Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Ekspansi Bidang Usaha, Erajaya Gandeng Kingsoft untuk Pasarkan WPS Office

Erajaya Group adalah perusahaan yang bergerak di bidang impor, distribusi dan retailer peralatan telekomunikasi. Awalnya perusahaan ini dikenal sebagai distributor perangkat smartphone, tetapi sejak dua tahun lalu Erajaya sudah terjun pada bisnis non perangkat. Bidang tersebut mencakup bisnis IoT dan penjualan voucher Google di lebih dari 30 ribu outlet, baik melalui Indomaret maupun online. Kini Erajaya pun terjun ke pasar perangkat lunak atau software di Indonesia dengan menggandeng Kingsoft untuk memasarkan produk WPS Office.

Distribusi memang merupakan kekutan utama dan bisnis inti dari Erajaya. Kendati demikian ada divisi enterprise yang khusus menjual ke channel-channel UMKM, instansi pemerintah dan semua perusahaan yang membutuhkan produk-produk teknologi informasi dan telekomunikasi. Erajaya memilih WPS karena dianggap sangat sinkron dengan bisnis Erajaya dan ingin menjadi suatu ekosistem yang menyediakan device dan software. Produk pertama Kingsoft yang akan dipasarkan oleh Erajaya adalah Office untuk enterprise.

“Kami berharap kerja sama ini bisa menwarkan produk secara lebih lengkap di suatu ekosistem bagi konsumer kami. Kerja sama ini diharapkan dapat meningkatkan inovasi-inovasi di lokal sesuai dengan misi pemerintah sehingga bisa mendukung ekonomi digital. Seiring dengan teknologi baru yang akan muncul, harapannya akan banyak aplikasi-aplikasi lokal yang akan muncul ke depannya. Ini merupakan kerja sama yang penting, karena kami tak hanya melakukan jual beli, tetapi juga berkontribusi mendukung perkembangan aplikasi lokal dan bisnis lokal. Ini merupakan harapan dari Erajaya. Tahun ini Erajaya juga akan mengembangkan bisnis non device yang cukup besar, tidak hanya yang ada sekarang. Tentunya WPS ini merupakan salah satu yang penting bagi kami,” ucap Hasan Aula, Direktur Utama Erajaya Group.

Kerja sama Erajaya dan Kingsoft untuk Pasarkan WPS Office
Kerja sama Erajaya dan Kingsoft untuk Pasarkan WPS Office
Related Posts
1 daripada 14

Tentang WPS Office dan Kingsoft

Pasar WPS Office memang tidak kecil, tak tanggung-tanggung ada lebih dari 3 miliar pengguna di dunia yang memakai software ini. Baik pribadi maupun korporasi memakai software yang bisa dipakai pada berbagai platform ini. WPS Office memang bisa dipakai pada Windows, Linux, Mac, Android dan iOS. Lebih dari 40 bahasa tersedia pada perangkat lunak yang mencakup empat komponen ini, yaitu Writer, Presentation, Spreadsheet dan PDF Converter.

“Saat ini perusahaan kecil dan menengah di Amerika bahkan sudah menggunakan produk Kingsoft. Tiga tahun lalu Thailand menjadi negara di Asia Tenggara yang kami garap, setelah itu kami mulai fokus ke Indonesia. Jadi kini tak hanya China, Hong Kong, Taiwan, kami juga memiliki kesempatan bisnis di India, Indonesia, Thailand, Malaysia dan Eropa. Menurut kami Indonesia memberikan kesempatan bisnis yang besar bagi WPS Office,” ucap David Zhong, Vice President Kingsoft International.

Kingsoft sendiri sudah berdiri sejak 31 tahun lalu, tepatnya tahun 1988. Kini perusahaan tersebut sudah menjadi perusahaan software yang terdepan di dunia, tak hanya di Tiongkok saja. Kendati Kingsoft identik dengan software office, tetapi sebenarnya mempunyai empat kelompok bisnis. Bisnis tersebut terdiri dari WPS Office, Seasun Entertainment, Cheetah Mobile dan Cloud. Seasun Entertainment justru sudah lebih dahulu tiba di Indonesia, ini adalah bisnis game online. Sementara Cheetah mobil adalah publisher aplikasi smartphone, salah satu aplikasi yang terkenal adalah Clean Master untuk meningkatkan kinerja smartphone.

Jika dibandingkan dengan software office lain, WPS menyediakan antarmuka yang begitu mudah digunakan dan sederhana. Tak perlu membutuhkan banyak langkah rumit saat bekerja dengan WPS Office. Erajaya akan mulai memasarkan WPS Office tipe Enterprise ini dalam versi bahasa Inggris dan tersedia dalam dua model pembelian. Model pertama adalah dengan lisensi seumur hidup yang dibandrol dengan harga Rp1,5 juta. Dan kedua adalah dengan lisensi tahunan yang dibandrol dengan harga Rp500 ribu.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.