Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Transaksi E-Commerce Saat Piala Dunia 2018 Meningkat 27%

Piala dunia baru saja usai digelar dengan kemenangan diraih Perancis. Bukan hanya sekadar ajang sepak bola antar negara, transaksi bisnis saat Piala Dunia pun mengalami peningkatan. Piala Dunia  dimanfaatkan sebagai ajang bisnis bagi para e-commerce di Indonesia.

Dari informasi yang kami terima dari Shopback, dalam kurun waktu 6 hari penyelengaraan piala dunia, terjadi peningkatan sekitar 20-80% pada traffic kunjungan dan pageviews di keenam e-commerce terbesar di Indonesia. Peningkatan transaksi bisnis saat Piala Dunia dialami oleh sejumlah pelaku E-commerce seperti Lazada, Tokopedia, Shopee, Blibli, Bukalapak dan JD.ID.

Nilai transaksi bisnis saat Piala Dunia 2018 yang digelar dari tanggal 15 Juni hingga 15 Juli 2018 mengalami peningkatan hingga 27%. Hal ini terlihat dari histori transaksi yang terjadi di Shopback Indonesia. Saat ini, Shopback diketahui memiliki lebih dari 100 mitra e-commerce di Indonesia serta lebih dari 2 (dua) juta pengguna melakukan transaksi di aplikasi tersebut.
Baca jugaSelama Piala Dunia 2018, Aplikasi MAXstream Diunduh 4 Juta Kali

Related Posts
1 daripada 23

Indra Yonathan, Country Head of Shopback Indonesia berkata ,”Ada dua faktor yang menjadi pemicu dari peningkatan ini, yakni daya beli masyarakat semakin meningkat, serta momen piala dunia yang dimanfaatkan pelaku e-commerce untuk merangkul lebih banyak pengguna dengan beragam promo.”

Di tahun-tahun sebelumnya, setelah momen Ramadhan usai, transaksi e-commerce cenderung mengalami penurunan yang cukup signifikan. Hal ini disebabkan oleh daya beli konsumen yang menurun , disesuaikan dengan pola konsumsinya setelah liburan panjang.

Selama piala dunia, kategori produk yang mengalami peningkatan cukup signifikan ialah Fashion, Pulsa, Travel, Mobile/Gadget serta Makanan.

Dan menariknya, makanan dan pulsa merupakan dua produk yang mengalami peningkatan paling tidak biasa untuk di bulan Juli tahun ini. “Kenaikan ini bisa saja terjadi karena pengaruh Piala Dunia, dimana masyarakat membutuhkan pulsa atau paket data untuk melakukan streaming negara favorit mereka atau berinteraksi di sosial media untuk menyemarakan Euforia Piala Dunia.”

Untuk produk Fashion, baju jersey ialah produk yang paling banyak dicari. Berdasarkan data dari Alexa.com, sebesar 19,31% share of keyword “jersey bola” ada di Tokopedia. Kata-kata tersebut juga muncul di berbagai platform Marketplace lainnya. Seperti Lazada (13,05%), Bukalapak (12,9%), JD.ID (7,53%), dan Blibli.com (5,43%).

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More