Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Zenius Education Sajikan Soal HOTS untuk Tingkatkan Kemampuan Analisis

Ternyata kemampuan berpikir manusia ada dua jenis, yaitu Lower Order Thinking Skill (LOTS) dan Higher Order Thinking Skill (HOTS). LOTS fokus pada kemampuan untuk menghafal dan mengandalkan ingatan. Tingkat HOTS lebih tinggi dari LOTS, yaitu kemampuan untuk menganalisa, mengevaluasi dan menciptakan. Seseorang dengan HOTS tak lagi mengandalkan ingatan semata, tetapi berdasarkan pencarian dan penemuan, sehingga memiliki tingkat pemahaman mendalam suatu permasalahan.

HOTS memungkinkan seseorang untuk dapat menganalisis dan berpikir kritis, sehingga mudah memahami ilmu baru secara menyeluruh lalu menghasilkan gagasan kreatif. Kemampuan ini tak lagi fokus pada ingatan yang bisa rusak atau pudar seiring berjalannya waktu. Pengujian kognitif siswa yang menyeluruh memerlukan soal-soal ujian HOTS yang masih jarang digunakan di Indonesia.

Domain Kognitif
Domain Kognitif

Belajar Online di Zenius Education

Nah, demi memberikan pengalaman belajar baru bagi siswa, Zenius Education menyediakan soal-soal-soal LOTS dan HOTS dengan komposisi proporsional. Zenius Education adalah perusahaan pendidikan berbasis teknologi yang memberikan bimbingan belajar secara online. Halaman ‘Download Soal’ dari layanan ini menyediakan lebih dari 3.500 paket soal untuk tingkat SD sampai SMA.

Metode pembelajaran yang diusung oleh Zenius Education menekankan pada pola pikir rasional dan ilmiah dengan kemasan yang menyenangkan. Tak heran jika pengguna layanan ini sudah mencapai lebih dari 11 juta pengguna di Indonesia. Para pelajar SMA di tingkat akhir pun bisa mempersiapkan diri lebih matang untuk memasuki tingkat perguruan tinggi.

“Pelajar di Indonesia saat ini masih banyak dilatih untuk mengandalkan kemampuan ingatan dalam menerima ilmu atau informasi. Hal ini tak diimbangi dengan pemahaman yang mendalam, sehingga pelajar cenderung mudah lupa pelajaran sebelumnya. Padahal idealnya para pelajar dilatih memiliki nalar yang baik, logika dasar yang kuat, berpikir kritis, dan pemahaman menyeluruh,” ucap Wisnu Subekti, President Zenius Education.

Penerapan HOTS Pada Pendidikan Formal

Saat ini soal Ujian Nasional (UN) pun sudah mengalami transisi dai LOTS menjadi HOTS. Sayangnya hal ini justru menjadi kontroversial karena banyak peserta ujian yang mengeluh soalnya terlalu sulit dan tak sesuai kisi-kisi. Sekitar 79% peserta UN tahun 2018 pun memperoleh rata-rata nilai di bawah 55.

“Ini menunjukkan pentingnya soal-soal HOTS untuk diadopsi lebih luas dalam kurikulum yang sedang berjalan dalam pendidikan formal di Indonesia. Jika para pelajar diberikan pemahaman mendalam dan dilatih untuk berpikir kritis, maka akan terbentuk generasi cerdas,” lanjut Wisnu.

Zenius Education menyediakan ribuan pilihan paket soal dengan video pembahasan yang menyenangkan secara gratis. Tenaga pengajar ahli dari berbagai latar belakang ilmu pun mendukung layanan ini. Komitmen Zenius Education adalah membangun rasa keingintahuan pelajar agar ingin terus belajar sehingga mengembangkan keterampilan berpikir analitis dan kreatif. Dengan demikian pelajar bisa menjawab soal dalam bentuk apa pun.

“Kami berharap pelajar di Indonesia mempunyai semangat belajar yang baru. Pelajar tak perlu takut lagi dengan soal-soal berstandar HOTS yang mulai banyak diadopsi sekolah-sekolah di Indonesia,” pungkas Wisnu.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.