Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Warga Timor Leste Menikmati Layanan 4G LTE dari Telkomcel dan Ericsson

Bekas provinsi ke-27 saat masih menjadi bagian dari Negara Kesaturan Republik Indonesia (NKRI) ini sekarang mulai beranjak maju. Warga di Timor Leste kini bisa menikmati layanan internet cepat generasi keempat (4G LTE) setelah Telkomcel mengumumkan peluncurannya di negara tersebut.

Telkomcel adalah layanan telekomunikasi seluler di Timor Leste yang dimiliki oleh Telkom Indonesia melalui TELIN. Tak heran jika namanya agak mirip dengan anak perusahaannya yang di Indonesia, Telkomsel. 

Telkomcel telah memenuhi permintaan komunikasi dari sebanyak lebih dari 450 ribu pelanggan dari 1,2 juta total populasi di Timor Leste sejak didirikan pada tahun 2012. Operator tersebut saat ini memiliki pangsa pasar yang signifikan untuk layanan selular di Timor Leste. Untuk menggelar layanan 4G LTE tersebut, mereka bekerjasama dengan vendor jaringan Ericsson.

Menurut Dedi Suherman, CEO Telkomcel Timor Leste, investasi dan modernisasi jaringan yang tengah berlangsung ini adalah salah satu bentuk dedikasi perusahaan dalam memastikan keberlanjutan operasi ke depannya demi kepentingan seluruh stakeholder.

“Hal ini mencerminkan komitmen kami dalam menyediakan kualitas layanan terbaik bagi komunitasmobile pita lebar di Timor Leste melalui penyediaan infrastruktur dan teknologi canggih untuk menjamin pengalaman mobile yang luar biasa untuk pelanggan kami,” kata Dedi dalam siaran pers yang kami terima.

Green BTS Telkomcel di Timor Leste yang bertenaga surya (Foto: Telkomcel.tl)
Related Posts
1 daripada 261

Uji coba langsung jaringan 4G LTE telah berhasil dilaksanakan pada awal bulan ini dan layanan 4G telah diluncurkan pekan ini sebagai bagian dari peringatan 5 tahun operasi Telkomcel di Timor Leste. Bagi Telkomcel, ini merupakan tonggak sejarah yang penting.

Telkomcel menjadi operator yang pertama kali mengimplementasikan 4G LTE dengan virtual Evolved Packet Core (vEPC) dan perangkat lunak Ericsson Radio System, LTE RAN 17A. Peluncuran Ericsson LTE RAN 17A membawa banyak perbaikan yang akan meningkatkan kecepatan jaringan, kapasitas, dan kinerja jaringan secara keseluruhan sehingga akan meningkatkan pengalaman mobile pita lebar bagi pelanggan.

Sementara itu Jerry Soper, Presiden Ericsson Indonesia dan Timor Leste mengatakan lerjasama ini mewakili sebuah pencapaian yang signifikan dan memperkuat kemitraan dengan Telkomcel. “Timor Leste adalah pasar yang penting bagi perkembangan dan inovasi jaringan mobile karena para penggunanya sangat antusias dalam mengadopsi teknologi baru,” ujar Jerry.

Dijelaskan lebih lanjut, Ericsson, sebagai mitra jangka panjang Telkomcel telah melakukan modernisasi infrastruktur yang tersedia menggunakan solusi Ericsson NFV infrastructure (NFVi) melalui software-defined infrastructure dengan HDS 8000 dan solusi perangkat lunak Ericsson Radio System LTE RAN 17A. Ericsson vEPC dan LTE RAN 17A software mendukung environment dan solusi berkapasitas tinggi sehingga operator mampu mengembangkan penggunaan baru dari Internet of Things (IoT) misalnya.

Dengan hadirnya layanan berlangganan 4G ini, masyarakat Timor Leste bisa menikmati lebih banyak fitur smartphone yang telah memengaruhi gaya hidup dan bisnis masyarakat secara signifikan. Apakah kamu ada rencana untuk berkunjung ke Timor Leste? Tentu komunikasinya bakal lebih lancar dengan teknologi yang lebih kekinian tersebut.

This post is also available in: enEnglish (English)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.