Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Trafik Layanan Data XL di Sulawesi Tenggara Meningkat 134%

Semua operator seluler saat ini terus melakukan perluasan jaringan 4G LTE di berbagai daerah, tak terkecuali dengan XL Axiata. Di Provinsi Sulawesi Tenggara, jaringan 4G LTE XL Axiata telah masuk ke 5 kota/kabupaten dan mampu mendorong kenaikan trafik layanan data secara signifikan di daerah tersebut.

Berdasarkan informasi yang kami terima, tercatat kenaikan trafik data mencapai 134% dalam kurun waktu setahun terakhir, termasuk 3 bulan sejak layanan 4G LTE masuk Sulawesi Tenggara. Layanan 4G LTE XL Axiata ini telah hadir di Kota Kendari, Kota Bau-Bau, Kabupaten Kolaka, Kabupaten Konawe, dan Kabupaten Muna. Total pelanggan XL Axiata di Sultra lebih dari 379 ribu, sekitar 100 ribu pelanggan di antaranya telah aktif memanfaatkan layanan 4G LTE.

Untuk memperkuat layanan 4G LTE ini, XL Axiata terus membangun infrastruktur di Sultra. Jumlah BTS 4G pun terus bertambah, kini mencapai 40 unit di kelima kota/kabupaten yang sudah terjangkau tersebut. Jumlah BTS 4G terbanyak ada di Kota Kendari yang merupakan Ibukota provinsi dan pusat perekonomian. 

Penambahan BTS 4G ini masih akan terus berlanjut sesuai dengan peningkatan kebutuhan pelanggan. Sementara itu, perluasan ke kota/kabupaten lainnya di Sulawesi Tenggara juga terus diupayakan. Untuk kota/kabupaten lainnya yang belum terjangkau 4G LTE, pelanggan bisa memanfaatkan layanan 3G dengan kualitas yang telah ditingkatkan. Total ada sekitar 300 unit BTS 3G di seluruh kota/kabupaten di Sulawesi Tenggara.

Related Posts
1 daripada 15

Secara umum, di seluruh wilayah Sulawesi permintaan layanan Data pada pelanggan telekomunikasi juga cukup tinggi. Di Semester 1 2017, dari total pelanggan XL Axiata di seluruh Sulawesi sekitar 2,7 juta, tingkat penetrasi smartphone data (3G dan 4G) mencapai 68%. Khusus untuk pengguna smartphone 4G, jumlahnya lebih dari 1 juta pelanggan. Sementara itu, trafik layanan data di seluruh Sulawesi meningkat hingga 269% dalam setahun terakhir, dan untuk trafik 4G LTE bahkan sampai 509%.

Pertumbuhan trafik layanan Data di seluruh Sulawesi tersebut mendorong XL Axiata untuk terus membangun infrastruktur layanan data, termasuk 4G LTE, di berbagai provinsi. Layanan 4G LTE sudah masuk dan melayani masyarakat di 37 kota/kabupaten lain di semua provinsi di Sulawesi. Kota-kota tersebut antara lain Makassar, Manado, Palu, Parepare, Gorontalo, dan Kotamobagu. Total BTS 4G di seluruh Sulawesi yang sudah beroperasi saat ini ada sekitar 500 unit, dan akan terus ditambah hingga mencapai lebih dari 560 unit sampai akhir tahun 2017. Sementara itu, untuk layanan 3G, sudah menjangkau semua provinsi dan sebagian besar kota/kabupaten di seluruh Sulawesi, dengan jumlah total BTS 3G mencapai lebih dari 1.700 unit, dan ditargetkan lebih dari 1.900 unit hingga akhir tahun.

Hingga akhir Agustus 2017, secara nasional sebanyak 338 kota/kabupaten telah terjangkau layanan internet cepat 4G LTE, termasuk di antaranya ratusan kota/kabupaten di Jawa, Bali, Lombok, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi. Jumlah pelanggan layanan Data secara umum juga terus meningkat, saat ini mencapai sekitar 70% dari total pelanggan. Hingga akhir Juni 2017, jumlah pelanggan yang menggunakan smartphone juga terus meningkat dan menjadi sekitar 67% dari total pelanggan. Sementara itu, pelanggan layanan XL 4G LTE juga terus tumbuh dan telah mencapai sekitar 20 juta dari total pelanggan. Layanan XL Axiata saat ini didukung oleh total lebih dari 93 ribu BTS, termasuk lebih dari 42 ribu BTS 3G dan lebih dari 14 ribu BTS 4G.

This post is also available in: enEnglish (English)