Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Langkah XL Axiata Memperkuat Layanan 4G LTE di Tahun 2017

XL telah menganggarkan dana belanja modal (capex) sebesar sekitar Rp 7 triliun yang sebagian besar untuk memperluas dan meningkatkan layanan 4G LTE.

Sudah sekitar dua tahun layanan 4G LTE diresmikan di Indonesia. Namun penggelaran jaringan tersebut masih jauh dari kata selesai. Semua operator seluler masih sibuk memperluas cakupan jaringannya. Kabar terbaru, XL Axiata mengklaim cakupan layanan 4G LTE miliknya telah mencapai sekitar 53% populasi Indonesia.

Di tahun 2016, mereka telah memiliki 8200 BTS 4G LTE dan ditargetkan hingga akhir tahun 2017 telah memiliki 17 ribu BTS 4G LTE di berbagai daerah. Pada skala kota, XL Axiata mentargetkan akan mengembangkan terus layanan 4G ke lebih dari 330 kota di berbagai daerah, termasuk di luar Jawa.

Menurut pihak XL, hal itu dilakukan sejalan dengan salah satu fokus XL Axiata di tahun 2017 yaitu memperkuat  ekosistem layanan 4G LTE. Langkah ini sesuai dengan upaya untuk menjadi penyedia layanan Data pita lebar terdepan di Indonesia dan menjadi “Digital Focus Company”.

Di tahun 2017 ini pula, manajemen telah menganggarkan dana belanja modal (capex) sebesar sekitar Rp 7 triliun. Alokasi belanja modal tersebut sesuai dengan fokus XL Axiata di tahun 2017 ini, yaitu memperluas dan meningkatkan jaringan 4G.

Mulai Bergerak ke 4.5G LTE

Sejalan dengan perluasan infrastruktur layanan 4G LTE di berbagai daerah, termasuk perluasan layanan 4.5G di kota-kota dengan jumlah pelanggan 4G LTE yang terus meningkat, XL Axiata mengembangkan “4.5G Xperience Zone”. Program ini bertujuan untuk memberikan edukasi ke pelanggan tentang teknologi dan layanan lanjutan dari 4G LTE, sekaligus membentuk ekosistem pendukungnya termasuk dari sisi handset dan device yang mendukung teknologi ini.

Sr. Advisor XL Center & Postpaid XL Axiata, Rashad Javier Sanchez mengatakan di sejumlah negara, pasar 4.5G sudah terbentuk dengan pesat seiring dengan pesatnya pertumbuhan kebutuhan layanan data pita lebar kecepatan tinggi. Ia yakin, tidak lama lagi kebutuhan masyarakat Indonesia untuk mendapatkan layanan internet dengan kualitas yang lebih baik lagi akan terus meningkat.

“Karena itu, kami mengambil inisiatif untuk terus memperkuat ekosistem layanan Data melalui 4.5G Xperience Zone ini, sebagai bagian dari kesiapan untuk menyongsong kebutuhan pelanggan di masa mendatang,” ujar Rashad.

Related Posts
1 daripada 24

Ia menambahkan, saat ini sudah terlihat indikasi yang menunjukkan masyarakat Indonesia akan segera membutuhkan 4.5G. Hal ini di tandai dengan pesatnya pertumbuhan pemakaian data khususnya 4G dan semakin meningkatnya jumlah pengguna smartphone di XL menjadi 63% di tahun 2016, naik dari 42% di tahun sebelumnya. Selain itu, konsumsi Data per pelanggan juga meningkat pesat didorong tumbuhnya layanan video streaming.

Sebagai informasi, 4.5G Xperience Zone yang disediakan oleh XL Axiata bertempat di gerai XPLOR dan XL Center yang berada di sejumlah kota di berbagai daerah di Indonesia. Di tempat-tempat tersebut telah dilengkapi dengan 4.5G Ready BTS sehingga masyarakat bisa datang untuk mengetahui dan merasakan pengalaman berada di jaringan 4.5G. BTS 4.5G Ready ini dilengkapi dengan beberapa teknologi teknologi pendukung 4.5G yaitu 4×4 MIMO, Modulasi 256 QAM, dan Carrier Aggregation (CA).

XL 4.5G Xperience Zone pada tahap awal tersedia di 20 lokasi yang tersebar di beberapa kota di Indonesia. Antara lain ada wilayah Jabotabek sebanyak 8 lokasi, juga di Bandung, Cirebon, Yogyakarta, dan Surabaya. Lalu di luar Jawa ada di Denpasar, Mataram, Medan, Palembang, Pekanbaru, Makassar, Manado, dan Banjarmasin. Pengembangannya lebih lanjut akan mengikuti perluasan layanan 4G ke kota-kota besar lainnya.

Cara XL Mengakodasi Kebutuhan Data

Rashad juga menjelaskan ada tiga hal yang akan dilakukan XL Axiata untuk mengakomodasi kebutuhan terhadap kecepatan dan kapasitas layanan Data pita lebar yang akan terus meningkat dalam waktu dekat ini.

Pertama, membangun ekosistem 4.5G di Indonesia, antara lain dengan mengundang penyedia device, baik pabrikan ataupun principal, untuk bisa melakukan testing devices yang akan di luncurkan di Indonesia. Tes ini dilakukan di XL 4.5G Xperience Zone untuk memastikan dukungan layanan teknologi pendukung 4.5G di perangkat yang di uji.

Kedua, melakukan edukasi dengan mengenalkan arah perkembangan teknologi 4G ke masyarakat. Pengenalan ini antara lain meliputi pengetahuan mengenai teknologi 4.5G di XL 4.5G Xperience Zone. Agar masyarakat mengetahui manfaat yang bisa didapatkan dari teknologi terbaru ini.

Ketiga, dengan kesiapan pengetahuan masyarakat tentang 4.5G dan ekosistem pendukungnya, XL Axiata juga mendukung visi pemerintah untuk menggelar layanan 4.5G di Asian Games 2018 di mana Indonesia menjadi tuan rumah. Hal ini diperkuat dengan pernyataan Menkominfo beberapa waktu yang lalu mengharapkan layanan 4,5G LTE sudah bisa dioperasikan secara maksimal untuk mendukung hajatan olahraga terbesar di Asia tersebut.

 

This post is also available in: enEnglish (English)