alexa
Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Acer Aspire Vero, Laptop 15 Inci Eco-friendly dengan Material Daur Ulang

Pabrikan multinasional asal Taiwan, Acer baru saja menggelar acara tahunan mereka pada hari Kamis (27/5). Dalam gelaran tersebut, telah diluncurkan cukup banyak pembaruan ke seluruh portfolio produk PC dan laptop. Salah satu yang cukup menarik perhatian adalah Acer Aspire Vero, hadir sebagai produk paling ramah lingkungan.

Sebelum membahas lebih jauh terkait spesifikasi produk ini, tujuan dari Acer adalah untuk ikut berpartisipasi dalam sebuah program bertajuk RE100, inisiatif energi terbarukan (renewable energy) yang bertujuan untuk satukan beragam bisnis besar, berambisi untuk berkomitmen pada 100% listrik terbarukan. Dengan kata lain, ingin hasilkan produk yang lebih ramah lingkungan.

Acer Aspire Vero sendiri merupakan produk pertama dari Acer yang dirilis dalam sebuah platform baru mereka, Earthion, sebuah platform yang kombinasikan kekuatan perusahaan, pihak rantai pasok ketiga serta konsumen dan karyawannya. Gabungan dari dua kata “Earth & Mission”, mencoba melawan tantangan lingkungan dengan solusi yang inovatif dan terintegrasi.

Baca juga: Acer Predator Helios 300 Hadir di Indonesia, Bawa GPU NVIDIA RTX 3070

Jadi Laptop Pertama Dalam Platform Earthion

Acer Aspire Vero

Fokus utama dari platform Earthion terdiri dari enam poin; gunakan energi terbarukan, berinovasi dalam desain ramah lingkungan, kemasan produk daur ulang, minimalisir dampak produksi terhadap lingkungan, logistik paling eifisien serta daur ulang. Sejak tahun 2020, Acer sudah mulai gunakan kertas daur ulang untuk kemasan produknya. Telah memotong penggunaan 20 juta kantong plastik dan 8,750 kilogram kertas.

Sebagai produk pertama yang ditelurkan dari program Earthion, Acer Aspire Vero gunakan material post-consumer recycled (PCR) plastic, mulai dari bagian bodi atas, bawah, bezel layar, bagian sekitar hingga tombol pada keyboard. Sementara 80 – 85% bagian dari dusnya dibuat dari kertas daur ulang, dan plastik yang umumnya digunakan untuk membungkus aksesori seperti adapter, digantikan dengan bahan kertas.

Acer Aspire Vero

Semua tinta cetak pada boksnya juga gunakan bahan tinta dari kedelai. Lalu untuk notebook-nya sendiri, Acer Aspire Vero tidak dicat sama sekali. Sasisnya tampil dalam warna natural demi faktor ramah lingkungan. Dan agar tetap menarik atau menonjol, diberikan aksen bitnik-bintik kuning dan abu-abu pada bagian bumper, serta warna di tombol R dan E yang dibuat berbeda.

Sampai dengan tas laptopnya hingga lapisan kertas yang umumnya Gizmo friends temukan pertama kali saat membuka bagian dalam laptop, keduanya dibuat dengan material yang seutuhnhya dibuat dari limbah plastik industri daur ulang. Meski fokus pada faktor ramah lingkungan, tak membuat Acer Aspire Vero kurang secara spesifikasi.

Spesifikasi Acer Aspire Vero, Gunakan Intel Core 11th Gen

Acer Aspire Vero

Acer Aspire Vero bakal ditenagai dengan prosesor terbaru dari Intel saat ini, yaitu Intel Core generasi ke-11, dipadukan dengan kartu grafis Intel Iris XE. Untuk konsumen yang inginkan penyimpanan lega, slot M.2 SSD pada laptop ramah lingkungan ini sanggup menampung hingga kapasitas 1TB.

Desain Acer Aspire Vero juga sudah mengadopsi “lifting-hinge design”, di mana ketika dibuka, bagian keyboard bakal sedikit naik dari permukaan, berikan kemiringan yang pas saat mengetik. Fitur yang sama juga hadir pada seri laptop Acer terdahulu, sebut saja Acer Swift 3 dan Swift 5 Antimicrobial.

Acer sendiri belum menyebutkan secara detail terkait spesifikasi lainnya. Yang pasti, Acer Aspire Vero bakal punya layar berukuran 15 inci, dua speaker (down-firing), plus mendukung konektivitas Wi-Fi 6. Lalu untuk kelengkapan port, terdapat sebuah port USB-C yang ditemani dua port USB-A 3.2, HDMI 2.0, jack audio 3,5mm serta ethernet. Harga dan ketersediannya pun masih menyusul.

Tinggalkan komen