Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Siap Melantai di Bursa, Ini Harga Valuasi Saham Zoom

Perusahaan video conference Zoom siap melantai di pasar perdana dengan valuasi harga per saham US$36 atau sekitar Rp506 ribu. Dengan demikian valuasi perusahaan tersebut adalah senilai US$9,2 miliar atau sekitar Rp129,3 triliun. Zoom mulai diperdagangkan di bursa Nasdaq dengan nama “ZM” pada hari Kamis 18 April 2019. Penawaran tersebut akan ditutup pada 23 April 2019.

Awalnya angka valuasi saham tersebut antara US$28 sampai US$32 atau sekitar Rp393 ribu sampai Rp450 ribu. Tetapi akibat permintaan investor yang tinggi, maka penawaran tersebut pun berakhir di atas valuasi awal.

Penawaran Saham Perdana Zoom

Zoom akan mengumpulkan dana sebesar US$356,8 juta atau sekitar Rp5 triliun setelah menawarkan 9,91 juta saham pada penawaran saham perdana. Sementara itu pemegang saham yang ada saat ini juga menawarkan 11 juta saham lagi. Zoom telah memberikan opsi 30 hari kepada penjamin emisi untuk membeli hingga 3.130.435 saham tambahan dari saham biasa Kelas A. Harga yang diberikan adalah harga penawaran umum perdana dikurangi diskon dan komisi penjaminan.

Morgan Stanley, J.P. Morgan, Goldman Sachs & Co. LLC, dan Credit Suisse bertindak sebagai pengelola pemesanan utama pada penawaran tersebut. BofA Merrill Lynch, RBC Capital Markets, dan Wells Fargo Securities bertindak sebagai pengelola pemesanan. Sementara pengelola pendukungnya adalah JMP Securities, KeyBanc Capital Markets, Piper Jaffray, Stifel, dan William Blair. Prospektus dari penawaran perdana ini bisa diperoleh dari para pengelola pemesanan utama.

Zoom akan menjadi salah satu perusahaan teknologi besar pertama yang melakukan penawaran saham perdana tahun ini. Perusahaan melantai di bursa pada tanggal yang sama dengan perusahaan media sosial Pinterest.

Zoom
Zoom

Bulan lalu, perusahaan untuk memanggil transportasi Lyft juga melakukan penawaran saham perdananya. Tetapi saham tersebut gagal bertahan karena pesaingnya yang lebih besar, yaitu Uber bersiap menjual saham dalam beberapa minggu mendatang. Kini harga saham Lyft 17% di bawah harga penawaran perdananya.

Zoom didirikan pada tahun 2011 oleh mantan teknisi kepala di Webex, yaitu Eric Yuan. Perusahaan ini menjadi sangat populer dengan menyediakan perangkat lunak yang dapat bekerja dengan mudah lintas perangkat. Video conference pun bisa digunakan oleh tim kecil sampai perusahaan yang besar. Penjualannya melonjak 118% tahun lalu menjadi $330,5 juta atau sekitar Rp4,6 triliun. Perusahaan pun mencatat pendapatan bersih sebesar $7,58 juta atau sekitar Rp106,5 miliar.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More