Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Asus ProArt StudioBook One: Laptop Powerful untuk Industri, Harga Rp176 Juta!

1 4.196

Saat ASUS merilis ROG GX800 tiga tahun lalu, kami dibuat terhenyak. Betapa tidak, laptop gaming tersebut dibanderol dengan harga yang fantastis mencapai Rp95 juta. Kini, ASUS justru merilis produk yang jauh lebih mahal lagi lewat debut ProArt StudioBook One. Laptop untuk kreator profesional tersebut harganya mencapai Rp176 juta!

Kurang berhasil di industri smartphone, ASUS seperti makin menggila di industri komputer. Perusahaan teknologi asal Taiwan tersebut bereksperimen dengan berbagai tipe laptop dari harga termurah sampai melangit. Mereka sangat produktif merilis perangkat, bahkan bisa beberapa produk dalam satu bulan.

ProArt sendiri adalah bentuk eksperimen baru dari ASUS sebagai jajaran laptop terbaru yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan para profesional di berbagai industri. ProArt hadir dengan fitur dengan standar industri yang dibutuhkan oleh para profesional. Tidak hanya hadir dengan spesifikasi dan performa terbaik di kelasnya, ProArt juga dilengkapi dengan layar berkualitas tinggi dan berstandar industri.

Baca juga: Review MSI Modern 14: Hampir Sempurna untuk Kreator Konten

Jimmy Lin, ASUS Regional Director Southeast Asia, beralasan bahwa pihaknya mengerti para profesional membutuhkan laptop dengan layar berkualitas tinggi. Tidak hanya dapat menampilkan warna yang lebih kaya, tetapi juga harus sangat akurat. Seluruh jajaran laptop ProArt mampu menghasilkan warna yang tidak hanya kaya, tetapi juga sangat akurat berkat kalibrasi khusus berstandar PANTONE.

“PANTONE memiliki sistem standarisasi warna yang digunakan oleh sebagian besar industri di dunia. ProArt mengadopsi standarisasi tersebut sehingga para profesional dapat memastikan setiap karyanya ditapilkan sesuai dengan yang diinginkan,” ujar Jimmy sebagai pembenar untuk merilis jajaran ProArt.

Ada beberapa lini produk yang dirilis saat memperkenalkan seri ProArt. Namun hanya satu yang paling menyita perhatian publik yakni ASUS ProArt StudioBook One yang diklaim sebagai laptop paling powerful di dunia.

ASUS ProArt StudioBook One Dikalibrasi PANTONE

ASUS ProArt StudioBook One PantoneJajaran ProArt tampil dengan layar yang telah dikalibrasi. Artinya, para profesional tidak perlu melakukan kalibrasi layar saat pertama kali menggunakan laptop ini. Melalui kalibrasi warna yang akurat bersatandar PANTONE, seluruh laptop ProArt dapat menghadirkan tampilan visual yang nyata.

Layar berstandar PANTONE juga memudahkan para profesional untuk memastikan karyanya dapat ditampilkan sesuai dengan yang diinginkan di berbagai perangkat serta platform. Tidak hanya sekadar kalibrasi, laptop ProArt juga memiliki layar dengan tingkat reproduksi warna yang sangat tinggi.

ASUS ProArt StudioBook One (W590) dirancang untuk melengkapi ekosistem komputasi profesional dan membawanya agar lebih mobile. Selain telah mengantongi sertifikasi ISV, laptop ini juga hadir dengan layar khusus untuk para profesional.

Sebuah layar beresolusi 4K UHD dengan Delta-E <1 dan color gamut hingga 100% untuk Adobe RGB memungkinkan para profesional merasakan pengalaman penggunaan yang maksimal. Layar yang juga telah dikalibrasi dan mengantongi sertifikasi PANTONE Validated ini juga sangat cocok untuk para profesional.  Terutama yang bekerja di industri animasi atau perfilman yang membutuhkan layar dengan tingkat reproduksi serta akurasi warna yang tinggi.

Diklaim Paling Powerful

ASUS ProArt StudioBook One okJika berbicara mengenai laptop paling powerful di dunia, ASUS menyebut bahwa ProArt StudioBook One (W590) adalah jawabannya. Karena ini merupakan laptop pertama dan satu-satunya di dunia yang hadir dengan GPU NVIDIA Quadro RTX 6000. Performanya bahkan dapat disandangkan dengan high-end desktop workstation. Tidak hanya ditenagai oleh GPU paling powerful, ProArt StudioBook One (W590) juga ditenagai oleh prosesor Intel Core i9 yang juga sangat powerful untuk berbagai tugas.

Inovasi ProArt StudioBook One (W590) tidak hanya dari sisi hardware tetapi juga desain. Meski mengusung hardware yang sangat powerful, ProArt StudioBook One (W590) tetap tampil dengan bodi minimalis dan ringkas. Untuk menjejalkan seluruh komponen premium tersebut ke dalam bodi yang ringkas, ASUS menggunakan desain khusus yang berbeda dari laptop pada umumnya.

Seluruh mesin ProArt StudioBook One (W590) kini diletakkan di belakang layar, membuat seluruh komponennya lebih dapat terekspos oleh udara sekitar. Sementara mekanisme khusus membuat case pada layar dapat terbuka saat laptop ini digunakan dan menghadirkan ventilasi ekstra untuk sistem pendinginnya secara keseluruhan. Berkat desain tersebut, ProArt StudioBook One (W590) tetap dapat tampil ramping dan ringkas meski mengusung hadware yang sangat powerful.

ProArt StudioBook One (W590) juga dilengkapi dengan 3 port USB Type-C Thunderbolt 3 agar dapat dihubungkan dengan berbagai perangkat eksternal dan monitor kelas profesional. ASUS juga menyediakan dongle profesional khusus dalam paket penjualan sehingga pengguna ProArt StudioBook One (W590) tetap dapat menggunakan aksesori dan perangkat yang menggunakan port selain USB Type-C.

Seluruh jajaran produk ASUS ProArt telah tersedia mulai pekan ini dan bisa didapatkan melalui tiga e-commerce ternama Tanah Air yaitu Bhinneka, BliBli, dan Tokopedia.

Nah, menurut kalian Gizmofriends, dengan spesifikasi dan harga setinggi itu, apakah layak untuk membeli ASUS ProArt Studio One?

Spesifikasi & Harga ASUS ProArt StudioBook One

CPU Intel® Core™ i9-9980HK Processor 2.4 GHz (16M Cache, up to 5.0 GHz)
Operating System Windows 10 Pro
Memory 64GB DDR4
Storage 1TB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 x4 SSD
Display 15.6″ (16:9) IPS 4K UHD (3840 x 2160), 300 nits, 97% DCI-P3, Pantone® Validated, 120Hz, Anti-glare
Graphics NVIDIA® Quadro® RTX 6000 with 24GB GDDR6 VRAM
Input/Output 3x USB3.1-Type C (Gen2) with Thunderbolt
Camera HD Web Camera
Connectivity Wi-Fi 6 (802.11ax), Bluetooth 5.0
Audio Bulit-in Speaker, Array microphone with Cortana voice-recognition support
Battery 90WHrs, 3S4P, 12-cell Li-ion
Dimension 36.5(W) x 24.5(D) x 2.42 ~ 2.42 (H) cm
Weight 2,48Kg
Colors Star Grey
Price Rp176.000.000
Warranty 3 tahun garansi global

Cek harga produk ASUS di

Lazada Shopee.co.id Tokopedia.com Bhinneka.com Blibli