Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

iMac M1 Diperkenalkan, Tampil Jauh Lebih Tipis dengan 7 Opsi Warna

Sepanjang tahun 2020, salah satu yang menjadi highlight pada jajaran perangkat komputer Apple adalah kehadiran cip Apple M1 pada lini komputer mereka, yaitu MacBook Air, MacBook Pro dan Mac mini. Tersisa satu yang belum diperbarui, dan pada akhirnya iMac M1 diresmikan, bawa sangat banyak peningkatan.

Hampir semua bagian yang ada di iMac M1 dibuat berbeda dan lebih baik dari generasi sebelumnya. menurut Greg Joswiak, Senior VP, Worldwide Marketing, Apple, hadirnya cip M1 adalah lompatan besar ke depan untuk Mac. Maka dari itu, iMac yang hadir di awal 2021 ini dilengkapi dengan cip yang paling bertenaga tersebut.

Dalam peluncurannya secara virtual, disebutkan bila visi Apple dari awal adalah membuat sebuah perangkat komputer yang tersamarkan atau tidak terlihat. Untuk itu, iMac M1 hadir dengan desain sepenuhnya baru, jauh lebih tipis dari generasi sebelumnya. Secara volume, turun hingga 50%, bahkan ketebalannya hanya 11,5mm saja.

Hal tersebut dimungkinkan karena ukuran prosesor yang kecil dan terintegrasi, sehingga dimensi logic board dapat dibuat jauh lebih kecil, ditemani dua kipas yang juga lebih kecil nan senyap. Namun Apple ingin penggunanya dapat mengekspresikan persona diri masing-masing. Untuk itu, bodi belakang iMac M1 hadir dalam tujuh warna cerah. Ditambah kabel daya magnetik yang juga punya warna serupa.

Peningkatan Spesifikasi Apple iMac M1 (2021)

iMac M1 2021

Di depan, terdapat panel 4,5K Retina Display berukuran 24 inci. Layar tersebut dapat menyala hingga 500 nits, dan mendukung P3 wide color gamut serta True Tone untuk tingkatkan suhu warna konten di layar. Pada bagian bawah yang sedikti tebal, disematkan prosesor Apple M1 di dalamnya.

Dengan CPU 8-core dan GPU 8-core, plus digabungkan dengan Neural Engine 16-core, iMac M1 punya peningkatan performa 85% lebih baik serta GPU 2x lebih kencang, bila dibandingkan iMac 21,5 inci generasi sebelumnya (dengan model standar). Di belakang, terdapat empat port USB-C dengan dua port yang mendukung standar Thunderbolt.

iMac M1 2021

Saking tipisnya iMac M1, port Ethernet disediakan lewat power adapter. Sementara di sektor audio, Apple masih bisa sematkan total enam speaker berbeda plus tiga mikrofon berkualitas setara studio. Keduanya menjadi sangat pas untuk penggunaan panggilan video daring.

Serta pertama kalinya di perangkat Mac, Apple hadirkan kamera FaceTime HD beresolusi 1080p. Punya sensor yang lebih besar, kamera iMac M1 diklaim bisa hasilkan video maksimal dan objek seperti wajah dapat terlihat jelas meski di ruangan gelap sekalipun. Dukungan audio spasial dan efek Dolby Atmos juga cocok untuk menikmati konten video langsung dari perangkat.

Melengkapi desain perangkatnya yang jauh lebih stylish serta berwarna, aksesori yang pas seperti Magic Keyboard kini dihadirkan dengan opsi warna yang sama. Dan yang tidak kalah menarik, kini Magic Keyboard terbaru sudah memiliki Touch ID. Sehingga pengguna dapat melakukan proses pembayaran atau masuk ke komputer dengan profil berbeda, hanya menyesuaikan jari saja.

Ketersediaan & Harga iMac M1 (2021)

iMac M1 2021

iMac M1 dengan layar 24 inci ini bakal mulai dapat dipesan sejak Jumat, 30 April mendatang di situs resmi Apple dan aplikasi Apple Store. Sementara pengirimannya bakal dimulai sekitar pertengahan bulan Mei mendatang.

Untuk harganya, varian paling murah dengan 7-core GPU dibanderol USD1,299 (Rp18 jutaan). Sementara versi 8-core di USD1,449 atau Rp21 jutaan. Hanya varian yang lebih tinggi saja hadir lengkap termasuk Magic Keyboard dengan TouchID plus konektivitas ethernet. Belum ada informasi terkait ketersediannya di Indonesia, kita tunggu saja ya.

Tinggalkan komen