Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Acer Chromebook Spin 514 Pakai AMD Ryzen, Punya Sertifikasi MIL-STD 810G

0 569

Selain cukup populer dengan lini Aspire yang mendominasi pasar laptop Windows, Acer juga rutin untuk merilis seri laptop yang gunakan sistem operasi Chrome OS, lewat lini Acer Chromebook. Mengawali gelaran CES 2021, Acer Chromebook Spin 514 diperkenalkan, pertama gunakan prosesor dari AMD.

Maksud dari pertama di sini adalah untuk di seri Chromebook, ya. Bila kebanyakan laptop dengan Chrome OS jalankan prosesor Intel Celeron hingga Core i-series, Acer Chromebook Spin 514 malah hadir menggunakan prosesor AMD Ryzen seri 3000. Dengan begitu, performa yang ditawarkan harusnya tak kalah dengan laptop lain di kelasnya.

Serta membawa embel-embel “Spin”, penamaan tersebut mengindikasikan bila perangkat ini punya layar yang bisa diputar, berikan fleksibilitas tambahan untuk mengakses dunia digital dari laptop Acer terbaru satu ini. Harganya juga tergolong murah, tak lebih mahal dari lini seri Acer Aspire.
Baca juga: ASUS Chromebook C214 dan C204, Laptop Edukasi Anak yang Tahan Banting

Spesifikasi Acer Chromebook Spin 514

Acer Chromebook Spin 514

Meski secara tampilan terlihat sederhana, Acer Chromebook Spin 514 ini memiliki bobot yang cukup ringan di 1,55 kilogram saja, ditambah dengan ketebalan hanya 17,35mm. Dengan sertifikasi MIL-STD 810G, Acer menyebutkan bila perangkat ini memiliki durabilitas setara standar militer, bisa tahan meski menerima tekanan sekitar 60 kilogram.

Material bodi luarnya menggunakan bahan aluminium dengan tekstur sandblaster. Layarnya sendiri memiliki dimensi 14 inci, dengan resolusi full HD dan mendukung input sentuh. Pengguna bebas menggunakan Acer Chromebook Spin 514 ini seperti laptop konvensional maupun tablet, tanpa takut baret berkat adanya perlindungan Gorilla Glass.

Untuk kelengkapan port, disediakan dua port USB-A, dua port USB-C ditambah dengan slot kartu microSD, alias cukup lengkap. Pengguna bisa memilih satu dari dua konfigurasi prosesor yang ditawarkan; gunakan AMD Ryzen 7 3700C atau Ryzen 5 3500C quad-core. Opsi RAM-nya tersedia hingga 16GB DDR4, dan penyimpanan SSD 256GB.

Acer juga sediakan varian dengan port HDMI, bila ingin menyambungkan Acer Chromebook Spin 514 ke monitor besar atau layar televisi. Sisanya terdapat dua speaker, dua mikrofon untuk panggilan daring lebih jelas, serta baterai yang tahan digunakan sampai 10 jam.

Selain varian biasa, Acer juga hadirkan Chromebook Enterprise Spin 514. Sesuai dengan namanya, varian ini dikhususkan untuk organisasi atau perusahaan. Secara spesifikasi sama persis, hanya saja dilengkapi fitur keamanan khusus dimana admin IT bisa pasangkan aplikasi, mengontrol pembaruan dan lainnya lewat manajemen berbasis web.

Harga Acer Chromebook Spin 514

Acer Chromebook Spin 514

Acer Chromebook Spin 514 bakal dijual pada bulan Februari mendatang di Amerika Serikat, menyusul di Eropa pada bulan Maret. Harganya sendiri mulai dari USD479, sementara untuk varian Enterprise signifikan lebih mahal di USD749.

Dengan ketangguhan dan konfigurasinya, Acer memasarkan laptop ini sebagai sebuah perangkat yang cocok dibawa ke mana saja. Baik untuk bekerja maupun keperluan streaming konten di rumah, atau di bawa ke luar rumah bila memang situasinya sudah memungkinkan.