alexa
Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Acer Luncurkan Empat Seri Chromebook Terbaru, Hadir dalam Ukuran 17 Inci

Menyadari akan kebutuhan school from home maupun work from home yang masih akan berlangsung hingga masa mendatang, Acer terus berikan opsi terbaru bagi para konsumennya. Perbarui lini Chromebook mereka, Acer Chromebook 314 jadi opsi paling terjangkau, sementara seri 317 hadir dengan layar terbesar di industri.

Seluruh seri laptop yang diperkenalkan pada gelaran acara next at Acer 2021 kemarin ditenagai dengan hardware serta fitur yang sesuai, guna memenuhi kebutuhan konsumen, pelajar sampai pengguna kelas bisnis. Sejak diluncurkannya seri pertama pada 10 tahun lalu, Acer mengklaim pasar laptop dengan Chrome OS sebagai yang unggul di industri.

Lewat sebuah rilis, James Lin selaku General Manager untuk perangkat Notebook dan bisnis produk IT pada Acer mengatakan bila kali ini mereka berhasil meraih pencapaian baru. Dengan menghadirkan Acer Chromebook 317 yang punya layar 17,3 inci pertama kali untuk laptop Chrome OS. Dirancang khusus agar ideal untuk penggunaan bekerja dan sekolah dari rumah.

Selain Acer Chromebook 314, juga dihadirkan seri Chromebook Spin 713 yang menjadi penawaran lebih mewah. Menggunakan platform Intel Evo pertama kali pada laptop Chrome OS, otomatis memiliki standar cukup tinggi. Termasuk port Thunderbolt 4, performa tinggi, jaminan responsivitas serta daya tahan baterai tahan lama.

Baca juga: Review Acer Swift 1 Fresh (SF114): Laptop Thin & Light Murah Berkualitas

Acer Chromebook 314 & 317 Jadi Opsi Terjangkau

Acer Chromebook 317

Menjadi opsi penawaran yang paling besar, Acer Chromebook 317 cocok untuk mereka yang membutuhkan laptop untuk streaming konten atau bekerja dengan mengakses lebih dari satu aplikasi sekaligus. Layar besar 17,3 inci yang dimilikinya punya resolusi full HD, dengan lapisan anti-glare agar tetap terlihat meski terkena sinar matahari.

Bezelnya sendiri dibuat tipis dengan webcam yang hadir terpisah, cocok untuk mereka yang juga cari perangkat untuk bekerja remote dan akses panggilan video. Secara otomatis, bagian keyboard dan touchpad juga dirancang besar, dengan numpad di sebelah kanannya. Diapit oleh speaker stereo yang menghadap ke atas, demi pengalaman audio lebih imersif.

Gunakan prosesor Intel Celeron plus Wi-Fi 6, perangkat ini diklaim punya daya tahan baterai hingga 10 jam. Konektivitasnya pun lengkap dan fleksibel, dengan dua port USB-C 3.2 yang masing-masing ada di sisi kiri dan kanannya.

Acer Chromebook 314 002

Lalu untuk opsi yang lebih portabel, Acer Chromebook 314 hadir dengan segmen pengguna pelajar. Bobotnya hanya 1,5 kilogram, sehingga cocok untuk dibawa-bawa atau dipindahkan dari satu ruangan ke ruangan lainnya. Layar 14 inci sudah beresolusi full HD, dan gunakan panel IPS.

Bezel dari Acer Chromebook 314 dibuat cukup ramping (7,3mm), dan tersedia dalam versi layar sentuh bila konsumen perlukan input lengkap. Gunakan prosesor MediaTek MT8183 octa-core, daya tahan baterainya lebih lama lagi, dijanjikan sampai 15 jam.

Chromebook Spin 713 & 514 Pakai Intel Core 11th-Gen

Acer Chromebook 514

Masih dalam form factor yang sama, seri 514 adalah versi mewah dari Acer Chromebook 314. Sama-sama punya dimensi layar 14 inci, seri yang satu ini tersedia dalam opsi prosesor Intel Core generasi ke-11, dinilai cocok tak hanya untuk pelajar namun juga pekerja bisnis—selain backlit keyboard, juga tersedia keamanan tambahan berupa fingerprint sensor bila diperlukan.

Material yang digunakan pun lebih mewah, gunakan metal pada bagian atas, Gorilla Glass pada layar, serta bodi yang sudah mengantongi standar MIL-STD 810H. Dukungan fast charging tersedia untuk baterainya yang bisa menyala sampai 10 jam, plus USB-C Thunderbolt 4 dan Wi-Fi Gig+.

Inginkan yang lebih mewah lagi? Chromebook Spin 713 hadir dengan platform Intel Evo, sasis aluminium serta layar yang lebih superior. Dimensinya 13,5 ini, namun dengan rasio yang ditingkatkan plus resolusi 2256 x 1504 piksel. Imbangi tampilan visualnya, Acer sematkan smart amplifier plus dukungan DTS Audio untuk keluaran suara lebih baik.

Sama-sama kantongi sertifikasi militer, bobotnya masih terjaga di 1,37 kilogram, serta ketebalan sekitar 16,9mm. Sisanya kurang lebih sama seperti seri Chromebook 514, kecuali layarnya yang bisa diputar 360 derajat untuk beragam skenario penggunaan.

Harga Acer Chromebook Series Terbaru 2021

Acer Chromebook Spin 713

Yang menarik, semua laptop Acer Chromebook ini mendukung semua aplikasi yang ada di Google Play, selain aplikasi berbasis web. Dengan begitu, aplikasi favorit yang biasanya dapat ditemukan dari smartphone maupun tablet Android, bisa juga dijalankan pada laptop ini. Tentu saja, pengalaman penggunaan bisa berbeda.

Yang dirilis lebih dulu dan mulai tersedia pada Juni 2021 adalah Acer Chromebook 317 dan Spin 713, dengan harga masing-masing mulai dari USD379 (Rp5,4 jutaan) & USD 769 (Rp10,9 jutaan). Sementara seri 514 dengan opsi Intel Core mulai dari USD599 (Rp8,5 jutaan), dan yang paling murah, Acer Chromebook 314 mulai USD269 (Rp3,8 jutaan).

Tinggalkan komen