Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Xiaomi Mengolok Smartphone yang Menggunakan Notch alias Poni, Padahal…

Mengangkat diri sendiri dengan menjatuhkan orang lain.

Di pasar smartphone, urusan mengolok brand lain sebagai salah satu strategi marketing memang sudah dianggap biasa. Tapi apa jadinya, jika mengolok sesuatu yang justru pernah dilakukan?

Ya, hal ini dilakukan oleh Xiaomi melalui video promosi smartphone anyar Mi 9T. Terbagi atas tiga episode, smartphone ini mengolok penggunaan notch alias poni di smartphone.

Misalnya saja pada episode salah satu ini, di mana ada adegan seorang pencukur rambut tidak sengaja memangkas rambut pelanggannya hingga “somplak”, gara-gara konsentrasinya teralihkan dengan notch yang ada di atas kepalanya. Dua video lainnya juga tidak jauh berbeda, sama-sama ingin mengungkapkan bahwa notch sangat mengganggu.

Sebenarnya video tersebut terbilang lucu, apalagi memang Xioami Mi 9T mengusung layar bezel-less tanpa embel-embel notch untuk menempatkan kamera depannya. Padahal fitur ini juga bukan barang baru, mengingat Vivo V15 dan OPPO Find X sudah lebih dulu memilikinya.

Related Posts
1 daripada 55

Hanya saja, dengan membuat video tersebut Xiaomi terkesan munafik. Bagaimana tidak? Jika memutar waktu ke belakang, vendor ini sudah banyak menghadirkan smartphone berponi. Sebut saja Mi 8 Pro, Redmi Note 6 Pro, Mi 8 Lite, Pocophone F1, Mi 8, dan Mi 8 SE, semuanya memiliki poni.

Sebenarnya, kemunafikan ini juga bukan cuma miliki Xiaomi. Samsung juga melakukan hal yang sama, justru sedikit lebih parah karena mengolok notch pada iPhone X secara terang-terangan di acara peluncuran Galaxy S9.

Samsung kala itu dengan bangga menyebut Galaxy S9 memiliki Infinity Display yang “Uninterrupted” alias tidak mengganggu ketika digunakan untuk menonton video karena layarnya penuh. Vendor Korea Selatan ini menyebut perangkat yang diluncurkannya itu sebagai perangkat untuk pengalaman visual yang lebih baik.

Namun pada akhirnya, Samsung ini meluncurkan smartphone dengan notch, seperti varian Galaxy A terbaru. Meskipun notch yang dihadirkan tidak mirip iPhone X, tetapi tetap saja bentuk waterdrop yang ada di bagian atas layar itu disebut sebagai notch.

Sebenarnya, sah-sah saja bagi vendor smartphone mengolok kompetitornya. Tapi, dalam urusan notch, sepertinya yang layak melakukan pengolokan seperti ini adalah Sony. Mengingat vendor Jepang ini hingga sekarang tidak meluncurkan smartphone dengan notch sama sekali. Setuju?

Get real time updates directly on you device, subscribe now.