Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

XL Axiata Pastikan Kesiapan Jaringan di Jalur Mudik Jelang Lebaran 2017

Menjelang perayaan lebaran 2017, XL Axiata memastikan kesiapan jaringan menghadapi lonjakan traffic. Berbagai upaya persiapan yang sudah dilakukan tersebut dipaparkan oleh Direktur/Chief Service Management Officer XL Axiata, Yessie D. Yosetya di acara kunjungan Menteri Komunikasi & Informatika Rudiantara bersama BRTI dan media di pusat monitoring jaringan XL Axiata (Network Operation Center) di Jakarta (23/6).

Direktur/Chief Service Management Officer XL Axiata, Yessie D. Yosetya menyatakan saat ini pihaknya terus all out menyiapkan kesiapan jaringan. Ini merupakan rangkaian komitmen untuk menjaga kenyamanan berkomunikasi masyarakat/pelanggan selama periode Ramadan,dan Lebaran termasuk selama masyarakat melakukan aktiiftas mudik menuju kampung halamannya.

“Banyak upaya yang telah kami lakukan diantaranya meningkatkan kapasitas jaringan, optimisasi, rebalancing, drive test di berbagai lokasi, serta penempatan berbagai perangkat pendukung seperti mobile BTS di berbagai lokasi yang menjadi sentra aktifitas mudik dan pusat-pusat keramaian. Selain itu kami juga secara massif terus melakukan perluasan jaringan 3G dan 4G sebanyak 7.000 BTS baru ke berbagai wilayah di Indonesia,” ujar Yessie.

Ki-ka: Menkominfo Rudianta, Direktur/Chief Service Management Officer XL Axiata Yessie D. Yosetya saat monitor kesiapan jaringan jelang lebaran 2017

Perkuat Jangkauan di Jalur Tol Baru

Menyesuaikan dengan kebijakan pemerintah yang membuka sejumlah ruas jalan tol baru, termasuk jalan tol yang masih bersifat fungsional, XL Axiata telah mempersiapkan infrastruktur yang mampu melayani pelanggan yang melintas di jalan-jalan baru tersebut.

Persiapan yang sudah dilakukan antara lain berupa pemasangan mobile BTS (MBTS), yang hampir semuanya merupakan MBTS yang memiliki kemampuan mendukung jaringan 4G, di sejumlah lokasi. Total lebih dari 30 unit MBTS yang kami kerahkan secara khusus dalam rangka antisipasi kebutuhan selama Lebaran 2017 ini.

Tim teknis XL Axiata juga telah melakukan uji coba di semua ruas tol baru yang ada di sejumlah ruas di Jawa Tengah dan Jawa Timur, serta di ruas tol baru di Medan – Kuala Namu, Sumatra Utara.

Peningkatan Trafik Jelang Lebaran 2017

Perusahaan melaporkan, hingga tiga hari menjelang lebaran, mulai terlihat adanya perpindahan aktifitas komunikasi pelanggan dari wilayah Jabotabek ke berbagai lokasi di Jawa Barat, Jawa Tengah & DIY serta Jawa Timur.

Related Posts
1 daripada 273

Pelanggan yang berpindah dari Jabotabek tersebut sudah mencapai sekitar 1,5 juta  pelanggan, sehingga dampaknya jumlah pelanggan XL Axiata yang melakukan aktifitas komunikasi di Jawa Barat  meningkat sebesar 12,5%, Jawa Tengah & DIY 16%, Jawa Timur 13%.

Peningkatan ini diperkirakan akan terus terjadi hingga periode tiga hari setelah lebaran. Selama periode mudik dan lebaran, trafik layanan XL diperkirakan akan mengalami kenaikan antara 20% s/d 30% untuk penggunaan layanan Data, serta 5% untuk layanan SMS dan percakapan.

Yessie menambahkan, menjelang lebaran 2017 tersebut perilaku pelanggan XL Axiata dalam menggunakan layanan data juga cenderung mengalami kenaikan. Penggunaan media sosial menjadi aktiftas favorit. Terlihat penggunaan media sosial mulai dari streaming Youtube, Facebook, Instagram, WhatsApps Messenger dan Twitter sangat mendominasi trafik layanan XL Axiata dan diperkirakan akan semakin meningkat saat lebaran dan beberapa hari setelahnya.

Peningkatan Kapasitas dan Perluasan Jaringan 4G LTE

Untuk menjamin kualitas jaringan dan layanan, XL Axiata juga meningkatkan kapasitas jaringan sebesar 2-3 kali lipat di beberapa lokasi mudik dibanding hari-hari biasa. Dengan penambahan kapasitas tersebut, operator telekomunikasi dengan brand XL dan AXIS tersebut optimis akan mampu mengatasi terjadinya lonjakan trafik yang signifikan. Secara khusus, XL Axiata juga memanfaatkan teknologi MME dan MSS i Pool di jaringan core yang akan memudahkan pengalihan kapasitas dari area yang kelebihan kapasitas ke area yang memerlukan tambahan kapasitas.

Operator ini juga terus gencar memperluas jaringan 4G LTE hingga menjelang Lebaran 2017 di berbagai lokasi termasuk di area-area yang menjadi jalur mudik dan tujuan mudik masyarakat. XL bahkan mengklaim sudah hampir di semua kota/kabupaten di Pulau Jawa tercover layanan XL 4G LTE.

Pada Pekan terakhir Juni 2017 ini XL Axiata juga masih akan meresmikan beroperasinya layanan 4G LTE di beberapa kota/kabupaten di Provinsi Jambi. Dengan perluasan menjelang Lebaran 2017 ini, layanan XL 4G LTE sudah masuk di hampir seluruh kota/kabupaten di Jawa Barat, serta 100% di seluruh kota/kabupaten Jawa Tengah, DI Yogyakarta, dan Jawa Timur.

Sebelumnya, sejak Maret – Mei 2017 lalu, secara berturut-turut pula XL Axiata meresmikan beroperasinya 4G LTE di Sumatera Barat dan Lampung, Kalimantan Timur dan Barat, serta pekan lalu di Sulawesi Tenggara.

Hingga saat ini layanan XL 4G LTE XL telah dinikmati oleh lebih dari 15 juta pelanggan di 250 kota/kabupaten di berbagai wilayah Indonesi, dengan dukungan lebih dari 13.000 BTS 4G.

 

This post is also available in: enEnglish (English)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.