Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Dynabook Portégé X40-J, Laptop Bisnis Premium dengan Prosesor Intel Gen 11 dan Intel Iris Xe

0 1.546

Menjelang akhir tahun, Dynabook Singapore memperkenalkan perangkat bisnis baru dalam jajaran Portégé premiumnya. Produk tersebut adalah Dynabook Portégé X40-J yang dilengkapi prosesor Intel Core Generasi ke-11. Laptop ini diklaim memiliki kinerja, kemampuan grafik, daya respon, serta ketahanan baterai yang luar biasa, sekaligus bentuk ultra-mobile dalam bobot yang ringan namun kuat.

Laptop ini menjadi piranti yang cocok untuk menuangkan gagasan dengan cepat berkat kemampuan instant-on, yang meminimalkan waktu dari boot hingga siap pakai. Hal ini untuk mengikuti perkembangan tuntutan dalam pekerjaan sehingga membutuhkan perangkat yang tidak hanya dapat mengikuti gaya hidup tetapi juga meningkatkannya.

Bagi yang masih belum familiar, Dynabook pada mulanya adalah lini bisnis komputer milik Toshiba yang dibesut sejak 1958. Namun tahun 2018, Toshiba melepaskan kepemilikan saham sebesar 80,1% kepada Sharp. Secara tidak langsung, Dynabook juga dimiliki oleh Foxconn karena dua tahun sebelumnya membeli Sharp.
Baca juga: ProArt StudioBook Pro 15, Laptop Workstation Ultra Portabel dari ASUS

Kelebihan Dynabook Portégé X40-J

portege x40 jMenampilkan desain berbahan dasar aluminium mystic blue, Dynabook Portégé® X40-J adalah laptop profesional premium 14 inci yang menggabungkan perpaduan gaya, produktivitas sepanjang hari, dan fitur modern.

Laptop ini didukung prosesor Intel Core Generasi ke-11 dan graphic engine Intel Iris Xe. Dynabook Portégé® X40-J menawarkan kinerja yang luar biasa dengan beragam kemampuan tingkatan grafis, dan dibekali keamanan canggih. Display bezel tipis dan cerah berukuran 14 inci dari Portégé® X40-J tersedia dengan layar FHD IPS untuk tampilan visual yang indah, layar multi-touch screen untuk navigasi modern, atau Dynamic Privacy Screen Technology untuk meningkatkan privasi. Dengan desain baru yang kuat, Portégé X40-J memberikan daya tahan baterai hingga 13,8 jam2.

Berkat berbagai pilihan konektivitas nirkabel dan kabel, kedua laptop dapat beradaptasi dengan mudah ke lingkungan kerja apa pun. Masing-masing dilengkapi dengan dua port USB-C berkemampuan Thunderbolt 4 baru sehingga pengguna dapat sekaligus mengisi daya, mentransfer, dan terhubung. Konektivitas lebih lanjut disediakan oleh port HDMI full size, 2 port USB 3.1 Tipe-A, ditambah jack audio 3.5mm, sementara slot kartu micro SD mengakomodasi kebutuhan penyimpanan portabel.

Untuk konektivitas lebih lanjut, Portégé X30L-J juga dilengkapi dengan slot ethernet RJ45. Sementara dari perspektif nirkabel, setiap perangkat dilengkapi dengan modul Intel® 802.11ax (WiFi 6) + BT 5.1 terbaru.

Dirancang Aman & Tahan Lama
Dynabook Portégé X40-J 14 inci telah memenuhi persyaratan Microsoft Windows 10 Secured-core PC3 dan menjadi bagian koleksi Dynabook untuk kategori  laptop yang sangat aman. laptop ini dibuat dengan kombinasi keamanan BIOS milik Dynabook. Ditambah perlindungan perangkat keras, perangkat lunak, dan identitas out of the box. Termasuk enkripsi dan autentikasi canggih menggunakan biometrik – untuk meningkatkan ketahanan terhadap ancaman dunia maya saat ini dan di masa depan.

Laptop ini juga dilengkapi Webcam Privacy Shutter terintegrasi untuk melindungi pengguna dari akses yang tidak diinginkan. Sebagai tambahan, keduanya dilengkapi dengan engsel 180 derajat yang kokoh sehingga layar dapat dibuka rata di atas meja agar mudah dilihat bersama. Sementara keyboard frameless dengan lampu backlit dan Precision TouchPad halus dengan pembaca sidik jari memberikan pengalaman yang ergonomis.

Laptop bisnis premium ini dirancang, direkayasa, dan diuji secara ketat di fasilitas Dynabook dengan standar pengujian standar MIL-STD-810G. Sehingga Dynabook Portégé X40-J memiliki tingkat kualitas dan keandalan yang luar biasa.

Laptop ini juga diuji dengan Highly Accelerated Life Test (HALT) dan uji stres lainnya di seluruh sasis, engsel, keyboard, dan port untuk menghadirkan perpaduan sempurna antara kekuatan dan fleksibilitas dalam desain yang ringan. Lalu ada sistem pendingin Airflow terpisah yang  membuat kedua perangkat selalu bekerja pada suhu optimal, sedangkan kaki karet baru membantu laptop untuk memberikan pendinginan, stabilitas, dan kenyamanan lebih. Sayangnya, belum ada informasi harga resmi dan kapan beredarnya di Indonesia.

Spesifikasi Dynabook Portégé X40-J

Spesifikasi dan harga Spesifikasi Dynabook Portégé X40-J

Ukuran dan berat323mm x 220mm x 17.9mm;  mulai 1.4kg
Prosesor11th Gen Intel® Core™ i5/i7
Memori8GB / 16GB hingga maksimum 32GB DDR4 (3,200MHz)
Storage256GB / 513GB / 1TB M.2 PCIe NVMe SSD
BateraiBaterai 4-cell 53Wh dengan ketahanan baterai hingga 13.8 jam
Screen14.0” FHD 250 NIT
14.0” FHD 400 NIT dengan fungsi privasi
14.0” FHD 300 NIT with In-Cell touch
Peripheral connectivity2x USB Type-C w/ Thunderbolt 4, 2x USB 3.1 Type-A, 1x HDMI 1.4
Wireless connectivityIntel AX WiFi 6 dan Bluetooth 5.1
Camera0.9MP HD camera or FA camera with camera shutter
ChassisAluminum alloy (MIL STD 810G)
Hinge180 derajat