Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Lenovo ThinkPad L380 Yoga Tangguh Nan Luwes Buat Thinkpadders Profesional

0 932

Desain hitam klasik dengan logo ThinkPad miring sudah bukan produk asing lagi di telinga konsumen, terutama Thinkpadders Indonesia. Dengan tetap mempertahankan desain ikonik itu, Lenovo akan resmi memperkenalkan Lenovo ThinkPad L380 Yoga yang lebih menyasar konsumen pebisnis minggu depan.

Lenovo ThinkPad L380 Yoga masih mengusung konsep ThinkPad yang sudah bertahan lebih dari 25 tahun, yakni desain sederhana namun memiliki komponen lengkap, layaknya falsafah kotak makan siang khas Jepang Bento Box. Bedanya dengan ThinkPad pendahulu, produk ini lebih ringan dengan bobot 1,56 kilogram dan bisa dilipat seperti khas Lenovo Yoga, sehingga memudahkan pebisnis melakukan presentasi di mana pun.

Stefianus Jatiman, 4P Manager SMB-PC Business PT Lenovo Indonesia, pada Rabu (14/3) mengatakan Lenovo ThinkPad L380 Yoga akan resmi diperkenalkan ke publik Selasa minggu depan (20/3) lalu mulai menjualnya secara project atau business-to-business tak lama setelah itu.

lenovo campus thinkpad l380yoga 20m8s01400 06 2
Lenovo ThinkPad L380 Yoga, yang mempertahankan desain klasik ThinkPad yang mengadopsi fleksibilitas profesional zaman sekarang

 

Lenovo ThinkPad L380 Yoga sudah dilengkapi dengan finger print reader dan Windows Halo sehingga bisa langsung terbuka cukup dengan mengidentifikasi sidik jari atau wajah si konsumen. Ia juga sudah menggunakan Intel generasi terbaru, yakni generasi ke-8. Terdapat pula finger print touch lalu mempunyai layar 13,3 inci.

Laptop ini mempunyai banyak ports, termasuk dua USB Tipe C, tiga USB 3,0 ports, dan full-size HDMI. Sudah pula menerapkan teknologi Rapid Charge yang bisa bikin konsumen bisa mengisi hingga 80% kapasitas baterai dalam waktu kurang dari satu jam saja. Di salah satu sudut laptop ini ada tempat menaruh pen sehingga tak perlu khawatir akan kehilangan pen yang bisa bikin konsumen merogoh kocek hingga Rp2 jutaan untuk menggantinya.

Komponen andalan Lenovo ThinkPad 2018, termasuk pada Lenovo ThinkPad L380 Yoga, terletak pada serat karbon atau carbon fibre bernama satellite grade yang lebih kuat dari karbon biasa.

Komponen satellite grade ini berfungsi melindungi layar laptop biar tidak pecah jika terjadi benturan.

Berbobot hanya sepertiga dari alumunium, satellite grade dalam produk ini juga lebih bisa tahan terhadap tekanan atau kejutan.

Urusan memori, Lenovo ThinkPad L380 Yoga mempunyai ruang hingga 32GB RAM dan mencapai 512GB untuk penyimpanan PCle SSD. Layaknya produk ThinkPad lainnya, Lenovo ThinkPad L380 Yoga ini telah mengantongi 12 sertifikasi ketangguhan dari militer Amerika Serikat. Uji ketangguhan tersebut mencakup tangguh di ketinggian hingga 15 ribu kaki, di tempat lembab berjamur selama 28 hari hingga tempat dengan tingkat kerentanan ledakan tinggi.

Baca juga: 5 Kelebihan Lenovo Miix 630, Laptop 2in1 Berbasis Snapdragon 835 dan Windows 10

Menurut Stefianus, produk ini nanti akan terlebih dahulu dijual dengan varian warna hitam tapi tidak menutup kemungkinan juga tersedia dalam bentuk perak sebab ThinkPad sudah terlalu identik dengan warna hitam. Dibanderol dengan harga Rp18 jutaan, Lenovo ThinkPad L380 Yoga jadi salah satu fokus saat peluncuran resminya minggu depan sebab termasuk yang mengalami upgrading signifikan dibanding produk lainnnya.