Gizmologi
The Bilingual Tech Media

Gokil! Power Bank Berkapasitas Super Besar ini Sanggup Mengisi Baterai Laptop & Drone

Perkembangan teknologi yang mengakibatkan kompetisi seringkali memunculkan sesuatu yang di luar dugaan. Salah satu contohnya adalah line up power bank terbaru dari Vivan ini yang bikin geleng-geleng kepala. Bagaimana tidak, Vivan Power Elite dan Vivan Big Bank ini mampu mengisi daya tidak hanya pada smartphone tetapi juga laptop, bahkan drone!

Kapasitas super besar menjadi nilai jual yang paling ditonjolkan di kedua power bank ini. Vivan Power Elite dan Vivan Big Bank masing-masing berkapasitas 20.800 mAh dan 62.400 mAh. Menurut Pahruli Almustofa, Head of Digital Strategist Vivan, dengan kapasitas siap menemai keseharian pengguna dalam menjalani berbagai aktivitas baik indoor maupun outdoor.

“Produk terbaru kami Vivan Power Elite dan Vivan Big Bank adalah powerbank pertama di Indonesia yang mampu mengisi daya laptop. Selain itu bisa digunakan untuk menyalakan TV LED, lampu belajar, drill, printer, solder, hingga refrigator portable. Ini merupakan inovasi kami dalam memenuhi kebutuhan para pengguna yang memiliki tingkat mobillitas sangat tinggi, termasuk adventurer, dan kebutuhan darurat di dalam rumah tangga,” ujar Pahruli saat ditemui pada acara media & blogger meetup Pricebook di Mayhaps Cafe, Jakarta selatan (1/2/2018). Pricebook adalah situs perbandingan harga satu-satunya di Indonesia yang berfokus pada kategori gadget dan elektronik.

Pahruli Almustofa, Head of Digital Strategist Vivan

Produk pertama, Vivan Power Elite MF20 memiliki dimensi 6,3 x 2,57 x 2,6 inch yang mudah dibawa kemanapun. Sebenarnya, jika dibandingkan dengan kebanyakan power bank yang beredar di pasaran, ukurannya tergolong besar seperti botol minum berbentuk kotak mungil. Namun masih cukup portable untuk dibawa bepergian.

Aksesori gawai ini memiliki 1 Input Type C 5V/3A dan 3 Output dengan fitur QuickCharge 3.0 untuk pengisian cepat serta sebuah Output 220V/85W (AC). Keberadaan tiga output ini memungkinkan untuk mengisi daya tiga perangkat secara bersamaan.

Nah, ketersediaan output 220V/85W inilah yang membedakan dengan power bank pada umumnya. Karena dengan colokan listrik ini, dapat digunakan untuk menyalakan perlengkapan rumah tangga dengan maksimal arus 220V/85W seperti kipas angin, lampu belajar, lampu LED, Speaker Portable, Coffee Maker, hingga baterai Drone.

Cara penggunaan Vivan Power Elite MF20 terbilang mudah, seperti power bank pada umumnya yang hanya “plug and use”. Sedangkan untuk pengisian baterai notebook atau lainnya yang membutuhkan output 220V/85W, kamu cukup tekan tombol power, kemudian sambungkan kabel ke powerbank.

Sedangkan produk yang kedua, Vivan Big Bank BB64 adalah line up dengan kapasitas terbesar saat ini, yaitu 62,400 mAh dengan tipe baterai Lithium-Ion. Untuk menampung sel baterai dengan kapasitas sebesar itu, dibutuhkan pula tempat yang besar. Sehingga berpengaruh pada ukuran body yang cukup besar, kotak seperti balok dengan dimensi 210 x 161 x 48,5 mm. Sementara itu bobotnya 1,88 kg yang seperti laptop.

vivan power elite dan vivan big bank 2
vivan power elite dan vivan big bank

Dengan body yang besar dan bobot yang berat, power bank ini jelas saja tidak cocok untuk dibawa bepergian. Karena bakal merepotkan selama perjalanan. Kecuali jika kamu pergi mengendarai mobil, aksesori ini cukup membantu.

Vivan Big Bank mempunyai input 12-20V / 42W dengan jumlah output yang mencapai 4 jenis, yaitu: DC Car Port 13,3V / 33W, DC Port 12V / 3A, TYPE-C Port 5V / 3A, dan USB Port 5V 2,4A dengan kapasitas maksimum 4,8A.

Memiliki fungsi yang sama seperti Vivan Power Elite, Vivan Big Bank juga mampu mengalirkan daya untuk menghidupkan beberapa produk elektronik yang ada di rumah. Seperti Kipas Angin, TV, Speaker Portable, Lampu LED, Lampu Belajar, hingga baterai Drone  dan Remote Drone.  Bagi pengguna Drone DJI, produk ini diklaim mampu mengisi daya baterai hingga 2 – 3 kali pengisian penuh. Sementara untuk pengisian laptop, mampu mengisi baterai sebanyak 2 – 4  kali hingga full.

Baik power bank Vivan Power Elite dan Vivan Big Bank sudah dilengkapi dengan Intelligent Protection yang mampu mencegah over-charge, over-discharge, over-voltage, over-current, over-temperature, short-circuit dan recovery protection sehingga aman saat digunakan untuk gadget dan peralatan elektronik. Dengan teknologi Automatic IC,  kedua power bank ini mampu menyesuaikan arus dan daya yang tepat untuk dialirkan ke gadget.
Nah, berapa harganya?  Berdasarkan informasi yang tertera di situs Pricebook.co.id, harga Vivan Power Elite MF20 adalah Rp 1.529.000. Cukup mahal untuk harga sebuah power bank. Karena dengan duit sebesar ini, kamu sudah bisa membelikan 1 buah smartphone Android entry level yang sudah cukup baik. Tetapi ya memang perangkat seperti ini tidak untuk semua orang. Membidik kalangan tertentu saja yang memang benar-benar membutuhkan. Kamu termasuk yang mana, Gizmolovers? 😉

 

Spesifikasi Vivan Power Elite dan Vivan Big Bank

 

This post is also available in: enEnglish (English)

%d blogger menyukai ini: