Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Flashback: 10 Tahun yang Lalu iPhone Diperkenalkan Steve Jobs

Tidak dapat dipungkiri, iPhone merupakan brand smartphone terpopuler peninggalan Steve Jobs yang tak tergantikan dengan smartphone Android tercanggih sekalipun. Tak terasa, smartphone besutan Apple ini telah hadir satu dekade di pasar smartphone.

Ya, tepatnya 10 tahun yang lalu, Steve Jobs memperkenalkan iPhone di acara Mac World yang digelar di San Fransisco dan menjadi momen paling ikonik sepanjang sejarah Apple. Saat itu, Steve menggambarkan iPhone sebagai iPod dengan layar besar, ponsel revolusioner, dan perangkat berbasis internet yang inovatif.

Tak lama setelah diluncurkan, Apple mulai menjual iPhone perdana 6 bulan kemudian dan setelah satu dekade sejak peluncuran tersebut telah terjual lebih dari 1 miliar unit di seluruh dunia. Penjualan iPhone juga terus meningkat hingga 2016, tahun di mana smartphone ini untuk pertama kalinya mengalami penurunan penjualan. Meskipun begitu, smartphone ini tetap dianggap sebagai produk Apple yang paling sukses karena berhasil memberikan revenue sebesar 60% dari keseluruhan produk yang ada.

“iPhone adalah bagian terpenting dari kehidupan pelanggan kami dan hari ini lebih dari sebelumnya, kami telah mendefinisikan ulang cara berkomunikasi, menghibur, bekerja, dan hidup yang lebih baik. iPhone telah menetapkan standar untuk mobile computing di dekade pertama dan kamu baru saja memulainya, sementara

“iPhone adalah bagian penting dari kehidupan pelanggan kami, dan hari ini lebih dari sebelumnya itu adalah mendefinisikan ulang cara kita berkomunikasi, menghibur, bekerja dan hidup,” kata Tim Cook, CEO Apple. “iPhone menetapkan standar untuk mobile computing di dekade pertama dan belum ada yang sebaik ini,” ujar Tim Cook, CEO Apple, seperti dikutip MacRumors, Senin (9/1/2017).

Sejak itu, Apple berhasil membalik kondisi industri smartphone yang sebelumnya dikuasai Nokia dan BlackBerry, dua perusahaan yang justru tergilas dari pasar smartphone saat ini. iPhone dihadirkan Steve Jobs sebagai jawaban atas smartphone yang “tidak terlalu pintar” dan “tidak mudah digunakan”, serta mengubah keyboard fisik pada smartphone dengan layar multi-touch yang responsif.

Related Posts
1 daripada 29
iPhone
Penampakan iPhone dari masa ke masa.

“Ini adalah hal yang sangat mengagumkan, dari generasi pertama hingga iPhone 7 Plus, smartphone ini tetap menjadi standar tinggi yang disegani smartphone lain. Bagi sebagian dari kita, iPhone telah menjadi perangkat penting dalam kehidupan,” ujar Phillip Schiller, Senior VP Marketing Apple.

Tahun 2017 ini, iPhone dikabarkan telah menyiapkan model terbaru yang layarnya tidak memiliki tepi alias bezel-less tanpa home button. Selain itu, iPhone terbaru juga akan membawa fitur terbaru seperti wireless charging, facial atau iris recognition, dan lensa kamera ganda vertikal untuk fotografi tiga dimensi (3D).

Dengan teknologi dan inovasi yang terbilang cutting-edge, semahal apapun iPhone, tampaknya memang tidak mampu membendung orang-orang untuk memilikinya. Bahkan hingga detik ini tetap menjadi smartphone yang terbaik, terlepas dari penilaian miring yang menganggapnya kurang canggih untuk masa kini.

Happy birthday, iPhone!

This post is also available in: enEnglish (English)