Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Imlek Bawa Hoki, Transaksi e-Commerce Melonjak 70%

Tren belanja online akan terus meningkat tahun ini

Tren belanja online masih digemari masyarakat modern yang membutuhkan kepraktisan. Pada perayaan tahun baru imlek 2019 pun terjadi pertumbuhan transaksi e-commerce sampai 70% jika dibandingkan rata-rata transaksi harian. Angka tersebut dicatat oleh platform aggregator e-commerce, ShopBack pada periode perayaan Imlek.

Jika dibandingkan dengan periode perayaan imlek tahun lalu, angka tersebut naik 10-15% yang hanya sekitar 55-60%. Faktor pertumbuhan volume transaksi belanja online di e-commerce ini mencakup pola konsumsi masyarakat Indonesia yang mulai merambah dunia digital.

“Tak hanya volume pemesanan yang meningkat tahun ini, rata-rata belanja masyarakat Indonesia saat imlek tahun ini pun turut meningkat. Berdasarkan data ShopBack, rata-rata belanja di platform e-commerce tahun ini sekitar Rp746 ribu. Angka tersebut naik 50% dari tahun sebelumnya yang hanya sekitar Rp480 ribu,” ucap Indra Yonathan, Country Head of ShopBack Indonesia.

Yonathan juga mengungkapkan bahwa kenaikan volume belanja tersebut berkaitan dengan berbagai penawaran menarik yang disediakan oleh platform e-commerce. Penawaran tersebut mencakup promosi diskon dan cashback menjelang perayaan tahun baru China ini.

Selain penawaran menarik di masa imlek, beberapa e-commerce juga menyediakan promosi di masa gajian dan tanggal cantik. Biasanya promosi tanggal cantik ini dilakukan di seputar tanggal angka kembar, seperti 2.2 atau 12.2. Kemungkinan promosi belanja di tanggal cantik akan semakin marak dilakukan pada tahun 2019.
Baca juga: Tren Belanja Online Kian Meningkat, Samsung Luncurkan Layanan E-Commerce

Related Posts
1 daripada 18

Survei Transaksi E-Commerce ShopBack pada Imlek

ilustrasi ecommerce (Foto: ist)

Pada dua minggu sebelum perayaan imlek, sudah terlihat peningkatak volume pemesanan di ShopBack. Angka tersebut terus naik dan mencapai puncaknya pada satu minggu sebelum perayaan tahun baru China. Data tersebut tak jauh berbeda dengan hasil survey ShopBack tahun lalu pada lebih dari 1.100 responden di lima kota di Indonesia.

Sekitar 16,4% responden mengatakan telah membeli perlengkapan imlek satu bulan sebelum perayaan tersebut berlangsung. Sementara 24% responden mengaku membeli perlengkapan tersebut dua minggu sebelumnya. Persentase terbesar diraih oleh pembelian perlengkapan imlek satu minggu menjelang perayaan imlek, yaitu seumlah 40,1%.

Berdasarkan data ShopBack, lima produk teratas yang mengisi volume transaksi selama promo imlek berlangsung adalah kategori marketplace, pulsa, travel, fesyen dan makanan. Sementara itu lima marketplace favourit pilihan masyarakat selama imlek tahun ini adalah Shopee, Tokopedia, JD.ID, Bli-bli dan Bukalapak. ShopBack sendiri menjadi aggregator dari lebih 200 e-commerce di Indonesia. Platform aggregator tersebut terus mendorong masyarakat untuk belanja online dengan hemat dan cermat.