Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Ini Total Sedekah Pelanggan Tri yang Dikumpulkan Selama Ramadan

Kamukah salah satu yang ikutan sedekah?

Masih ingat dengan program Double Berkah Ramadan yang digelar Tri selama bulan Ramadan lalu? Nah, dalam program ini ada program donasi yang hadirkan. Kira-kira terkumpul berapa rupiah ya?

Berdasarkan keterangan resmi yang diterima Gizmologi, Rabu (8/7/2019), program sedekah dalam Double Berkah Ramadan tersebut telah terhasil mengumpulkan donasi sebanyak Rp 2.274.268.200. Sesuai janjinya, sedekah dari para pelanggan Tri ini disalurkan ke badan amal dan zakat Dompet Dhuafa, Rumah Zakat, dan Laz Albuyan untuk mendukung pemberdayaan dan pendidikan siswa marjinal dan yatim.

“Kami bersyukur dan berterima kasih kepada para pelanggan muda kami yang telah mempercayakan Tri Indonesia menjadi saluran berkah bagi anak-anak marjinal yang selama ini terkendala untuk meraih pendidikan sesuai yang mereka inginkan. Kami yakin semakin besar kesatuan dan semangat kepedulian sosial dibangun, maka akan semakin banyak pula membawa hal baik bagi bangsa ini,” ujar Dolly Susanto, Chief Commercial Officer Tri Indonesia.

Dengan adanya sedekah tersebut, akan ada sebanyak 2.000 siswa marjinal yang tersebar di Pekanbaru, Palembang, Serang, Pandeglang, Cirebon, Bandung, Sukabumi, Tasikmalaya, Bogor, Sragen, Batang, dan Magelang mendapatkan bantuan. Adapun bantuan tersbeut berupa pembangunan laboratorium komputer, pojok literasi, renovasi ruang belajar, paket sekolah, dan pembangunan sekolah alam di sekolah tingkat SD hingga SMA yang memberikan fasilitas gratis dan beasiswa bagi siswa marjinal dan yatim.

Di antara siswa yang mendapatkan sedekah, di antaranya Syehan siswa dari SMA Ekselensia Parung. Dia diketahui memiliki IQ di atas rata-rata dan tinggal di pelosok, serta memiliki kemampuan finansial yang sangat rendah. SMA ini sendiri merupakan sekolah binaan Dompet Dhuafa, di mana seluruh siswa bisa mendapatkan literasi berbasis digital untuk membantuk kegiatan belajarnya di Pojok Literasi yang dibangun dari sedekah.

Related Posts
1 daripada 12

“Tidak hanya para siswa, ratusan relawan penggiat literasi Indonesia binaan Dompet Dhuafa akan memanfaatkan Pojok Literasi untuk pelatihan dan diterapkan di seluruh pelosok nusantara,” ujar Yuli Pujihardi, Direktur Mobilitasi ZIS Dompet Dhuafa.

Bukan itu saja, para siswa di SD Juara Bandung, SMP Juara Pekanbaru, SD IT Yaay Daar El Marif Pandeglang, dan SDIT Zaid bin Tsabit Magelang yang merupakan sekolah binaan Rumah Zakat juga bisa dengan mudah melakukan praktek komputer dan internet. Hal ini bisa terwujud karena laboratorium komputer di sekolah tersebut telah terbangun.

Sementara itu, Laz Al Bunyan memanfaatkan bantuan sedekah dari pelanggan Tri dengan memberikan beasiswa untuk 250 siswa dan 1.000 paket sekolah bagi anak-anak marjinal dan yatim. Pasalnya memasuki tahun ajaran baru, tidak semua anak dengan mudah memiliki peralatan pendukung sekolah.

Lalu dari mana sedekah itu dikumpulkan? Tak lain dari fitur digital Kikipu (Kirim-kirim Pulsa) dan KiKiDa (Kirim-Kirim Paket Data) yang diakses melalui layanan digital Bima+.  Di sini pengguna bisa memanfaatkan fitur yang ada untuk berjualan pulsa atau paket data yang bisa dikirimkan ke teman atau keluarga dan akan mendapatkan keuntungan dari penjualan tersebut.

Dengan mengirimkan paket data, pengguna secara otomatis memberikan sedekah sebesar 10% dari harga paket tersebut. Jika mengirimkan paket pulsa, pengguna berarti telah melakukan sedekah sebesar Rp 100 dari biaya transfer sebesar Rp 500. Dengan begitu, pengguna bukan cuma bisa mendapatkan “uang jajan” tambahan, tetapi juga sekaligus melakukan sedekah.