][/bs-quote]

 

Sementara itu Adita Irawati, Vice President Corporate Communications Telkomsel menjelaskan bahwa ada dua program yang dijalankan yaitu The NextDev Talent Scouting dan The NextDev Academy 2018.

The NextDev Talent Scouting merupakan ajang pencarian startup pengembang aplikasi digital yang saat ini telah berlangsung untuk keempat kalinya. Program ini mewadahi potensi dan mendorong kontribusi positif generasi muda yang memanfaatkan teknologi secara tepat guna untuk berkreasi menghasilkan aplikasi digital yang mampu mengatasi masalah di masyarakat.

Related Posts
1 daripada 24

Dijelaskan lebih lanjut, dalam program The NextDev 2018 untuk talent scouting ini, persyaratan utama aplikasi yang didaftarkan adalah harus mampu menghadirkan dampak sosial positif yang dapat membantu kehidupan masyarakat Indonesia. Beberapa contoh kategori sebagai dasar pengembangan solusi, yang merefleksikan berbagai bidang yang menyentuh aspek kehidupan masyarakat secara langsung, di antaranya pendidikan, pemerintahan, lingkungan, kesehatan, transportasi, pariwisata, energi, agrikultur, dan perdagangan.

Para peserta – yang berusia 18 hingga 30 tahun dan bisa mendaftar sebagai tim maksimal 3 orang atau individu – akan mempresentasikan ide-ide brilian mereka dalam pitching day yang berlangsung pada periode April hingga Oktober 2018 di tujuh kota, yakni Surabaya, Semarang, Denpasar, Batam, Samarinda, Yogyakarta, dan Jakarta. Para juri yang merupakan para praktisi handal di bidangnya akan menentukan startup terbaik dari setiap kota yang akan berkompetisi pada Final Pitching Day di Jakarta pada bulan Oktober 2018.

Kemudian, 20 startup terpilih berkesempatan mengikuti program pengembangan bisnis The NextDev Academy di tahun berikutnya dan juga memperoleh hadiah dan fasilitas pengembangan startup. Di antaranya adalah Seed Fund untuk startup terbaik, akses ke angel investor & Venture Capital, mentoring  training dari pakar dan praktisi startup, marketing berupa peluang kerjasama strategis dengan Telkomsel dan akses pelanggan, akses ke media, serta kesempatan mengunjungi Silicon Valley untuk bertemu perusahaan digital terkemuka di Amerika Serikat.
Baca juga5 Kriteria yang Membuat Startup Lolos di Ajang Final The NextDev

Sementara itu program kedua The NextDev 2018 yaitu NextDev Academy digelar untuk meningkatkan skalabilitas social technopreneurs melalui pengembangan diri dan peningkatan kemampuan yang meliputi berbagai bidang bahasan. Peserta akademi adalah 20 finalis The NextDev 2017 yang berlangsung April hingga Oktober 2018.

Di ajang ini, peserta akan memperoleh insight yang tepat dan bermanfaat agar mampu mengembangkan aplikasinya secara lebih efektif. Mereka akan belajar beberapa hal seperti business strategy, design sprint, branding, product development, investment, serta digital marketing.  

 

 

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan Balasan

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

%d blogger menyukai ini: