Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Garap Transformasi Digital UMKM, OneConnect Gandeng ASPARINDO

Transformasi digital yang selama ini menjadi “jualan” vendor IT ke perusahaan besar (enterprise) kini menyasar juga ke ranah usaha kecil dan menengah (UMKM). Setidaknya, itu yang dilakukan oleh PT. One Connect Financial Technology Indonesia (OneConnect) bekerjasama dengan Asosiasi Pasar Indonesia (ASPARINDO). Keduanya berkolaborasi  untuk mempercepat transformasi digital UMKM dan industri keuangan Indonesia.

Kerja sama tersebut ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman untuk mengedukasi para pedagang dan pemilik kios. Sebagai informasi, OneConnect adalah anak perusahaan teknologi finansial (fintech) Grup Ping An yang berasal dari Tiongkok. Di Tiongkok, OneConnect merangkul nasabah dan meningkatkan akses finansial kepada masyarakat yang tergolong underbanked dan unbanked melalui lingkungan mobile-first.

“Kami berharap bisa bekerja sama dengan bank dan institusi finansial local untuk meniru kesuksesan kami di sana dengan solusi yang sesuai dengan tantangan di Indonesia,” ujar Tan Bin Ru, CEO OneConnect Financial Technology.

ASPARINDO menyambut baik kerja sama tersebut. Harapannya hal finansial yang selama ini dilakukan secara tradisional dapat ditransformasi memanfaatkan teknologi yang efisien, kuat dan hemat biaya.
Baca juga: Indosat Ooredoo Business Jualan Solusi Transformasi Digital

Transformasi Digital UMKM OneConnect

Tan Bin Ru, CEO OneConnect Financial Technology

Tan Bin Ru, CEO OneConnect Financial TechnologyPada kerja sama tersebut, OneConnect akan menyelenggarakan pelatihan bagi para pedagang dan melakukan kunjungan ke pasar-pasar. Kegiatan tersebut diharapkan dapat membantu para pedagang dan kios melakukan transformasi digital.

“Kami berharap bisa memanfaatkan teknologi OneConnect agar dapat memberikan akses finansial digital yang lebih luas kepada pedagang di pasar. Dengan demikian mereka dapat lebih aktif berpartisipasi dalam ekosistem teknologi finansial,” ucap Y Joko Setiyanto, Ketua Umum ASPARINDO.

Related Posts
1 daripada 2

Teknologi yang ditawarkan OneConnect terbukti dan teruji di bidang kecerdasan buatan (AI), Blockchain, Biometrics Identification, solusi Cloud dan lain-lain. Berbagai teknologi tersebut dapat digunakan untuk mendukung bank dan institusi finansial di Indonesia melalui layanan end-to-end.

“Layanan end-to-end OneConnect bisa meningkatkan efisiensi, kemampuan mengendalikan risiko dan mengurangi biaya. Ini berarti institusi finansial local bisa mengembangkan layanan dan penawaran mereka. Dengan demikian OneConnect bisa menyediakan akses finansial kepada lebih banyak masyarakat Indonesia,” ucap Hendra Tan, Direktur Utama PT. OneConnect Financial Technology Indonesia.

Teknologi andal yang diusung OneConnect mencakup Autentikasi Biometrik dalam bentuk pengenalan wajah yang mempunyai keakuratan 99,8%. Di Indonesia teknologi ini bisa dipakai untuk melakukan verifikasi identitas nasabah institusi finansial secara akurat dan aman. Tersedia juga rangkaian solusi teknologi Biometrik berupa Liveness Detection, Micro expression, Voiceprint dan masih banyak lagi.

Solusi Biometrik OneConnect
Solusi Biometrik OneConnect

Implementasi Teknologi OneConnect

Di Tiongkok, OneConnect merupakan salah satu perusahaan pertama yang mengembangkan dan mengimplementasikan teknologi Blockchain. OneConnect juga menyediakan teknologi untuk platform Hong Kong eTradeConnect yang merupakan platform keuangan niaga berbasis Blockchain. Tujuan platform tersebut adalah meningkatkan efisiensi perdagangan, membangun kepercayaan anggota dan mengurangi risiko dengan memanfaatkan teknologi Blockchain. Otoritas keuangan dan berbagai bank di Hong Kong pun mendukung platform tersebut.

Beberapa perusahaan besar di Tiongkok juga telah memakai sistem keuangan untuk supply chain yang diluncurkan oleh OneConnect. Dengan demikian memudahkan dan mempercepat pemasok hulu untuk mendapatkan pendanaan.

Berbagai keahlian OneConnect tersebut siap mendukung berbagai bank dan institusi finansial di Indonesia untuk meningkatkan kemampuan teknologi. Dengan demikian bank dan institusi finansial di Indonesia bisa menyediakan lebih banyak akses layanan finansial kepada masyarakat Indonesia.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More