Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Pengguna Smartphone Huawei Kini Sudah Bisa Nonton Pakai VLC Lagi

Tahun lalu, developer aplikasi VLC telah memblokir perangkat-perangkat Huawei, sehingga tidak bisa menggunakan aplikasi mereka. Pemblokiran tersebut dilakukan karena metode pengelolaan kerja di latar yang agresif pada perangkat Huawei menyebabkan ketidakstabilan aplikasi pemutar media tersebut. Akibatnya aplikasi VLC di smartphone Huawei tersebut crash atau menutup paksa, sehingga menghasilkan review yang buruk.

Tentu sebagian pengguna merasa tak adil tidak bisa ikut menikmati memakai aplikasi VLC di smartphone Huawei. Karena aplikasi tersebut memang paling nyaman untuk digunakan menonton video dalam berbagai format. Nah, keresahan itu berakhir sudah, karena VLC telah membatalkan pemblokiran tersebut. Huawei baru-baru ini memang telah menarik fungsi yang membunuh aplikasi secara agresif di smartphonenya. Fitur tersebut telah dibuat disable secara default.

Aplikasi VLC
Aplikasi VLC

Pembatalan Pemblokiran VLC di Smartphone Huawei

Kendati demikian, memana ada beberapa masalah yang belum hilang agar bisa menggunakan VLC di perangkat Huawei, karena pemblokiran dari Play Store masih berlaku. Awalnya pemblokiran yang dilakukan VLC berlaku pada Huawei P8, P10 dan P20. Para pengguna P30 yang baru kabarnya sudah bisa mengunduh aplikasi tersebut. Mudah-mudahan sih ya nantinya semua perangkat Huawei bisa mengunduh VLC dari Play Store lagi.

Related Posts
1 daripada 6

Kendati pemblokiran tersebut sudah dibatalkan, Huawei belum memberikan pengumuman atau perubahan lebih lanjut mengenai metode pengelolaan kerja di latar mereka. VLC pun belum menyatakan telah menyingkirkan pemblokiran tersebut secara umum.

Uji coba penginstalan VLC di Huawei nova 2i
Uji coba penginstalan VLC di Huawei nova 2i

Tim Gizmologi.id sudah mencoba untuk mengunduh aplikasi VLC tersebut menggunakan Huawei nova 2i dan tidak ada masalah. Nah, bagi yang ingin menggunakan VLC pada smartphone, bisa langsung mengunduhnya di Google Play Store. Aplikasi ini gratis, untuk memakainya, tentukamu harus memberikan akses ke media pada perangkatmu agar bisa diputar. Setelah itu VLC akan secara otomatis memindai perangkat untuk menata koleksi media kamu. Selain tangguh dipakai untuk menonton film, aplikasi ini juga bisa memutar musik.

Fitur Baru VLC Terkini

VLC juga baru memperbarui aplikasinya pada 10 April 2019. Ada begitu banyak hal baru disisipkan pada versi aplikasi terkini. Diantaranya adalah pilihan untuk mengelompokkan video dalam folder, menghadirkan Android Auto, penelusuran pada perangkat OTG, pilihan penyortiran yang kini tersimpan. Sementara fitur baru untuk TV mencakup channel home screen, penyortiran media, pengelompokan video dan pengaturan berbagi jaringan secara manual. Pada VLC sendiri terdapat fungsi decoding menggunakan perangkat lunak AV1.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.